Selayang Pandang: Tianjin

TIANJIN/TIENTSIN/ 天津

Tianjin adalah kota metropolis di utara Tiongkok yang merupakan salah satu dari lima kota pusat nasional Republik Rakyat Tiongkok dan berada di bawahpengawasan langsung dari pemerintah pusat. Tianjin yang terkenal sebagai kota industri ini pun menjadi kawasan inti pelayaran internasional. Pelabuhan Binhai new area berada di urutan ke-5 pelabuhan terbesar di dunia, dan oleh karena itu juga pelabuhan Tianjin Binhai new area ini menjadi tonggak ke-3 pertumbuhan ekonomi negeri tirai bambu ini.

Cuaca

Angin Munson adalah pengaruh utama iklim di kota ini. Musim dingin yang sangat dingin, berangin dan sesekali bersalju. Musim panas yang panas dan lembab. Musim semi di kota Tianjin kerap kering dan berangin, terkadang disertai badai pasir yang bertiup dari Gurun Gobi. Suhu rata-rata pada musim panas bulan Juli adalah 28°dan terendah pada Januari sekitar -2°. Suhu tertinggi tercatat pernah mencapai 41.6°dan terendah -17.8°.

Pendidikan

Daftar beberapa universitas terfavorit di Tianjin:

1. Nankai University

2. Tianjin University

3. Tianjin Medical University

4. Tianjin Normal University

5. TianjinUniversity of Science & Technology

6. TianjinUniversity of Traditional Chinese Medicine

Banyak universitas ternama yang menjadi tujuan pelajar internasional di Tianjin, salah satunya adalah Nankai University yang kerap masuk jajaran 10 Universitas terbaik di Tiongkok. Ada juga Tianjin University (Peiyang University) yang merupakan universitas tertua di Tiongkok.

Daya Tarik Wisata

Salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Tianjin Eye, bianglala raksasa berukuran 120 meter yang dibangun diatas jembatan Yong Le, Sungai Hai He. Kabarnya, Tianjin Eye adalah satu-satunya bianglala yang terletak diatas jembatan. Ketika berada di puncak, dapat terlihat pemandangan malam kota Tianjin dan sungai Hai He yang indah.

Selain di pusat kota, salah satu tempat pariwisata favorit di Tianjin adalah Pan Shan (gunung Pan)yang menyandang predikat objek wisata bintang 5. Pada puncak gunung dapat terlihat pemandangan Great Wall di sebelah barat dan Gunung Taishan di sebelah timur. Selain itu, pada puncak gunung juga terdapat Stupa Ding guang yang menyimpan relik gigi Buddha.

Makanan

狗不理包子(bakpao goubuli)yang terkenal sebagai “bakpao Tianjin” ini jika dilihat sekilas sama seperti bakpao biasa, salah satu keunikannya terletak pada lipatan bakpaonya yang berjumlah tepat 18 lipatan.

Makanan yang biasanya dijadikan sarapan pagi oleh masyarakat Tianjin adalah 煎饼果子(jianbing guozi),sejenis crepes yang terbuat dari adonan gandum yang digoreng di atas wajan datar dengan telur dan biasanya dilengkapi dengan cracker renyah dan dilipat beberapa kali sebelum disajikan.

Akhir kata, selamat datang teman-teman ke kota Tianjin!

(penulis: Lani Diana Angine, divisi eksternal PPIT Tianjin)