Hari Kemerdekaan RRT, Libur Telah Tiba!

Hari Kemerdekaan Republik Rakyat Tiongkok atau 国庆节 (pinyin: Guó qìng jié) adalah hari kebangsaan RRT yang diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Oktober. Kita pasti ‘peka’ kalau di setiap awal Oktober libur selama sepekan, bahagia kan pasti? Tapi kalian tau gak sih sebenarnya tentang kemerdekaan Tiongkok ini? Yuk langsung kita simak sejarah singkatnya!

Screenshot_3

Sejarah

Pada tahun 1949, Republik Tiongkok dipimpin oleh Chiang Kai Shek yang berhaluan nasionalis kalah dari perang saudara dengan Partai Komunis Tiongkok pimpinan Mao Zedong. Akhirnya, Chiang Kai Shek mundur ke Taiwan.

Pada 1 Oktober 1949, Mao Zedong memproklamirkan berdirinya negara baru Republik Rakyat Tiongkok yang merupakan sebuah negara komunis di Beiping, kemudian diubah namanya menjadi Beijing dan ditetapkan sebagai ibukota negara.

Screenshot_4

Upacara

Setiap tahunnya dilakukan upacara peringatan Hari Kemerdekaan RRT di berbagai penjuru negeri dan pada tingkat pusat selalu dilaksanakan ditempat terbuka yaitu di lapangan Tian’an men, Beijing.

Para pimpinan RRT dan masyarakat diundang menghadiri upacara peringatan Hari Kemerdekaan RRT. Tanpa terkecuali, mereka semua berdiri tegak dan rapih menghadap Monumen Pahlawan Rakyat yang berada di tengahlapangan Tian’an men. Tidak ada tenda, kursi, maupun tribun kehormatan yang disiapkan bagi peserta upacara.

Upacara diawali dengan mengheningkan cipta untuk mengenang para martir dan pejuang revolusi, dilanjutkan dengan peletakkan 9 karangan bunga raksasa yang melambangkan 9 naga oleh seluruh pimpinan RRT. Masing-masing karangan bunga diangkat oleh 2 tentara dan diletakkan di altar Monumen Pahlawan Rakyat. Selanjutnya presiden akan merapihkan pita pada karangan bunga sebagai simbol penghormatan dan penghargaan kepada martir dan pejuang revolusi.

Tidak ada pidato maupun sambutan dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan RRT. Lalu para pimpinan RRT yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara mengelilingi monumen untuk melihat relief di dinding monumenyang menggambarkan sejarah perjuangan masyarakat Tiongkok. Setelah itu, acara formal selesai.

Screenshot_5

Minggu Emas (黄金周) atau Golden Week

Dahulu, libur kemerdekaan di Tiongkok hanya selama 3 hari saja. Namun semenjak tahun 2000, peraturan diubah menjadi seminggu. Golden Weekbertujuan untuk mendorong konsumsi dan meningkatkan jumlah wisatawan domestik, serta memudahkan orang melakukan perjalanan jauh untuk mengunjungi keluarga.

Screenshot_6

Wah! Seru banget ya! Tapi bakal kebayang gak sih betapa ramainya tempat wisata di Tiongkok nanti?

Btw, kemanapun kalian berlibur, selalu utamakan keselamatan guys!

喜迎国庆!

Selamat memperingati Hari Kemerdekaan RRT!

Selamat berlibur!

Oleh: Livia Lichwan (Departemen Akademis PPI Tiongkok)

Sumber: disadur dari berbagai sumber

Screenshot_16