Bakti Sosial PPI Tiongkok 2016: Participation by Action

Bakti Sosial PPI Tiongkok 2016: Participation by Action

Pada hari Rabu, 4 Agustus 2016, Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok (PPIT) melakukan bakti sosial dengan tema ‘Participation by Action’ di Kampung Cireundeu yang merupakan desa adat, terletak di lembah Gunung Kunci, Gunung Cimenteng, dan Gunung Gajahlangu. (Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi). Selain memberikan bantuan berupa sumbangan, 8 panitia dan 15 sukarelawan, yang ikut serta dalam bakti sosial, juga memberikan motivasi kepada adik-adik agar bersemangat dalam menimba ilmu.

Pada pagi hari jam 08.00 WIB, PPIT melakukan senam pagi bersama siswa/i, dilanjutkan dengan pembukaan acara bakti sosial PPIT. Acara ini disambut meriah oleh para siswa, guru-guru, dan Kepala Sekolah SDN Cireundeu, bahkan ada beberapa masyarakat yang antusias melihat acara senam pagi.

Bakti Sosial PPI Tiongkok 2016 SENAM PAGI(Gambar saat senam pagi)

Acara ini dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah SDN Cireundeu dan Ketua Umum PPIT Pusat, Aryo Bagus. Acara dilanjutkan dengan senam pagi yang dipandu oleh kakak-kakak dari PPIT (Nimas, Raynaldo, Evita).

Pada pukul 09.00 WIB aktivitas belajar dan mengajar dimulai, anggota PPIT yang berjumlah 23 orang dibagi untuk mengajar setiap kelas dengan materi yang sudah disesuaikan dengan tingkatan masing-masing kelas.

Setiap anak akan diberi hadiah berupa alat tulis, dan untuk anak yang aktif akan mendapatkan hadiah berupa tas, sedangkan untuk anak yang pintar menjawab akan diberikan hadiah pensil warna. Dengan adanya hadiah maka anak-anak menjadi semakin semangat dan aktif berpertisipasi dalam acara bakti sosial.

Bakti Sosial PPI Tiongkok 2016 suasana mengajar(Gambar saat mengajar)

Acara selesai pada pukul 12.00. Masyarakat sekitar menyajikan suguhan makanan khas Kampung Cireundeu, yaitu singkong. Singkong adalah makanan pokok Kampung Cireundeu dan menjadi ciri khas kampung tersebut karena masih sangat memegang adat kebudayaannya.

Bakti Sosial PPI Tiongkok 2016 Masakan dari singkong (Gambar saat makan siang)

Selesai makan siang, acara Participation by Action ini pun ditutup dengan foto bersama. Acara berjalan dengan sukses dan didukung oleh warga sekitar, Pemkot Cimahi dan, Pemprov Jawa Barat.

Bakti Sosial PPI Tiongkok 2016 participant by doing(Gambar saat foto bersama seluruh anggota participation by action)


Kesan dan pesan para peserta baksos “Participation by Action”

 Bakti Sosial PPI Tiongkok 2016 - bianca  

Bianca :
Bekses (baksos yang diucapkan dengan lafal Bahasa Inggris) PPIT 2016 teope uhuy!

 Bakti Sosial PPI Tiongkok 2016 - lindi  

Lindi :
Baksos udah keren banget. Makin kompak lagi untuk Departemen Sosial. Ada kebahagiaan dalam kebersamaan bersama dengan wajah kesederhanaan Desa Cireundeu haha *ciye Lindi bahagia*

 Rivka  

Rivka :
Kesannya sih senang bisa berbagi kebahagiaan sama adik-adik, bisa bantu-bantu adik-adik yang ada disana, sedikit yang kita kasih ke mereka buat mereka tuh berharga sekali ternyata, banyak-banyak bersyukur sih untuk kita semua.

 hanifa  

Hanifa :
Tidak ada yang lebih menyenangkan dibanding melihat adik-adik kita tersenyum karena acara baksosnya PPIT. Senang bisa ikut acara yg seru banget ini. Semoga kedepannya bisa bikin acara yang lebih seru lagi!

 

Oleh: –
Foto: Michael Christian