Setahun Penuh Makna

Oleh: Herlline

 

Tidak terasa setahun sudah berlalu, rasanya baru kemarin saja kami duduk berkumpul bersama untuk melaksanakan kongres dan memilih seorang ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) Cabang Harbin. Saat ini, untuk yang kedua kalinya, saya bersama teman-teman pelajar Indonesia lainnya berkumpul kembali untuk mengikuti rapat pleno atau Kongres ke-II PPIT Harbin, yang dilaksanakan pada hari Minggu, 19 Oktober 2014, di Gedung International Student Center, Harbin Institute of Technology.

Kongres dimulai dengan doa bersama yang dipimpin oleh moderator, Anne Kristanti, dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Tentunya setelah menyanyikan lagu nasional tersebut, situasi serta atmosfir di dalam ruangan berubah menjadi lebih hikmat. Dengan serius para peserta mendengarkan kata sambutan serta penjabaran Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) yang dibawakan oleh Bagus Bhirawa Putra dan Felicia Putri Hernat, selaku ketua umum dan sekretaris PPIT Harbin periode 2013/2014.

Selama penjelasan LPJ, dijabarkan kegiatan yang sudah kami lalui dengan penuh suka duka, kerjasama, dan kerja keras selama setahun. Saya serasa kembali bernostalgia, ke saat-saat dimana kami menyiapkan salah satu kegiatan yaitu acara natal perdana, bersama dengan teman-teman, yang beberapa diantara sudah kembali ke tanah air tercinta. Masih teringat dengan jelas wajah-wajah jenaka yang seketika berubah menjadi serius saat permainan di Pesta Natal berlangsung. Lalu semangat dari teman-teman ketika kami melaksanakan pesta demokrasi dan sosialisasi donor darah, yang mengingatkan kami untuk terus berbagi dengan sesama. Dari seluruh rangkaian kegiatan PPIT Harbin dalam setahun ini, yang paling berkesan bagi saya adalah Acara Kebudayaan Indonesia “Unity In Diversity” yang untuk pertama kalinya diadakan oleh pelajar Indonesia di Harbin. Acara ini pula yang menjadi pemicu saya untuk tetap bersemangat dalam berkarya bersama dengan PPIT Cab. Harbin. Jika mengingat kembali saat-saat itu, hanya ada satu kalimat yang bisa mewakilkannya, setahun penuh makna!

Setelah penjabaran LPJ, kami diberikan waktu istirahat yang dimanfaatkan oleh teman-teman untuk berfoto bersama. Ceria dan meriah adalah dua kata yang tepat untuk menggambarkan suasana istirahat kami, walaupun hanya sekitar 15 menit, tapi sudah cukup untuk merehatkan pikiran dan kembali memusatkan perhatian pada acara berikutnya yang tidak lain adalah pemilihan Ketua PPIT Cab. Harbin periode 2014/2015.

Pemilihan Ketua PPIT Harbin Periode 2014/2015 merupakan alasan utama saya hadir pada kegiatan hari ini. Calon ketua pada kongres kali ini adalah Indra Putra Salim, yang secara mutlak terpilih pada pemilihan kali ini. Di balik kemenangan yang ia peroleh, ada tanggung jawab besar yang menanti untuk bisa membawa PPIT Harbin lebih baik lagi dimasa kepemimpinannya. Setelah terpilih, ketua baru mempresentasikan latar belakang, visi dan misi, motto, serta program kerjanya. Di akhir presentasi, Presidium Kongres II, Natalinda Nainggolan, membuka sesi tanya jawab bagi peserta kongres. Tentunya kesempatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh peserta, salah satunya adalah Erwin Chandra selaku mantan koordinator Divisi di periode 2013/2014, dengan memberikan beberapa pertanyaan seputar program kerja Ketua periode 2014/2015 terpilih. Semangat Indra disambut baik oleh teman-teman dengan banyaknya masukan, usulan, dan pertanyaan yang tujuannya satu, yakni membangun PPIT Cab. Harbin menjadi lebih utuh dan baik ke depannya.

Kongres pun diakhiri dengan penyerahan Panji PPIT Harbin dari Bagus Bhirawa Putra, selaku Ketua PPIT Harbin Periode 2013/2014 kepada Indra Putra Salim, Ketua PPIT Harbin Periode 2014/2015. Setelah penyerahan panji ini, acara tidak langsung berakhir begitu saja, karena kegiatan kongres ini bertepatan dengan hari ulang tahun PPIT Harbin yang pertama. Dengan gembira seluruh peserta kongres menyanyikan lagu ulang tahun, dan menyantap kue yang telah disediakan oleh panitia. Setelah itu, acara ditutup dengan foto bersama antara seluruh peserta kongres dengan ketua baru dan ketua lama, serta tentunya merapikan kembali ruangan yang telah digunakan bersama-sama.

Berakhirnya acara Kongres II ini, menjadi penutup yang berkesan bagi Pengurus PPIT Harbin Periode 2013/2014 dengan seluruh ceritanya, namun juga menjadi sebuah awal perjalanan bagi Pengurus PPIT Harbin Periode 2014/2015. Saya berharap semoga pada kepengurusan periode yang baru ini, dapat memberikan pengalaman yang penuh makna seperti pada periode sebelumnya, setahun yang (tetap) penuh makna!

berita_harbingambar2