Acara Tahun Baru dengan Nuansa Indonesia

XIAMEN, PPITIONGKOK.org Tahun baru 2015 kali ini organisasi 印尼归侨联谊会(Overseas Indonesian Association/guiqiao) bersama dengan Persatuan Mahasiswa Indonesia Xiamen (Permic Xiamen) mengadakan sebuah kegiatan pementasan kesenian Indonesia dalam rangka menyambut Awal Tahun kali ini. Acara tersebut dilaksanakan di 厦门第一中学,dengan Saifus Somad dan Jaqueline sebagai pembawa acara pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dibuka dengan lagu “Andaikan Kau Datang Kembali” serta lagu “好日子”(haorizi) yang dinyanyikan oleh Celline. Setelah menikmati alunan lagu dari Indonesia dan Tiongkok tersebut kegiatan dilanjutkan dengan Tarian Khas Aceh,tari Saman yang di tampilkan oleh para Mahasiswa Indonesia yang belajar di universitas Xiamen.

Acara yang rutin dilaksanakan setiap tahun oleh orang-orang 归侨(guiqiao) ini banyak menampilkan kesenian indonesia, baik tari-tarian, lagu-lagu daerah, bahkan alat musik Angklung. Para mahasiswa Indonesia dari Huaqiao University juga ikut menyumbangkan nyanyian Acapella dengan lagu tradisional Indonesia yang mana bertujuan untuk menggabungkan budaya tradisional Indonesia dan tren yang sesuai dengan selera anak muda jaman sekarang. Tidak hanya para mahasiswa yang tampil dalam acara tersebut, penampilan para 归侨(guiqiao) juga meramaikan acara tahun baruan ini, seperti Tari Lenggang Kangkung, Tarian Kipas Bali, Curik Curik,Tarian Anak Medan, dan juga beberapa lagu yang di lantunkan oleh para guiqiao seperti 祖国不会忘记我,当收害的时候 .

Penampilan terakhir dari mahasiswa indonesia yang belajar di universitas Huaqiao,ialah Tarian Asmaradana yang baru saja menjuarai lomba tingkat universitas Huaqiao dan juga penampilan terakhir dari para guiqiao tari 美丽中国. Menghadiri acara tersebut seolah kita berada di Indonesia karena memang hampir semua yg hadir adalah orang indonesia yg telah kembali ke China dan juga para mahasiswa yang belajar di kota Xiamen. –ppitiongkok.org

 

20150101_110342