Mahasiswa Indonesia Mainkan Angklung dan Tari Paduppa di Nanchang

Nanchang – Alunan musik Angklung dan Tari Paduppa Makassar menjadi salah satu pengisi dalam acara peringatan ulang tahun yang ke-10 Federasi Kamar Dagang International Nanchang yang diselenggarakan oleh Nanchang Foreign Affair Friendship Office atau Kantor Urusan Luar Negeri kota Nanchang.

Acara yang dibuka oleh Wakil Walikota Nanchang, Xiao Yu Wen, dan dihadiri oleh sekitar seratusan orang tersebut bertempat di Ball Room Gloria Grand Hotel Kota Nanchang, Provinsi Jiangxi, Tiongkok pada Kamis (8/1/2015) lalu.

Penampilan musik Angklung oleh 20 mahasiswa Indonesia itu membawakan lagu My Heart Will Go On milik Celine Dion. Sedangkan Tari Paduppa ditampilkan mahasiswa asal Makassar yakni Hukmawati dan Jusmiyanti. Mereka semua tergabung dalam Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok Cabang Nanchang.

Mereka menjadi tamu undangan khusus untuk tampil di acara tersebut bersama dengan enam penampilan lainnya dari komunitas warga lokal. Yang diantaranya komunitas eks WNI yang sudah menetap di Tiongkok.

Para eks WNI atau biasa disebut Huaqiao Huaren tersebut membawakan lagu berjudul “Ayo Mama” dan ”Pepaya” dengan masih sangat fasih dan dengan memakai pakaian batik kebaya.

Bagi mereka yang berusia lanjut tetapi jiwa tetaplah muda. Mungkin itulah slogan para eks WNI itu. Walaupun usia sudah mulai udzur, tapi mereka tetap aktif beraktifikas dan masih mampu menyajikan penampilan yang menarik dengan menyanyikan lagu tersebut.

Ada puluhan eks WNI yang tinggal di Nanchang yang saat ini berusia lanjut. Kebanyakan mereka dulu dilahirkan di Indonesia dan masuk ke Tiongkok sekitar tahun 1960-an dengan tujuan studi dan sebagian dibawa oleh orang tuanya. Sebagian dari mereka masih cukup fasih bicara bahasa Indonesia. Bahkan masih ada yang masih bisa berbahasa Jawa dan Sunda dan sampai sekarang mereka masih punya sanak kerabat di Tanah Air.

Acara tersebut secara aktif diselenggarakan secara rutin dua kali tiap tahun di musim panas dan musim dingin dibawah koordinasi Kantor Urusan Luar Negeri kota Nanchang atau Nanchang-Shi Waishi Qiao Wu Ban Gongshi.

Mahasiswa Indonesia di kota Nanchang sendiri sejak tahun 2012 aktif diundang berpartisipasi mengisi penampilan oleh Kantor tersebut. Sebelumnya, Mahasiswa Indonesia pernah tampil membawakan Tari Saman dan Musik Terbang Rebana.

Sementara alat musik Angklung tersebut merupakan sumbangan dari KBRI Beijing kepada PPI Tiongkok Cabang Nanchang dalam memperkenalkan budaya Indonesia di Tiongkok.

Penulis: Hilyatu Millati Rusydiyah, Mahasiswa S2 Manajemen Perusahaan Nanchang University

Foto Bersama Usai Tampil