Olahraga: Kemenangan Perdana Sang Merah Putih

Setelah lepas dari sanksi FIFA, Merah-putih bermain sangat baik dalam laga uji coba internasional pada Senin (6 September 2016) di Stadion Manahan, Solo. Kemenangan telak 3-0 atas Malaysia terjadi akibat gemilangnya performa Boaz Solossa sang kapten yang menyumbangkan dua gol dan Irfan Bachdim menyumbangkan satu gol. 

 

Didukung oleh puluhan ribu supporter yang sudah menunggu penampilan tim merah-putih kita, Indonesia langsung menggebrak dan bermain cepat setelah wasit meniup peluit tanda pertandingan dimulai. Baru tujuh menit permainan dimulai, sang kapten sudah mencetak satu gol ke gawang Khairil Fahmi dengan melewati bek-bek Malaysia. Gol sang kapten tersebut rupanya membuat Indonesia bersemangat memburu gol berikutnya ke gawang dan terjadilah gol ke dua oleh Irfan Bachdim dengan peran yang penting dari sang kapten.

 

Pertahanan Malaysia terlihat buruk ketika gol ketiga diciptakan pada menit ke-21 oleh Boaz Solossa dengan tak terkawalnya sang kapten oleh pemain bek Malaysia dan alhasil, Boaz tidak terkawal dan menyumbangkan satu gol kepada Indonesia. Secara keseluruhan Indonesia sangat menonjol dan bermain agresif pada babak pertama dan harimau Malaysia tidak mampu menjaga dengan baik pada babak pertama. 

 

Setelah unggul tiga gol di babak pertama, Alfre Riedl melakukan pergantian pemain di babak kedua. Lerby Eliandry, Irsyad Maulana, Abduh Lestaluhu, Ichsan Kurniawan dan Dedi Gusmawan diberikan kesempatan bermain oleh Riedl di babak kedua tapi tekanan dari sang merah-putih tidak seagresif babak pertama dan alhasil Indonesia tidak mampu menambah gol mereka ke gawang Malaysia di babak kedua. Tetapi serangan Malaysia juga tak bisa menembus gawang Andritany sehingga pertandingan selesai dengan unggulnya Indonesia atas Malaysia dengan skor 3-0.

 

Oleh : Wandri ( Departemen Pemuda dan Olahraga PPI Tiongkok periode 2016-2017 )

Sumber : Kompas.com,cnnindonesia,fourtwo.com