PPITBudaya: Aceh

Halo teman-teman semua. Edisi kali ini kita akan sama-sama membahas tentang pesona nusantara dari Sabang sampai Merauke. Yuk ikuti perjalanan kita!

BANDA ACEH

Lokasi_Banda_Aceh_indonesia

Di Indonesia, terdapat dua daerah yang memiliki keistimewaan, yaitu Yogyakarta dan Aceh.  Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia, letaknya di ujung utara pulau Sumatera dan merupakan provinsi paling barat di Indonesia. Ibu kotanya adalah Banda Aceh. Jumlah penduduk provinsi ini sekitar 4.500.000 jiwa. Aceh memiliki keistimewaannya dalam bidang agama, adat, dan pendidikan.

Senjata Tradisional

senjata_rencong_aceh

Rencong adalah senjata tradisional sejenis belati khas Aceh, bentuknya menyerupai huruf L, dan bila diperhatikan, bentuknya menyerupai kaligrafi tulisan ‘Bismillah’.

Rumah Tradisional
Rumah_tradisional_Aceh

Rumah tradisonal suku Aceh dinamakan Rumoh Aceh. Rumah adat ini merupakan rumah panggung yang di dalamnya terdapat 3 bagian utama dan 1 bagian tambahan, yaitu serambi depan, serambi tengah dan serambi belakang, serta rumah dapur.

Tarian

Provinsi Aceh memiliki kekayaan dalam perihal seni tari. Banyak dari tarian khas Aceh sudah di kenal di kancah dunia, seperti Tari Rateb Meuseukat dan Tari Saman.

  1. Tari Saman
    Tari_saman_acehTari Saman dibawakan oleh belasan atau puluhan laki-laki, yang jumlahnya harus ganjil. Dilansir dari sumber lain, tarian ini ditampilkan oleh kurang lebih  10 orang, 8 orang penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi.
  2. Tari Rateb
    Tari_rateb_meuseukat_acehTari Rateb Meusekat ditampilkan oleh sekelompok wanita mengenakan pakaian adat Aceh. Tarian dilakukan dalam posisi duduk dan berdiri, dengan gerakan dasar seperti menepuk dada dan menepuk tangan.

Makanan Khas

Kota yang mendapat julukan “Serambi Mekkah” ini tidak hanya terkenal dengan wisata budaya, melainkan juga terkenal dengan wisata kulinernya.  Apa saja kah makanan tradisional khas Aceh? yuk kita simak.

  1. Mie Aceh
    Mie_aceh
    Mie Aceh, kuliner yang menggugah selera ini dapat disajikan dengan cara digoreng atau pun direbus, alias berkuah. Cita rasa sesuai selera anda, ingin pedas atau tidak, bisa dimasak dengan campuran  daging, seafood ,atau sayuran.
  2. Gulai Bebek
    Gulai_bebek_aceh
    Masakan khas Aceh ini memakai itik atau bebek sebagai bahan utamanya. Dimasak dengan resep khas Aceh, makanan ini jadi salah satu kuliner paling terkenal di nusantara.
  3. Rujak Aceh
    Rujak_Aceh
    Rujak Aceh nikmat dimakan dalam keadaan dingin atau dicampur dengan es serut dan siraman saus rujak, pas dinikmati di siang hari yang terik.
  4. Kopi Aceh
    Kopi_aceh
    Kopi Aceh pada dasarnya sama dengan kopi-kopi pada umumnya. Namun, karena cara penyajiannya yang agak berbeda, kopi Aceh memiliki rasa yang unik. Di dalamnya terkandung antitoksin, yang mampu menambah stamina dan dapat mengencangkan kulit.

Tempat Wisata

  1. Masjid Raya BaiturrahmanMasjid_baiturrahman_acehMasjid ini merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi karena keindahannya. Masjid ini sebagai salah satu dari sepuluh Masjid terindah di dunia.
  2. Pantai LampuukPantai_Lampuk_acehBanyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pantai ini, mulai dari berselancar, berjemur, berenang dan juga bermain banana boat. Satu lagi kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini adalah melihat upaya pelestarian penyu. Anda bisa ikut melepas tukik ke laut lepas.

 

HIGHLIGHT
“TAHUKAH KAMU?”
Di Aceh ternyata ada ‘mata biru’ loh! Tepatya di Lamno Jaya, yang terletak di lembah Gunung Gerutee pesisir barat Aceh Jaya Daerah Banda Aceh. Menurut kisah penduduk lokal, penduduk "suku bermata biru" merupakan kaum keturunan Eropa yang dahulu kala melarikan diri dari Spanyol. Alhasil, mereka pun menetap berdampingan dengan penduduk Aceh setempat.

Sekian artikel budaya kali ini! Sampai jumpa minggu depan!
Salam Pelajar Indonesia!

Departemen Budaya PPI Tiongkok
Sumber : Wikipedia, Kaskus

scan_qr_code_PPITIONGKOK