ARTIKEL PELATIHAN BAHASA INDONESIA HIMIGNU 2016

Pelatihan Bahasa Indonesia HIMIGNU 2016: Kuliner Indonesia

 

Pada 4 Desember 2016, HIMIGNU-PPIT Guilin mengadakan acara tahunan yaitu Pelatihan Bahasa Indonesia. Pelatihan Bahasa Indonesia (PBI) merupakan suatu acara dimana HIMIGNU-PPIT Guilin memberikan kesempatan bagi warga negara asing untuk mengenal dan mempelajari Bahasa Indonesia.

Tema pembelajaran PBI 2016 adalah ‘Kuliner Indonesia’.  Mengapa Kuliner Indonesia? Karena wisata kuliner merupakan salah satu daya jual dalam pemromosian pawisata Indonesia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PBI dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas dasar dan menengah. Peserta kelas dasar kurang lebih berjumlah 80 orang dan kelas menengah berjumlah 15 orang.

Materi kelas dasar yaitu pengenalan makanan-makanan Indonesia serta percakapan singkat antara penjual dan pembeli. Sedangkan materi kelas menengah adalah pelajaran tentang cara memasak, dan resep yang dipilih adalah cara membuat rujak manis.

Sebagai penutup acara, para peserta unjuk kebolehan Bahasa Indonesianya dengan berdialog singkat menggunakan Bahasa Indonesia, kemudian menyanyikan lagu Abang Tukang Bakso untuk kelas dasar dan Potong Bebek Angsa untuk kelas menengah. Panitia telah menyiapkan bingkisan parsel berisi bumbu masak Indonesia bagi kelompok peserta juara 1, 2, dan 3.

PBI 2016 terkesan sangat spesial bagi seluruh peserta karena tersedia hadiah lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Terima kasih kepada teman-teman Indonesia di Guilin telah membantu menyukseskan acara ini. Semoga PBI tahun selanjutnya tidak kalah menarik dari tahun ini. Salam sukses!

HIMIGNU, growing together, caring each other.

 

 

Nurila Shanti Octavia

Ketua Divisi Pendidikan HIMIGNU-PPIT Guilin 2016/2017