Selayang Pandang – Wuhan

Selayang Pandang Kota Wuhan

        Wuhan merupakan ibukota dari provinsi Hubei. Wuhan terletak dibagian tengah negara China di persimpangan sungai Yangtze dan sungai Han. Terdapat tiga kota di Wuhan yaitu Wuchang, Hankou dan Hanyang. Wuhan termasuk kota terpadat di Central China. Wuhan memegang status sebagai salah satu kota besar di China, karena kota ini menjadi pusat politik, ekonomi, keuangan, budaya, pendidikan dan transportasi. Wuhan mempunyai peran penting dalam transportasi, karena merupakan titik penghubung transportasi darat antara kota-kota besar lainnya di China. Peranannya sebagai kunci dalam transportasi darat domestik menjadikan Wuhan memiliki julukan sebagai ‘’Chicago-nya China”.

SEJARAH

Sejarah panjang kota Wuhan terbentang sejak 3500 tahun yang lalu. Wuhan merupakan salah satu kota paling kuno dan beradab di China. Bahkan lebih kuno dari Beijing, Xi’an dan Nanjing. Pada periode sebelum Qin (770SM- 221 SM), Wuhan merupakan tanah Negara bagian Chu (salah satu dari tujuh negara yang bertikai sebelum Qin, dinasti foedal pertama di negara itu). Bermula dari hal ini pengikut pedagang sungai Yangtze memperluas jaringan untuk berbisnis diseluruh negeri. Dalam dinasti Qing, Hankou menjadi salah satu dari empat kota paling terkenal di negeri ini. Selama berabad abad , kota ini telah menjadi pusat perdagangan dan transportasi di bagian tengah China. Hal ini memiliki peran penting untuk menjadikan kota Wuhan sebagai pusat wisata, bisnis dan perdagangan serta kebudayaan karena daerah ini sejak jaman dahulu berperan sebagai jalur nadi transportasi di China Tengah. Tidak sekedar jalur transportasi darat yang dimiliki wuhan namun juga keistimewaan dari sungai Yangtze yang biasa digunakan kapal pesiar untuk tujuan wisata atau kapal dagang dari pengusaha yang mengakomodasi perjalanan dari Sichuan ke Shanghai atau Hong Kong.

GEOGRAFI DAN IKLIM

Wuhan terletak di tengah wilayah provinsi Hubei. Wilayah metropolitan ini terdiri dari tiga bagian yaitu Wuchang, Hankou dan Hanyang biasa disebut dengan “Tiga Kota Wuhan” (oleh karena itu nama “Wuhan”, menggabungkan “Wu” dari kota pertama dan”Han” dari dua kota lainnya). Daerahnya saling berhadapan yang dibatasi oleh sungai dan dihubungkan oleh jembatan. Jembatan di Wuhan termasuk salah satu jembatan modern pertama di China. Wuhan menempati lahan seluas 8,494.41 kilometer persegi (3,279.71 sq mi), yang sebagian besar adalah daratan yang dihiasi dengan bukit-bukit, danau dan kolam. Wuhan memiliki iklim sub-tropis seperti kebanyakan wilayah lain di China dengan curah hujan yang tinggi. Suhu tertinggi di musim panas dapat mencapai 400 C dan suhu terendah di musim dingin dapat mencapai -120 C dengan sesekali turun salju. Suhu musim panas yang sangat panas serta kelembaban udara yang tinggi ditambah pula dengan adanya banyak danau dan sungai membuat kota Wuhanjuga dijuluki sebagai “Hot Pot City”.

BUDAYA DAN BAHASA

Opera Han merupakan opera lokal daerah Wuhan, merupakan salah satu opera tertua dan paling populer di China. Pada saat akhir dinasti Qing , opera Han dicampuri dengan opera Hui yang kemudian melahirkan opera Peking, opera paling populer di China modern. Oleh karena itu opera Han disebut “Ibu dari Opera Peking” di China. Pribumi Wuhan menggunakan bahasa dialek Wuhan, sedikit berbeda dengan Putonghua.

PENDIDIKAN

Terdapat puluhan perguruan tinggi yang tersebar di Kota Wuhan. Beberapa Universitas menjadi favorit pelajar dari Indonesia untuk menuntut ilmu diantaranya:

1. Wuhan University;

2. Central China Normal University;

3. Huazhong Agricultural University;

4. Wuhan University of Technology;

5. Huazhong University of Sciences and Technology;

6. Wuhan Sports University;

7. Hubei University of Chinese Medicine;

8. Zhongnan University of Economics and Law.

DAYA TARIK WISATA

Wuhan merupakan tempat untuk menemukan sejarah dan keajaiban alam. Hubei Provincial Museum dan Yellow Crane Tower adalah dua tempat untuk menghargai sejarah dan kebudayaan China kuno. Di museum, terdapat lonceng yang digali dari makam yang mengungkapkan prestasi yang luar biasa dari orang-orang China kuno dalam bidang musik, akustik dan metalurgi. Selain itu, Villa terkenal bekas persinggahan MaoZedong di tepi pemandangan East Lake, Wuchang, adalah tempat yang ideal untuk belajar lebih banyak tentang sosok-nya. Ada pula Hong Lou yang menjadi saksi bisu lahirnya revolusi China. Selain tempat-tempat bernilai sejarah, tempat dan wisata bernuansa modern juga dapat ditemukan di kota Wuhan, diantaranya Optic Valley Square, Han Street, Wuhan Optic Valley International Tennis Stadium (tempat penyelenggaraan ajang bergengsi tingkat dunia WTA setiap tahunnya) serta Yangtze River Cruise yang menawarkan sensasi kemewahan di kapal pesiar sembari menikmati pesona alam sungai Yangtze.

MAKANAN

Dua tempat terkenal makanan ringan lokal yaitu di jalan Ji Qing Jie dan jalan Hu Bu Xiang. Jalan Ji Qing Jie menawarkan semua makanan yang khusus dilengkapi dengan hiburan alunan musik China klasik dari musisi lokal. Daftar makanan pengunjung termasuk Re Gan Mian (makanan khas Kota Wuhan) , Steamed Wuchang Fishdan Fried Bean Sheets. Manfaat dari adanya sungai dan danau disekitar kota ini menjadikan masakan olahan ikan mendapat reputasi yang baik sebagai salah satu makanan lezat dan menyehatkan di seluruh wilayah China daratan. Ketua Mao Zedong dalam puisinya menulis : “Saya baru saja meminum air dari Changsha datang untuk makan ikan dari Wuchang.” Mencoba streamed wuchang fish merupakan keharusan bagi penggemar makanan dan minuman yang singgah di kota Wuhan.

PERBELANJAAN

Jalan Han Zheng dan jalan Han Jiang merupakan pusat perbelanjaan yang sangat terkenal dan memiliki sejarah panjang di kota ini. Terletak di wilayah Hankou, jalan Han Zheng merupakan yang terbesar dan terlengkap dari semua pusat perbelanjaan yang ada di kota Wuhan dengan aneka ragam barang yang dijual dengan harga yang dijual murah dibawahharga pasaran. Oleh karena itu pasar grosir ini sering kali menjadi rujukan para pedagang eceran untuk membeli barang dagangan mereka sebelum dijual kembali kepada masyarakat luas.

Ditulis oleh : Agam Akhmad Syaukani

Sumber:

https://en.wikipedia.org/wiki/Wuhan

http://www.travelchinaguide.com/cityguides/wuhan.htm