PPI Tiongkok dan Perhati Mendampingi Penerima Beasiswa dari Kedubes Tiongkok

PPI Tiongkok dan Perhati photo bersama dengan Perwakilan Kedubes Tiongkok di Jakarta sesaat setelah penerimaan Berkas Beasiswa CGS (Sumber photo: pribadi)

PPI Tiongkok dan Perhati photo bersama dengan Perwakilan Kedubes Tiongkok di Jakarta sesaat setelah penerimaan Berkas Beasiswa CGS (Sumber photo: pribadi)

Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia di Tiongkok dan Perkumpulan Persahabatan Alumni Tiongkok mendampingi Para Penerima Beasiswa Chinese Government Scholarship di hotel Grand Sahid Jaya, Sudirman Jakarta pada hari senin (21/08). Terdapat sekitar 215 penerima beasiswa yang terdiri dari mahasiswa S1, S2, dan S3.

Pada acara penerimaan beasiswa tersebut dihadiri oleh perwakilan perhati berjumah 10 Orang, berikut Sekjen Perhati, Pak Sudjadi dan Fungsionaris Perhati, Fathan Sembiring. Sedangkan dari PPI Tiongkok di wakili ketua umum, Raynaldo dan Departemen Pendidikan, Fadlan Muzakki dan Tirta Anhari.

Pada kesempatan penyerahan Admission Notice tersebut, Fungsionaris Perhati, Fathan Sembiring berkesempatan menyampaikan sambutan di depan para perwakilan Kedubes dan Kemenristerk Dikti serta para penerima beasiswa, dalam sambutan tersebut, Fathan menyampaikan bahwa jangan takut akan kehidupan di Tiongkok karena sebenarnya semuanya serba mudah asal kita mau mencaritahu sebelumnya, mengenai pelarangan solat dan lain sebagainya untuk muslim, hal itu tidak akan dirasakan saat setibanya di Tiongkok.

Penerima beasiswa CGS dari Indonesia di tahun ini cukup meningkat pesat jika dibandingkan tahun-tahun sebelumnya terutama dibandingkan dengan 5 tahun lalu dimana kuota penerima beasiswa hanya 20 orang. Hal ini disambut baik oleh Ketua Departemen Pendidikan PPI Tiongkok, Fadlan Muzakki. Bertambahnya penerima beasiswa akan memperkuat roda organisasi PPI Tiongkok dalam rangka mengembalikan marwah mahasiswa Indonesia yang bersifat akademis dan kritis namun juga tetap membangun, ungkap Fadlan.

Jumlah mahasiwa Indonesia di Tiongkok selalu meningkat dari tahun ke tahun, bahkan untuk tahun ini tercatat sekitar 14 ribu Mahasiswa Indonesia aktif belajar di negeri tirai bambu tersebut. Hal ini menjadi hal yang sangat strategis bagi Indonesia karena secara tidak langsung dapat mempromosikan potensi yang Indonesia punya, sebagai contoh potensi pariwisata Indonesia.

PPI Tiongkok dan Perhati Diskusi Santai sambil makan siang (sumber photo: pribadi)

PPI Tiongkok dan Perhati Diskusi Santai sambil makan siang (sumber photo: pribadi)

Lebih lanjut, setelah mendapingi penerima beasiswa, pengurus PPI Tiongkok yang terdiri dari Raynadlo (Ketua Umum), Fadlan Muzakki dan Tirta Anhari (Dept Pendidikan dan Pengembangan Organisasi), Priska (Ketua PPIT Cabang Hefei), dan Theresia Jessica (Ketua PPIT Cabang Nanchang) bersama dengan Perhati mengadakan diskusi santai di kantin hotel Sahid. Pada diskusi santai tersebut, PPI Tiongkok dan Perhati berkomitmen untuk jalan bersama dalam beberapa program kerja yang melibatkan perlajar aktif maupun alumni dari pelajar Indonesia yang pernah mengemban ilmu di Tiongkok. Rencana terdekat, PPI Tiongkok dan Perhati berencana untuk beraudiensi ke Metro TV untuk mengajak kerja sama dalam penyebaran informasi di Media Massa, khususnya hal-hal yang berkaitan dengan Indonesia dan Tiongkok.

Photo Bersama Pengurus PPIT dengan Perhati

Photo Bersama Pengurus PPIT dengan Perhati

Lebih lanjut, Fadlan Muzakki menyampaikan bahwa kolaborasi Perhati dan PPI Tiongkok yang dapat dilakukan dalam waktu dekat ialah dalam kegiatan “Nongkrong Bareng Pengurus PPI Tiongkok” yang rencananya diadakan pada Minggu, 27 Agustus nanti. Dalam kegiatan tersebut Fadlan Muzakki, Selaku koordinator departemen dan Tirta Anhari sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan, mengundang Para Alumni Tiongkok yang tergabung dalam Perhati untuk dapat meramaikam kegiatan dan berbagi pengalaman pada kegiatan tersebut.