PPIT Nanchang Pilih Ketua Baru 2014-2015

Nanchang- Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Nanchang menggelar Rapat Umum III untuk memilih ketua baru pada Sabtu, (27/12/2014) kemarin. Acara tersebut berlangsung di Gedung Internasional Exchange Collage Nanchang University, kota Nanchang Propinsi Jiangxi, Tiongkok.
Rapat Umum III PPIT Cabang Nanchang ini, diikuti oleh 55 peserta. Mereka kuliah tersebar di dua kampus yakni Nanchang University dan Jiangxi Normal University.  penampilan angklung dan Akustik menjadi pembuka pra acara dan kemudian dibuka resmi oleh Rifqi Hasibuan selaku Ketua PPIT cabang Nanchang periode 2013-2014 tepat pukul 13.00.
Setelah memberikan sambutan,  rapat diambl alih oleh SC (Steering Commitee) untuk memlilih presidium sidang tetap. Dengan mengambil jalan musyawarah mufakat akhirnya terpilih tiga orang presidium sidang yaitu Sitti Marwah sebagai ketua presidium sidang, Arini Junaeny sebagai sekretaris sidang dan Johan sebagai anggota sidang.
Agenda pada Rapat Umum III ini adalah pembahasan Tata Tertib Sidang, Laporan Pertanggung Jawaban Ketua PPIT cabang Nanchang periode 2013-2014, Rekomendasi Organisasi, pemilihan ketua Periode 2014-2015, dan pembentukan tim formatur.
Pada puncak acara adalah pemilihan ketua periode 2014-2015. Pemilhan ketua dilakukan dengan cara voting tertutup. Diawali dengan mengusulkan bakal calon  sebanyak 6 orang kemudian mengerucut menjadi tiga orang yang mendapat dukungan terbannyak untuk maju sebagai calon yaitu Ummy Fadhilah dan Muh. Riezal Adam yang menjadi calon dari Nanchang University dan Renaldo Febrian yang menjadi calon dari Jiangxi Normal university.
Pemilihan ketua kali ini cukup menyita banyak emosi, hal ini dikarenakan adanya kesalahan teknis sehingga voting harus dilakukan ulang suara dilakukan dua kali. Pada voting pertama, Renaldo Febrian mendapatkan suara terbanyak yaitu 27 suara, kemudian disusul oleh Ummy Fadhilah yang mendapatkan 23 dukungan suara, 3 suara lainnya tidak sah dan ada lebih satu suara yang tidak terkonfirmasi dalam absensi hingga akhirnya diputuskan voting ulang. Pada voting akhir Ummi fadhilah mendapatkan dukungan 30 suara sementara Renaldo Febrian  mendapatkan 25 dukungan suara.
Pemilihan yang berlangsung dinamis dan demokratis ini akhirnya menetapkan Ummy Fadhilah mahasiswa S2 asal Makassar Jurusan Modern Chinese Literature Nanchang University  sebagai PPIT Cabang Nanchang periode 2014-2015.
Dalam sambutan perdananya sebagai ketua PPIT Cabang Nanchang, Ummy mengucapkan terimakasih karena telah diberikan kepercayaan dan amanah untuk memimpin organisasi ini, selanjutnya ia menegaskan bahwa organisasi ini tanpa dukungan dan kerjasama dari teman-teman  bagaikan pisau tajam yang tidak diasah hingga lama kelamaan akan berkarat dan tumpul. Oleh karena itu mari Ia mengajak bergandengan tangan dengan langkah yang beriringan, memaksimalkan peran masing-masing untuk memajukan organisasi ini ke arah yang lebih baik dan bermanfaat.
Acara ditutup dengan penyerahan Stempel dan atribut organisasi oleh Rifqi Hasibuan kepada Ummy Fadhilah, setelah itu diakhiri dengan foto bersama oleh SC, OC, dan peserta sidang. PPI Tiongkok Nanchang sendiri berdiri sejak 25 November 2012 lalu dan menjadi salah satu deklarator dari PPI Tiongkok pusat. Usia PPIT cabang Nanchang yang masih terhitung muda ini tidak menciutkan semangat para pengurus dan anggota untuk menjadikan perhimpunan ini sebagai wadah untuk berkarya dan mengembangkan diri sekaligus menjadi duta budaya Indonesia khususnya di Nanchang. Itu dibuktikan dengan salah satunya sudah tiga kali dalam menyelenggarakan Festival Budaya Indonesia di kota tersebut.
Sementara itu kota Nanchang adalah ibukota Provinsi Jiangxi yang terletak di Tiongkok bagian tenggara dan menjadi salah satu destinasi yang diminati oleh pelajar Indonesia dalam menempuh pendidikan di Tiongkok. Terdapat tiga kampus yang dijadikan destinasi pendidikan itu adalah Nanchang University, Jiangxi Normal Univesrsity, dan Jiangxi Agricultural University.  Para pelajar ini datang dari berbagai penjuru di tanah air antara lain dari Aceh, Jakarta, Bandung, Semarang dan Makassar.
Link: http://news.okezone.com/read/2014/12/29/65/1085042/ketua-baru-ppit-nanchang-jaga-ritme-organisasi
Penulis: Sitti Marwah
Mahasiswa S2 Nanchang University

Suasana Rapat Umum III - Copy