PPIT Budaya: Sumatera Utara

Halo teman-teman semuanya, bertemu lagi di artikel budaya! Artikel budaya kali ini akan membahas tentang Provinsi Sumatera Utara.

SUMATERA UTARA

UntitledSumber/Source : www.wikipedia.com

Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar di luar Pulau Jawa dan kota metropolitan terbesar ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Sumatera Utara merupakan provinsi multietnis dengan Batak, Nias, dan Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini.

 

Pakaian Adat

tarian adatSumber/Source : www.fitinline.com

 

Kain Ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatera Utara. Ulos terkadang juga diberikan kepada ibu yang sedang mengandung supaya mempermudah lahirnya sang bayi ke dunia dan untuk melindungi ibu dari segala mara bahaya yang mengancam saat proses persalinan.

 

Rumah Adat

rumah adatSumber/Source : www.2.bp.blogspot.com

Rumah Bolon adalah rumah adat dari Suku Batak. Rumah Bolon berasal dari Sumatera Utara. Rumah Bolon adalah simbol dari identitas masyarakat Batak yang tinggal di Sumatera Utara. Ada beberapa jenis rumah Bolon dalam masyarakat Batak yaitu, Rumah Bolon Toba, Rumah Bolon Simalungun, Rumah Bolon Karo, Rumah Bolon Mandailing, Rumah Bolon Pakpak, Rumah Bolon Angkola. Setiap rumah mempunyai ciri khasnya masing-masing. Sayangnya, Rumah Bolon saat ini jumlah tidak terlalu banyak sehingga beberapa jenis rumah Bolon bahkan sulit ditemukan. Saat ini, Rumah Bolon adalah salah satu objek wisata di Sumatera Utara.

 

Senjata Tradisionalsenjata tradisionalSumber/Source : www.kebudayaanindonesia.net

Piso Gaja Dompak adalah senjata tradisional yang berasal dari Sumatera Utara. Nama piso gaja dompak diambil dari kata piso yang berarti pisau yang berfungsi untuk memotong atau menusuk, dan bentuknya runcing dan tajam. Bernama gaja dompak karena  berarti ukiran berpenampang gajah pada tangkai senjata tersebut.

 

Tarian Tradisional

tarian tradisionalSumber/Source : www.youtube.com

Tortor Batak Toba adalah jenis tarian purba dari Batak Toba yang berasal dari Sumatera Utara. Tortor adalah tarian seremonial yang disajikan dengan musik gondang. Secara fisik tortor merupakan tarian, namun makna yang lebih dari gerakan-gerakannya menunjukkan tortor adalah sebuah media komunikasi, di mana melalui gerakan yang disajikan terjadi interaksi antara partisipan upacara.

Objek Wisata

  1. Danau Toba
  2. danau tobaSumber/Source : www.youtube.com

    Danau Toba adalah tempat yang cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang sangat indah. Sementara anda duduk dan menikmati keindahan gunung yang mempesona, anda juga dapat memanjat, berenang, dan berlayar.

  3. Bukit Lawang

bukit lawangSumber/Source : www.rebeccaandtheworld.com

Lokasi ini terletak di Desa Bahorok, Kabupaten Langkat, termasuk dalam wilayah Taman Nasional Gunung Leuser yang langsung berbatasan dengan Provinsi Aceh. Tempat ini menjadi salah satu pusat rehabilitasi orang utan terbesar di Indonesia. Banyak orang utan yang dikembalikan ke kawasan hutan ini. Makanya, wajar saja banyak turis asing yang datang.

 

Makanan Khas

  1. Arsik
  2. arsikSumber/Source : www.google.hk

    Arsik adalah Kuliner khas Sumatera Utara dan merupakan salah satu masakan yang terkenal dari daerah Tapanuli. Arsik ini merupakan menumasakan ikan mas bumbu kuning dengan sisiknya yang tidak dibuang. Rasa yang khas dari arsik ini karena bumbu yang digunakannya terbuat dari beberapa komponen khas dari beberapa wilayah Sumatera Utara, seperti andaliman, asam cikala, lengkuas, serai, dan bumbu lainnya. Semua bumbu tersebut dicampur dan digiling hingga halus dan kemudian ikan mastadi dilumuri  dengan bumbu yang sudah digiling tadi. Lalu ikan digoreng dengan sedikit minyak dengan api yang tidak terlalu besar.

     

  3. Saksang
  4. saksang

    Sumber/Source : www.dapurpalma.com

    Saksang merupakan kuliner khas Batak yang terbuat dari bahan dasar dading babi atau daging anjing yang dicincang kemudian dimasak menggunakan darah,santan dan rempah-rempah, Saksang merupakan makanan wajib pada pernikahan adat Batak.

  5. Andaliman
  6. andalimanSumber/Source : www.google.hk

    Andaliman adalah bumbu masak khas Asia yang berasal dari kulit luar buah beberapa jenis tumbuhan. Bumbu ini di Indonesia hanya dikenal untuk masakan Batak, sehingga dikenal orang luar daerah ini sebagai “merica batak”. Masakan khas Batak seperti arsik dan saksang memerlukan andaliman sebagai bumbu yang tak tergantikan.

     

  7. Lapet

lapetSumber/Source : 3.bp.blogspot.com

Kue tradisonal Sumatera Utara, khususnya Tapanuli, yang hampir mirip dengan lapet yang ada di Jawa ini terbuat dari tepung beras, kelapa serta gula aren. Lapet ini dibuat membentuk limas yang dibungkus dengan daun pisang. Biasanya Kue khas Medan ini dapat ditemukan di Kota Siborong-borong.

 

FUN FACTS

boneka sigale-galeSumber/Source : www.jadiberita.com

Boneka Sigale-gale, begitulah sebutannya, sebuah boneka yang selalu tampil rapi dan khas dengan balutan busana adat Batak lengkap dengan kain Ulos dan memiliki ukuran hampir sebesar manusia, adalah pemandangan yang wajar ditemukan di depan rumah tradisional warga Pulau Samosir, Sumatera Utara. Boneka Sigale-gale akan menari saat dilantunkan musik daerah Batak, dan benang-benang yang menggerakkan tubuh Sigale-gale konon berjumlah sama dengan urat yang ada di tubuh manusia. Sigale-gale memiliki makna religius dan unsur klenik yang kental. Tarian Sigale-gale biasanya dilakukan ketika ada seorang anak yang meninggal (terutama laki-laki) atau di keluarga yang berduka karena tidak memiliki anak laki-laki. Mereka percaya arwah orang yang telah meninggal akan bersemayam didalam Sigale-gale. Seringkali Sigale-gale menari dengan sendirinya tanpa ada yang menggerakan. Boneka ini pun sering ditemukan sedang menitikkan air mata.

Sekian artikel budaya kali ini ! Sampai jumpa minggu depan !

 

 

Salam Pelajar Indonesia!

 

Departemen Budaya PPI Tiongkok 2016/2017

Penyunting : Calvin Chiu K