MESSAKE BANGSAKU WORLD TOUR GUANGZHOU

Selama Anda ada di Tiongkok, pasti Anda pernah mengalami kesulitan berbicara dalam bahasa Mandarin dan bingung menggunakan intonasi (??) yang tepat. Tak perlu malu, Anda tak sendirian, bahkan salah satu komika Indonesia yang ternama pun mengalaminya ketika beliau lapar dan ingin memesan nasi goreng (??) di hotel tempatnya menginap, berbagai macam nada bicara sudah digunakan, hingga nyanyian putus asa karena kelaparan menggunakan kata ?? sudah dilantunkan, tetapi masih tidak membuahkan hasil, sang waitress pun masih bengong berdiri di tempatnya dan garuk-garuk kepala. Komika yang kocak ini tak lain adalah Pandji Pragiwaksono yang merupakan inisiator dari acara Messake Bangsaku ini. Mesakke Bangsaku merupakan sebuah pertunjukan tunggal Stand Up Comedy terbesar dalam sejarah Indonesia yang memiliki arti Kasihanilah Bangsaku. Alasan utama dari diangkatnya tema ini adalah sebagai Warga Negara Indonesia sebaiknya mengetahui kekurangan-kekurangan yang dimiliki oleh negara Indonesia sehingga kita sebagai generasi muda Bangsa Indonesia memiliki tanggung jawab untuk membenahi dan memajukan Negara Indonesia demi masa depan yang lebih baik.

Pandji Pragiwaksono merupakan satu-satunya stand up comedian yang telah membuat 3 kali pertunjukan tunggal yaitu pada tahun 2011, 2012, dan 2013. Tidak hanya itu, Pandji juga mencatat rekor penonton melebihi 1000 orang untuk sebuah pertunjukan tunggal. Selain Pandji, acara yang diselenggarakan pada tanggal 8 November 2014 ini juga dihadiri oleh stand up comedian lainnya asal kota Bandung yang bernama Gilang Bhaskara. Adapun juga berbagai pihak yang turut memeriahkan acara ini seperti Grup Tari Drupadi dan pemenang Lomba Indonesia Top Idol, Zaenal.

Ada pepatah mengatakan ?????????? yang maknanya adalah “segala sesuatu apabila dipersiapkan dengan baik maka akan membuahkan hasil dan sebaliknya, tanpa adanya persiapan yang matang tentu akan mengalami kegagalan”. Pepatah inilah yang menjadi modal dan pedoman seluruh panitia penyelenggara acara Mesakke Bangsaku World Tour Guangzhou 2014 yang diadakan di Guangzhou International Conference Center. Dalam waktu kurang lebih 1 bulan, seluruh panitia berkerjasama untuk mensukseskan acara kali ini. Kerjasama dalam waktu yang cukup singkat ini membuahkan hasil yang sangat memuaskan dengan jumlah penonton yang mencapai 530 orang. Selama berlangsungnya acara, mereka terlihat sangat antusias menyaksikan seluruh pertunjukan yang ada. Suasana santai dan gelak tawa penonton pun berulangkali terdengar. Hingga sampai penghujung acara, seluruh penonton memberikan masih dengan semangat memberikan applause yang sangat meriah dengan senyuman di raut wajah yang menandakan mereka sangat puas dan terhibur dengan acara kali ini. Ratusan penonton terlihat tidak ingin meninggalkan gedung dan meluangkan waktunya untuk foto bersama dua bintang tamu tersebut. Kesuksesan ini tentunya tidak lepas dari dukungan Konsulat Jenderal Indonesia Guangzhou dan sponsor dari Garuda Indonesia, Telkomsel, Pandan Indonesia, Cerdas Bangsa College, dan Raffles Design Institute. World Tour kali ini juga mendapat pujian dari Pandji Pragiwaksono yang menjadi hadiah istimewa dan tak terlupakan bagi seluruh panitia. Sampai jumpa kembali Pandji, dan salam ???

 

By Anita Purnamasari

IMG_6909