Kepakanlah Kembali Sayapmu Wahai Garudaku

Logo PSSI
“Baru saja saya tanda tangani dan saya cabut surat yang pernah saya keluarkan (SK Pembekuan),” berikut yang terucap oleh Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia.

Setelah menunggu hingga 1 tahun lamanya,Dunia persepak bolaan tanah air akhirnya mendapatkan kabar baik, bagai hujan di tengah musim kemarau, kabar dicabutnya Surat Keputusan (SK) pembekuan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia(PSSI) disambut dengan penuh sukacita. Selasa malam (10/5/2016) menjadi tanggal bersejarah bagi Indonesia, konflik berkepanjangan antara MENPORA dan PSSI yang diawali dari sanksi yang di berikan MENPORA kepada PSSI, akhirnya berakhir juga dengan resmi di cabutnya SK Pembekuan PSSI. Hal ini disambut gembira oleh pecinta sepak bola tanah air yang sudah rindu akan kompetisi sepak bola nasional.

Kabar lain juga disampaikan oleh Imam Nahrawi. Kabar tersebut langsung menghebohkan dunia persepak bolaan dunia. Kabar mencengangka tentang Indonesia yang berniat mendatangkan pelatih asal Portugal “The Special One” Jose Mourinho. Selain Jose Mourinho ada juga pelatih kelas dunia lain yang diisukan bakal menjadi bidikan Indonesia yaitu pelatih Chelsea saat ini Guss Hiddink.Menurut Ketua Umum Olimpiade Indonesia, Erick Tohir, Hiddink dinilai lebih berpengalaman dalam hal melatih tim nasional.

Tetapi Indonesia masih belum bisa bernafas lega, pasalnya pencabutan SK Pembekuan PSSI masih harus menunggu keputusan kongres FIFA di Meksiko. Dari penjelasan yang tertulis dalam situs resmi FIFA, selasa (10/5/2016) kasus PSSI masuk agenda pembahasan kongres FIFA pada jumat (13/5/2016). Agenda yang dimaksud adalah voting pengambilan keputusan untuk mengonfirmasi status suspense yang menimpa anggota, yakni PSSI, KFA (Asosiasi Sepak Bola Kwait), dan FBF (Asosiasi Sepak Bola Benin).

Hal itu berarti, masih ada kemungkinan bahwa sanksi bagi Indonesia tidak jadi di cabut. Jika hal ini terjadi maka Indonesia harus lebih lama lagi menunggu karena kongres hanya digelar setahun sekali dan kongres FIFA selanjutnya dijadwalkan berlangsung di Kuala Lumpur, 11 – 12 Mei 2017.

Semua pecinta sepak bola di tanah air sat ini sedang berharap-harap cemas, menunggu keputusan dari FIFA. Semoga saja, tidak lama lagi kita bisa melihat kembali Timnas Indonesia berlaga di ajang internasional.

evan dimas pemain sepakbola indonesia

SALAM PELAJAR INDONESIA !!!

Referensi: bola.com, Liputan6.com, VIVA.co.id

Oleh : Ibnu Ramadhon (Derpatemen pemuda dan olah raga PPI Tiongkok periode 2016-2017)