PPI TIONGKOK PILIH KETUA BARU

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok menggelar Simposium dan Kongres IV pada Jum’at-Minggu, (8-10/5/2015) di Hotel Guan Jun, Chongging. Acara yang bertemakan  “Menggagas Kontribusi Positif Pelajar Indonesia dalam Membangun Hubungan Strategis Komprehensif Indonesia-Tiongkok” tersebut dibuka langsung oleh Duta Besar RI LBBP untuk RRT dan Mongolia, Soegeng Rahardjo. Selain itu juga dihadiri oleh Ketua Perhimpunan Alumni Indonesia di Tiongkok (PERHATI), Atase Pendidikan, Priyanto Wibowo, perwakilan dari KJRI Shanghai dan KJRI Guangzhou.

Kongres IV kali ini diawali  dengan menyelenggarakan Simposium dengan tema “Perubahan Geostrategis Asia: Strategi Tiongkok dan Peluang Bagi Indonesia” yang dibawakan oleh Dubes RI Tiongkok Sugeng Rahardjo . Dalam sambutannya Dubes Soegeng Rahardjo berharap besar kepada seluruh pelajar Indonesia di Tiongkok bisa berkontribusi besar terhadap hubungan Bilateral Indonesia-Tiongkok .

Ketua Umum PPI Tionkok Danny Wahyudi dalam sambutannya , mengatakan bahwa saat ini PPI Tiongkok saat ini sudah mempunyai 22 cabang yakni Beijing, Shanghai, Guangzhou, Chongqing, Guilin, Tianjin, Hongkong, Nanning, Nanjing, Suzhou, Harbin, Changsha, Zhengzhou, Liuzhou, Wuhan, Xiamen, Shenyang, Ningbo, Hangzhou, Hefei, Qingdao, dan Nanchang. Sementara yang berkesempatan hadir pada kongres IV ini hanya 21 cabang saja. “Bertambahnya delegasi dibanding dari tahun sebelumnya yang 19 kota menandakan bahwa pelajar Indonesia di Tiongkok mengalami peningkatan cukup signifikan,“ tambah mahasiswa yang kuliah di Xi‘an Liverpool Jiatong University, Suzhou tersebut.

Sementara itu, dr. Alfianto Martin selaku ketua panitia pelaksana  mengatakan bahwa Kongres IV ini mempunyai agenda pembahasan diantaranya: Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pengurus periode 2014-2015, pembahasan AD-ART, rekomendasi organisasi dan program kerja dan puncaknya pemilihan ketua umum PPIT periode 2015-2016.

Di Puncak acara kongres ini, melalui pemilihan langsung dan demokratis, akhirnya menetapkan Grace Fiona Alethea, mahasiswa Chongqing Medical University Jurusan kedekteran dari PPIT Chongqing sebagai Ketua Umum periode 2015-2016 setelah mendapat 14 suara, yang menyisihkan Melisa dari PPIT Hongkong yang mendapatkan 3 suara, dan Dominikus Brian Wilando dari PPIT Qingdao yang mendapatkan 3 suara. Sementara 1 suara Abstain.

Grace yang merupakan bendahara umum PPI Tiongkok pada periode sebelumnya ini dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih atas kepercayaan yang diberikan untuk membawa PPI Tiongkok lebih maju lagi, dia juga mengharapkan dukungan dari seluruh teman-teman untuk selalu bergandengan tangan untuk membangun PPI Tiongkok, selain itu Grace juga mengungkapkan harapannya agar kedepannya PPI Tiongkok bisa lebih maju dan senantiasa mengharumkan nama Indonesia di Tiongkok.

PPI Tiongkok berdiri pada 28 Oktober 2012 dalam Kongres Pelajar Indonesia di Beijing tersebut awalnya dideklarasikan oleh 14 perwakilan organisasi pelajar di 14 kota di Tiongkok. Lahirnya organisasi yang menyatukan seluruh pelajar Indonesia di Tiongkok ini diharapkan menjadi wadah bagi setiap pelajar untuk mengembangkan potensi diri dibidang keilmuan, keorganisasian dan bidang-bidang lainnya.

 

Penulis : Sitti Marwah

Mahasiswa S2 Universitas Nanchang.