Latihan Sanggar PERMIT

Selasa, 19 November 2013

 

Pelajar Indonesia di Tiongkok telah lama aktif mempromosikan keberagaman seni budaya Indonesia di penjuru Tiongkok. Tari Saman pernah meramaikan panggung di Ningbo dan Nanchang, Tari Reog Ponorogo di Hangzhou, Tari Bali di Shanghai dan sebagainya.

 

Mengikuti inisiatif kerabat Cabang PPI Tiongkok di Nanchang, untuk pertama kalinya dalam sejarah organisasi pelajar Indonesia di Beijing, PPI Tiongkok Cabang Beijing (PERMIT Beijing) membuka kelas tari musik dan prakarya reguler yang misinya adalah meningkatkan jumlah peminat budaya Indonesia di Tiongkok.

 

Sanggar PERMIT akan menjadi tempat berkumpulnya generasi muda mancanegara untuk mengapresiasi kekayaan seni budaya Indonesia. Latihan perdana diadakan di Ruang Serbaguna KBRI hari Sabtu, 9 November 2013.

 

Dalam upacara pembukaan resmi, Shanti  Govinda sebagai salah seorang panitia divisi Sosial Budaya PERMIT Beijing memperkenalkan Sanggar PERMIT sebagai salah satu program yang bersifat rutin, terbuka untuk generasi muda mancanegara, beragam jenis seni yang akan ditampilkan.

Tidak saja kelas tari, tapi juga nantinya kelas musik (paduan suara/vocal group, angklung, gamelan dll) dan kelas prakarya yang akan melanjutkan tradisi membuat kostum-kostum dan perangkat-perangkat tari dengan nuansa budaya Indonesia.

 

Hasil karya Sanggar PERMIT akan ditampilkan di berbagai kegiatan baik di tingkat kampus ataupun di kegiatan-kegiatan yang diadakan KBRI Beijing serta mitra lainnya seperti Garuda Indonesia, ASEAN China Centre, Indonesia Centre dan lainnya.

 

Christian Shalim sebagai perwakilan PERMIT Beijing menyampaikan bahwa Sanggar PERMIT ini juga merupakan bentuk

komitmen PERMIT sebagai salah satu penggerak Divisi Sosial Budaya Agama PPI Tiongkok. Ide membuka Sanggar reguler ini sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu dan akhirnya bisa terealisasi sekarang ini.

 

Christian juga memperkenalkan acara terdekat Olimpiade PPI Tiongkok di Ningbo nanti dengan harapan agar Sanggar ini bisa mencari Cara untuk ikut berpartisipasi dalam acara penutupannya nanti.

 

Ia menekankan bahwa semua upaya ini adalah sebentuk komitmen demi PERMIT Beijing, demi PPI Tiongkok, dan demi Indonesia.

 

Bintang Meilita sebagai koreografer di Sanggar PERMIT mengajak teman-teman untuk partisipasi di latihan maupun jika ingin menyumbang koreografi bersama.

 

Kali Ini Tari Lenggang Jakarta akan menjadi karya pertama yang ditampilkan dalam acara KBRI di awal Desember.

 

Sekitar 25 peserta Sanggar dari berbagai Universitas dengan semangat mengikuti latihan kali ini.

 

Jika anda berdomisili di Beijing dan ingin berpartisipasi atau mendapat informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:  .

Shanti Govinda +8618611768488 shantigovinda@yahoo.co.id

Chelsea Darma +8618600188447 chelseadarma@gmail.com

Kenny Hakim     +8613520593573 yankennyhakim@gmail.com