Selayang Pandang – Hongkong

Selayang Pandang – Hong Kong

HongKong (香港), selain dikenal sebagai surga belanja di Asia, berkat tarif pajak yang rendah, serta letak geografis yang sangat strategis menjadikan kota berpenduduk 7.2 juta ini juga dikenal sebagai pusat industri keuangan dan perdagangan di Asia Pasifik.

Sejarah, Geografis dan Budaya

Bermula di tahun 1600an, Hong Kong hanyalah sebuah desa nelayan kecil pemroduksi garam. Sebagai konsekuensi dari perang opium dan perjanjian Nanjing di tahun 1842, Hong Kong yang semula adalah bagian dari dinasti Qing, secara sah menjadi koloni Inggris.


Pelabuhan Victoria di tahun 1880an

Dibawah pemerintahan Inggris, Hong Kong perlahan-lahan mulai menjadi pusat perdangan dan keungan sampai kembalinya Hong Kong kepada Tiongkok pada 1 Juli 1997.

Pelabuhan Victoria sekarang

Walaupun terbilang kecil, Hong Kong yang secara gamblang terdiri dari 3 wilayah, yaitu Hong Kong Island, Kowloon dan New Territories mempunyai perbedaan yang cukup kentara, baik dari gaya hidup penduduknya, arsitektur dan tata kota. Sampai sekarang, pengaruh dari kebudayaan Inggris masih cukup terasa terutama jika kita berkeliling di pulau Hong Kong.

Mong Kok – Kowloon


Admiralty – Hong Kong Island

Pendidikan

Walaupun perguruan tinggi yang berada di Hong Kong masih cukup asing di telingga kebanyakan orang Indonesia, Hong Kong mempunyai universitas berkelas dunia yang berada di peringat 100 besar dunia. Diantaranya adalah:

1. City University of Hong Kong (CityU)

2. HongKong Polytechnic University (PolyU)

3. HongKong University (HKU)

4. HongKong University of Science and Technology (HKUST)

5. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)

Hong Kong Polytechnic University

Hong Kong University of Science and Technology

Pariwisata

Beberapa objek wisata terkenal di Hong Kong di antara lain adalah:


Victoria Peak – Central


Avenue of Stars – Tsim Tsa Tsui

Big Buddha – Lantau Island


Dragon’s Back Hiking trail – Shek O

Soho – Mid-Levels


Causeway Bay – Hong Kong

Temple Street Night Market – Mong Kok

Kuliner

Dikarenakan letak geografis Hong Kong yang berada berdekatan dengan provinsi Guangdong (广东省) kuliner khas Hong Kong juga di dominasi dengan makanan khas kanton, diantara lain:


Siu Mei (Ayam, babi dan bebek panggang)


Aneka Dim Sum diantaranya Siu Mai, Hakkau, Chasiu Bao, etc.