Prosedur Verifikasi/Legalisasi Ijazah di CDGDC (1/2)

 

Sejak tahun 2000, Pemerintah Tiongkok telah memberi wewenang kepada China Academic Degree and Graduate Education Development Center (CDGDC) untuk membuka layanan China Qualification Verification (CQV).

CQV merupakan layanan/jasa pihak ketiga untuk melakukan verifikasi terhadap keaslian dankeabsahan surat-surat dari lembaga pendidikan di RRT serta memberikan evaluasi akademisterhadap surat-surat tersebut.

Surat-surat yang dapat diverifikasi

CDGDC berwenang melakukan verifikasi terhadap surat-surat sbb:

1.1.     Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Hasil Ujian SMA yang disebut HUIKAO dan Hasil Ujian Nasional Masuk Perguruan Tinggi yang disebut GAOKAO serta Ijazah Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan.

1.2.      Sertifikat Gelar Bachelor, Master dan Doktor danIjazah serta Surat Keteranganpernah/Tamat Belajar, Transkrip Nilai (Transkrip Akademis) dan dokumen-dokumen mengenai riwayat pendidikan

1.3.      Kualifikasi Profesional.

Produk yang dikeluarkan oleh lembaga ini bagi pengguna layanan verifikasi adalahberupa surat yang menyatakan:

– keabsahan kualifikasi pemilik ijazah

– keaslian ijazahnya

– latar belakang pendidikan pemegang ijazah

– jenis dan tingkatan perguruan tinggi dan

– tinjauan akademik terhadap ijazah dari perguruan tinggi tersebut.

Prosedur Aplikasi

Untuk memperoleh layanan verifikasi ijazah dapat mengambil salah satu dari 2 (dua) cara sbb:

2.1 Menyampaikan permohonan langsung ke kantor CDGDC dan meminta agarhasilnya dapat dikirimkan secara langsung kepada pemohon ybs. Semua mahasiswaTiongkok sudah paham akan layanan CDGDC. Alumni/lulusan sekolah di Tiongkok jugadapat menghubungi via telepon untuk mendaftar layanan verifikasi, membayar biayanyatermasuk ongkos kirim dan menerima hasilnya melalui pos. Cara ini lebih disarankan olehCDGDC.

2.2 Menyampaikan permohonan melalui online kepada CDGDC dengan menyertakaninformasi pribadi pemohon termasuk namanya dalam tulisan/aksara China, jenis kelamin,tanggal lahir, nomor ID, lama/periode studi, copy scan transkrip nilai dan copy bukti transferbiaya layanan jasa. CDGDC akan mengirimkan hasilnya melalui jasa pos/titipan kilat.

Untuk melakukan proses aplikasi verifikasi secara online, pemohon dapat mengakses situs web CDGDC sbb: http://cqv.chinadegrees.cn.

Setelah mengklik tombol 学位认证 (verifikasi ijazah) pada halaman muka situs tersebut, pemohon dapat melanjutkan proseslegalisasi dengan melakukan login dst dan mengisi kode 机构代码 (kode organisasi) 0062 yang merupakan kode yang diberikan CDGDC untuk KBRI Beijing (lihat gambar dibawah). Dengan demikian nantinya dokumen hasil verifikasi pemohon akan dikirimkan olehCDGDC ke alamat KBRI Beijing.

2.3 CDGDC menjamin keamanan proses verifikasi ini dengan menerapkan 2 (dua) tahapan:

  • Pemegang ijazah/surat yang didaftarkan untuk verifikasi, dapat melakukan crosscheck keabsahan hasil verifikasi secara online.
  • CDGDC dapat mengirimkan secara langsung kepada pemegang ijazah/sertifikat tersebut.

2.4 Informasi mengenai alamat, nomor telpon, faksdan e-mail/website CDGDC adalahsebagai berikut :

China Academic Degree and Graduate
Education Development Center (CDGDC)
B-17 Tongfang Scientific Building
No. 1 Wangzhuang Road
Haidian District, Beijing, P.R. China 100083
Telepon    : 86-10-82379480
Fax.           : 86-10-82379491, 86-10-82378617
E-mail      : cqv@cdgdc.edu.cn
Website    : http://cqv.chinadegrees.cn
http://www.cdgdc.edu.cn/rz/

 

Proses dan Biaya

Verifikasi ijazah dan sertifikat pendidikan diselesaikan dalam waktu 20 (dua puluh hari)kerja dengan dikenakan biaya sebagai berikut :

Verifikasi Ijazah/Sertifikat : 260 RMB per lembar
Verifikasi Transkrip Akademik : 360 RMB per lembar
Ekstra Copy untuk verifikasi :50 RMB per lembar

Permintaan Proses Verifikasi Kilat :
Dapat diselesaikan dalam waktu 5 (lima) hari kerja dikenakan biaya tambahan sebesar: 200 RMB per lembar

Jumlah biaya untuk proses verifikasi diterapkan sama, baik dilakukan oleh pemohonmahasiswa secara perorangan maupun oleh universitas.

Pengiriman hasil verifikasi secara kilat dilakukan dengan menggunakan jasa titipan kilat EMS yang biayanya dibebankan kepada pemohon.

 

Verifikasi dan legalisasi Ijazah Sarjana Indonesia Alumni Perguruan Tinggi di RRT

Sampai saat ini mahasiswa Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan di RRT menempuh proses panjang dan memerlukan biaya yang cukup besar untuk membuat legalisasi ijazah dan surat-surat pendidikan lainnya.

Untuk mempersingkat proses tsb serta meringankan beban para mahasiswa, setelahmemperoleh penjelasan CDGDC dan menilai bahwa lembaga tersebut merupakan lembagaresmi dan kompeten yang diberi wewenang oleh Kementerian Pendidikan RRT untukmelakukan verifikasi ijazah, maka Atase Pendidikan menerapkan prosedur verifikasi dan legalisasi bagi mahasiswa Indonesia yang telah lulus dari Universitas di RRT.

Para mahasiswa selanjutnya dapat menggunakan jasa lembaga ini dan tidak perlu lagimenempuh proses legalisasi seperti yang sudah ditempuh sebelumnya.

Para mahasiswa Indonesia agar memberikan copy hasil verifikasi ijazahnya kepada Kantor Atase Pendidikan KBRI Beijing untuk dikeluarkan surat keterangan sekolah.