Ketentuan dan Tips untuk Tenaga Kerja Asing di China

a

Bagi Teman-teman semua yang ingin bekerja dan magang di Tiongkok, Tim Akademis memberikan beberapa tips dan apa saja yang harus diperhatikan berikut ini berdasarkan hukum RRT:

Ketentuan dan Tips untuk Tenaga Kerja Asing di Tiongkok

  1. Mematuhi setiap ketentuan Hukum Tiongkok.
  2. Setiap tenaga kerja asing memiliki perlindungan hukum di Tiongkok. Banyak lembaga hukum yang menyediakan konsultasi khusus untuk tenaga kerja asing secara gratis. Jadi jangan ragu untuk menghubungi lembaga hukum terkait atau kontak pelayanan hukum KBRI untuk setiap kasus yang dimiliki.
  3. Setiap karyawan tidak akan dideskriminasikan atas dasar apapun. Dan apabila ini terjadi, teman-teman bisa mengambil tindakan hukum untuk kasus ini.
  4. Perusahaan di Tiongkok mencari tenaga kerja asing 40% bidang penjualan dan pemasaran, 20% teknik, 10% manajemen, 5% IT.
  5. Harus menguasai bahasa inggris dan mandarin. Bahasa lain yang banyak diperlukan adalah bahasa perancis, italia, jepang dan rusia.
  6. Pemerintah telah melarang bagi siapa yang berasal bukan negara penutur asli bahasa Inggris untuk mengajar bahasa inggris di Tiongkok kecuali dengan ketentuan tertentu. (memiliki sertifikat mengajar dari negara asli penutur bahasa inggris)
  7. Teman-teman harus berumur minimal 18 tahun, sehat jasmani dan rohani, memiliki keterampilan profesional yang diperlukan dan sesuai pengalaman yang dimiliki, bebas dari catatan kriminal, memiliki paspor yang masih berlaku atau dokumen perjalanan lain sebagai pengganti paspor, visa kerja (Z)/sertifikat kerja/dokumen ijin tinggal.
  8. Tes kesehatan.
  9. Harus memiliki kontrak dengan jelas mengenai data karwayan, perusahaan, pekerjaan, asuransi, remunerasi, perlindungan hukum, Keselamatan kerja dan penyelesaian masalah ketenagakerjaan. Perhatikan dan baca penulisan kontrak yang ditawarkan berulang kali dan jangan ragu untuk mengubah jika diperlukan.
  10. Jam kerja adalah 8 jam setiap harinya dan 44 jam setiap minggunya. Jika jam kerja melebihi batas normal, Perusahaan harus harus memberikan kompesasi sebesar 150% dari gaji pokok. Jika karyawan bekerja pada hari istirahat normal (Sabtu sore atau Minggu), maka gaji adalah 200 % dari gaji pokok. Jika karyawan bekerja pada hari libur nasional, membayar 300% dari gaji pokok.

 

Ketentuan Magang untuk pelajar Internasional

  1. Hanya untuk siswa yang belum memperoleh sertifikat kelulusan atau ijazah.
  2. Pengaturan kerja paruh waktu tidak dianggap kerja.
  3. Setiap pelajar termasuk penerima beasiswa pemerintah Tiongkok diperbolehkan untuk magang diluar kampus dengan ketentuan yang telah ditetukan. Seperti, mendapat persetujuan dari sekolah, mendaftar PSB Exit-Entry Administration untuk notasi dengan menunjukan sertifikat ijin tinggal dan surat persetujuan dari kampus yang berisi lokasi dan periode magang di luar kampus.
  4. Pelajar asing yang bekerja tanpa otorisasi atau di luar lingkup berwenang adalah ilegal.
  5. Tidak ada hubungan kerja yang mendasar. Hukum Ketenagakerjaan dan Kontrak tidak berlaku, tidak perlu menandatangani kontrak kerja. Namun, penandatanganan perjanjian magang diperlukan untuk mengklarifikasi isu-isu seperti rahasia perusahaan, kewajiban magang dan ketentuan pembayaran.
  6. Perusahaan tidak akan diminta untuk membayar kontribusi kesejahteraan sosial atau pembayaran pesangon di akhir periode magang. Perusahaan dapat membeli asuransi komersial. Perusahaan bertanggung jawab penuh atas cedera yang berhubungan dengan pekerjaan mereka.
  7. Standar upah minimum tidak berlaku untuk magang. Perusahaan dapat memberikan uang saku magang.

 

Mohon menghubungi Tim Akademis untuk info lebih lanjut mengenai lowongan pekerjaan, magang dan ketentuaan ketenagakerjaan di Tiongkok dan Internasional.

Sumber :

Peraturan Pemerintah mengenaiĀ  Tenaga Kerja Asing di TiongkokĀ  (1996 regs on the Employment of Foreigners)

Exit and Entry Administration Law

 

http://english.gov.cn/archive/laws_regulations/2014/09/22/content_281474988553532.htm

http://english.gov.cn/archive/laws_regulations/2014/08/23/content_281474983042473.htm

http://english.mofcom.gov.cn/aarticle/lawsdata/chineselaw/200211/20021100050543.html