PPIT (PERMIC XIAMEN) : Wonderful Indonesia

WONDERFUL INDONESIA 2016 – PESONA NUSANTARA

 

logo-wonderful-indonesia

PPIT Xiamen, Ranting Huaqiao University memiliki hajatan rutin tahunan, bertajuk Wonderful Indonesia (印尼夜市). Festival yang mengangkat kekayaan dan keanekaragaman budaya Indonesia dari Sabang sampai Merauke ini, menyuguhkan keindahan seni dan budaya khas Indonesia melalui performa dan kreativitas anak-anak bangsa, khususnya mahasiswa dan mahasiswi Huaqiao University di Jimei, Xiamen, Fujian. Pagelaran seni yang ditampilkan, antara lain: tari-tarian tradisional dan kontemporer, lagu dan musik daerah, parade, dan fashion show busana tradisional. Acara ini juga dimeriahkan oleh festival aneka makanan tradisonal khas Indonesia dari berbagai daerah, yang dijajakan dalam deretan stand. Sebut saja soto, nasi kuning lengkap dengan lauknya, sate, gado-gado, timlo Solo, batagor, rendang, dan sebagainya. Selain itu, juga terdapat aneka door prize, yang menambah semaraknya acara ini.
Acara Wonderful Indonesia untuk pertama kalinya diselenggarakan pada tanggal 8 Juni 2013, bertepatan dengan berakhirnya musim seni atau awal musim panas. Tujuan penyelenggaraan acara ini adalah untuk mewadahi kreativitas mahasiswa Indonesia di Huaqiao University, sekaligus sebagai media untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya Indonesia kepada warga kampus dan masyarakat sekitar kampus di Jimei, Xiamen. Penggagas acara, semula tidak memiliki ekspektasi yang berlebihan terhadap acara ini, mengingat penyelenggaraannya sarat dengan berbagai keterbatasan. Di luar dugaan, ternyata acara ini mendapatkan sambutan yang luar biasa. Pengunjung yang terdiri dari para pelajar dari berbagai kampus di Xiamen dan masyarakat sekitar, hadir dan menikmati festival ini dengan penuh antusias. Untuk selanjutnya, acara ini diselenggarakan secara rutin pada awal musim panas. Dari tahun ke tahun, terus dilakukan perbaikan dan inovasi terhadap penyelenggaraan acara Wonderful Indonesia ini.
Tahun ini merupakan tahun keempat penyelenggaraan Wonderful Indonesia. Tema yang disuguhkan dalam periode ini adalah “Pesona Nusantara”. Tema ini diharapkan mampu merepresentasikan kekayaan dan keanekaragaman budaya, sumberdaya alam, serta kreativitas sumberdaya manusia Indonesia yang istimewa. Diselenggarakan pada hari Minggu, 22 Mei 2016, di halaman kampus Fakultas Huawen Universitas Huaqiao Xiamen. Acara berlangsung sejak pukul 17:30 hingga selesai.
Acara yang dimotori oleh Ni’mah, Hendy, dan Alwi serta didukung penuh oleh tim yang sangat kompak dan solid ini makin istimewa dengan kehadiran Kementerian Pariwisata RI. Selain memberikan dukungan sponsorship, Kementerian Pariwisata RI juga membuka stand khusus, yang menghadirkan aneka makanan tradisional serta beberapa karya seni batik. Dukungan sponsorship juga hadir dari Konsulat Jenderal RI di Guangzhou serta pihak kampus Universitas Huaqiao, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.
Acara semacam ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang signifikan dalam upaya memperkenalkan kekayaan dan keanekaragaman budaya bangsa Indonesia kepada masyarakat internasional. Selain itu, ini merupakan bagian dari upaya penting untuk melestarikan dan memajukan seni dan budaya Indonesia, yang selanjutnya akan meningkatkan daya tarik wisata Indonesia serta mengukuhkan eksistensi seni dan budaya bangsa Indonesia di level regional dan internasional .