Rifqi Ketua Baru PPIT Nanchang

Rabu, 18 Desember 2013

 

PPIT Cabang Nanchang yang berdiri pada 25 November 2012 lalu. Pada Sabtu, (14/12) kemarin menyelenggarakan Rapat Umum II PPIT Cabang Nanchang. Acara yang berlangsung selama sehari di Jiangxi Normal University, kota Nanchang, Provinsi Jiangxi tersebut memutuskan Rifqi Hasibuan, Mahasiswa asal Yogyakarta yang studi S2 Jurnalistik di Jiangxi Normal University sebagai Ketua PPIT Cabang Nanchang periode 2013-2014.

Acara yang diikuti oleh 45 mahasiswa Indonesia dari total 64 mahasiswa yang sedang studi di tiga perguruan tinggi besar di kota Nanchang Provinsi Jiangxi yakni Nanchang University, Jiangxi Normal University dan Jiangxi Agriculture University tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Umum PPI Tiongkok Ahmad Syaifuddin Zuhri.

Dalam sambutannya, Zuhri mengatakan bahwa sebagai bagian dari organisasi baru, PPIT sangat berharap bisa saling bersinergi dengan seluruh Cabang salah satunya Nanchang dalam berbagai hal apalagi saat ini sudah ada 18 Cabang PPIT yang tersebar di seluruh Tiongkok.

Walaupun PPIT pusat dan PPIT Cabang Nanchang sama-sama masih berusia satu tahun tetapi kiprah organisasi pelajar Indonesia di Tiongkok sangat berperan dalam mengenalkan Indonesia kepada warga Negara di Tiongkok, tentunya hal tersebut harus terus di tingkatkan dengan peran aktif para pelajar Indonesia dalam wadah organisasi selain itu juga bisa menambah banyak pengalaman dalam mengembangkan potensi diri didalamnya, tambah Zuhri.

Persidangan

Khoiruddin selaku Koordinator panitia SC mengatakan acara ini mempunyai agenda utama sidang pleno yang terdiri dari Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pengurus PPIT Nanchang periode 2012-2013 dan Pemilihan Ketua Periode 2013-2014.

Diawali dengan pembahasan Tata Tertib Sidang yang dipimpin oleh SC dan dilanjutkan Sidang Pleno yang dipimpin oleh Presidium Sidang yakni Boihaki sebagai ketua, Aleycia sebagai sekretaris dan Riyanto Adji sebagai anggota.

Pada proses pencalonan pemilihan ketua terjaring dua nama yakni Nurwidiyanto Mahasiswa S2 Matematika Nanchang University dan Rifqi Hasibuan Mahasiswa Jiangxi Normal University. Melalui mekanisme satu orang satu suara, Rifqi Hasibuan terpilih dengan mendapatkan 25 suara sedangkan Nurwidiyanto 20 suara.

Dalam pidato sambutan sebagai ketua terpilih, Rifqi menegaskan bahwa tugas PPIT Nanchang ke depan adalah memperkuat solidaritas sesama mahasiswa Indonesia, dan membuat Indonesia menjadi lebih penting di mata Nanchang secara khusus dan China secara umum. Lebih lanjut, Rifqi menjelaskan bahwa hasil pemilihan itu bukanlah hadiah melainkan amanah, sehingga dia akan berusaha semaksimal mungkin menjalankannya demi kepentingan bersama. Acara ditutup dengan sesi foto bersama seluruh peserta Rapat Umum II PPI Tiongkok cabang Nanchang (Zuhri)