Berprestasi di Negeri orang, kenapa tidak?

Sabtu, 18 Januari 2014

 

Teman-teman yang sedang meneruskan studi di negeri Tiongkok atau nama lainnya Cina pasti tahu bahwa negeri tirai bambu ini sekarang sedang berada dalam posisi yang kuat secara ekonomi, teknologi, olahraga, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, kita sebagai mahasiswa Indonesia, yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok, harus dapat memanfaatkan kesempatan emas ini untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu yang nantinya bermanfaat kedepannya, dan memberikan sumbangsih bagi negara kita. Selain tugas utama kita yaitu menuntut ilmu, ada beberapa hal positif yang dapat dilakukan selama studi masa studi di luar negeri, apa sajakah itu? Jawabannya pasti banyak, diantaranya kegiatan seni seperti kaligrafi Cina, menari dan menyanyi, olahraga, fotografi, travelling dan masih banyak lagi.

 

Kali ini saya ingin membagi cerita tentang teman kita yang cukup berprestasi dan kebetulan sedang menempuh pendidikan di Harbin. Erwin Chandra namanya,   pria  kelahiran   Jakarta,   21  tahun  silam  ini sedang menempuh pendidikan  di Harbin Institute of Technology, jurusan Teknik  Sipil. Aktif  dalam  organisasi  mahasiswa Indonesia di Tiongkok atau PPIT cabang Harbin sebagai ketua divisi olahraga, rekreasi dan kepemudaan, hobi utamanya adalah olahraga yaitu sepakbola dan juga bulutangkis.

Pembaca pasti tahu tentang kedigdayaan Tiongkok pada cabang bulutangkis dipentas olahraga Internasional, bahkan bisa dibilang bahwa Tiongkok merajai olahraga bulutangkis untuk saat ini, dengan para pemainnya seperti Lin Dan, Chen Ji dan lainnya. Hal ini juga yang memotivasi Erwin untuk akhirnya mengikuti beberapa kegiatan kompetisi bulutangkis di tingkat Universitas se-Harbin.

Pada bulan April 2013 ia meraih juara pertama dalam kejuaraan yang diselenggarakan oleh salah satu produsen peralatan bulutangkis asal Tiongkok di nomor  perseorangan  putra.  Lalu di  tahun  yang  sama  pada  bulan  September  silam,  ia  mewakili timnya yakni jurusan Teknik Sipil berhasil menjadi juara pertama dalam kompetisi antar jurusan yang diselenggarakan oleh Harbin Institute of Technology.

Kemudian beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada bulan November, Erwin kembali mendapatkan peringkat di kejuaraan badminton yang diadakan oleh jurusan Teknik Sipil Harbin Institute of Technology.

Prestasi yang ia peroleh pada cabang olahraga bulutangkis ini, ternyata juga dibarengi dengan prestasinya di bidang akademis, dengan memperoleh beasiswa dari Harbin Institute of Technology atas keberhasilan meraih nilai yang cukup memuaskan.

Dengan nilai rata-rata diatas 90, Erwin pun meraih peringkat pertama di kelasnya. Selain ucapan selamat dan rasa bangga atas keberhasilan yang diperoleh Erwin ini, ada baiknya kerja kerasnya patut kita teladani bersama, sehingga kitapun mampu untuk membanggakan negara kita sebagai negara berprestasi. MAJU TERUS INDONESIA!

 

Divisi Media & Publikasi PPIT Harbin