Audiensi PPIT

PPI TIONGKOK AUDIENSI DENGAN BAPAK DUTA BESAR REPUBLIK INDONESIA DI BEIJING

Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok pada tanggal 30 November 2015 telah mengadakan audiensi dengan Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok merangkup Mongolia, Bapak Soegeng Rahardjo di KBRI Beijing. Pada audiensi kali ini PPI Tiongkok diwakilkan oleh Grace Fiona Alethea (Ketua Umum PPI Tiongkok 2015-2016), Bagus Ari Haryo Anugrah (Waketum III), Jane Yang (Sekjen), Monica Amelia (Sekretaris External), dan Martin (Anggota Departemen Wirausaha).

Pada awal pembicaraan, Grace Fiona Alethea selaku Ketua Umum meminta maaf yang sebesar-besarnya atas keterlambatannya melakukan audiensi dengan Bapak Duta Besar Republik Indonesia. Setelah itu, Grace menyampaikan dan melaporkan beberapa program kerja yang telah dilaksanakan oleh PPI Tiongkok selama ini. Program kerja tersebut, yaitu :

1. Donasi untuk kaum Rohingya

2. Kunjungan ke Panti Asuhan dalam rangka Hari Anak Nasional

3. Festival Film Pendek PPI TIongkok 2015

Tak sampai disitu, Grace Fiona juga melaporkan persiapan Symposium Internasional Kawasan PPI ASIA OSEANIA yang akan berlangsung pada April 2016 tahun depan.

“Symposium Intenasional Kawasan PPI ASIA OSEANIA nanti akan mengangkat tema besar, Ketahanan dan Pemberdayaan Kemaritiman Indonesia : Menuju Poros Kekuatan Maritim Dunia. Dan saat ini proses persiapan sudah di mulai seperti pencarian sponshorship, mengundang pembicara, dll.” Pungkas Ketua Umum PPI Tiongkok.

Pada kesempatan kali ini juga, Bapak Soegeng Rahardjo menyampaikan beberapa info kepada teman-teman PPI Tiongkok.

“Tahun depan saya akan coba untuk membentuk PERHATI (Perhimpunan Alumni Tiongkok-Indonesia) , dan saya harap PPI Tiongkok bisa bekerja sama dengan baik ataupun mengambil peran jika tahun depan PERHATI terbentuk dan bisa menciptakan kekuatan yang besar antara Para Pelajar dan Para Alumni.” Kata Pak Dubes.

Kemudian Pak Dubes juga menghimbau kepada PPI Tiongkok agar bisa melakukan sensus Pelajar Indonesia di Tiongkok ini.

“Hal ini sangat penting, sudah banyak kasusyang terjadi khusunya bagi pelajar Indonesia seperti jika ada yang sakit ataupun terkena musibah yang tidak diinginkan. Jika ada sensus dari PPI Tiongkok maka akan memudahkan dalam proses identifikasi jika ada kesulitan dan kami yang ada di Kedutaan bisa tahu dan turun langsung untuk membantu.” Timpal Bapak Soegeng Rahardjo

Selain itu, Bapak Soegeng Rahardjo juga berpesan kepada teman-teman PPI Tiongkok dan semua cabang PPI Tiongkok.

“PPI Tiongkok dan semua cabangnya tanpa terkecuali harus punya rasa saling ‘memiliki’! Untuk punya rasa saling ‘memiliki’, PPI Tiongkok harus terus mengembangkan rasa solidaritas, kebersamaan, pengertian, kepada teman-teman cabang lainnya.” Jelas Pak Dubes.

Setelah proses audiensi yang memakan kurang lebih satu jam itu, Pengurus Harian Pusat (PENGHAPUS) PPI Tiongkok mengucapkan banyak terima kasih atas kesediaan Bapak Duta Besar Republik Indonesia untuk Tiongkok merangkup Mongolia. Sukses terus PPI TIongkok, KEEP THE PPI TIONGKOK FLAG FLYING HIGH…!

Salam PPI Tiongkok!

Penulis : Bagus Ari Haryo Anugrah (Wakil Ketua Umum III PPI Tiongkok 2015-2016).