Nongkrong Manfaat yang “Berjilid”: Mengenal lebih dekat yang punya “Tongkrongan”

IMG_0046

Halo teman-teman yang sedang di Jakarta dan sekitarnya, PPI Tiongkok ngadain nongkrong bareng lagi loh di Jakarta. Mungkin bagi sebagian teman-teman belum tau apa sih nongkrong bareng Pengurus PPI Tiongkok. Mungkin juga ada sebagian yang beranggapan bahwa nongkrong-nongkrong itu hanya “nongkrong” biasa yang menghabiskan waktu dan gak bermanfaat.

Kali ini, kita mau ulas sedikit apa sih Nongkrong Bareng Pengurus PPI Tiongkok itu. Kegiatan ini sebenarnya adalah kegiatan “transfer informasi” mengenai bagaimana kuliah di luar negeri. Secara manfaat, teman-teman akan mendapatkan manfaat dan informasi yang hampir sama dengan kegiatan seminar kuliah di luar negeri di tempat lain. Namun, kami menggunakan konsep “nongkrong” untuk menghindari kesan formal dan monoton pada seminar kebanyakan.

Selain itu, konsep “nongkrong” ini juga menghindari “Gap” antara narasumber dan peserta. Jadi temen-teman bisa tanya sampai puas mengenai studi di Tiongkok, di mulai dari persiapan hingga tips-trik, kiat-kiat dan lain sebagainya. Konsep ini dapat kami katakan sebagai konsep Nongkrong pertama dalam hal transfer knowledge persiapan kuliah di luar negeri. Jadi teman-taman ga perlu canggung nanya-nanya hal-hal yang berkaitan tentang studi di luar negeri, khususnya di Tiongkok. Dari hal yang administratif seperti proses pendaftaran kuliah hingga hal-hal pribadi seperti bagaimana agar bisa membaur dengan masyarakat ketika sampai disana, bisa teman-teman tanyakan semuanya.

Poster Nongkrong Bareng Jilid 2

Poster Nongkrong Bareng Jilid 2

Oh ya, untuk kali ini. Akan ada “Nongkrong Bareng Jilid 2” loh untuk chapter Jakarta. Hal ini kami selenggarakan melihat karena banyaknya permintaan dari teman-teman yang mau berangkat maupun yang baru mau mempersiapkan diri untuk kuliah di Tiongkok. Berikut adalah narumber atau kita sebut dengan “yang punya tongkrongan” di nongkrong bareng jilid dua besok. Yang pertama ada Fathan Sembiring yang sekarang sedang aktif sebagai Fungsionaris di PERHATI (Perkumpulan Persahabatan Alumni Tiongkok), Bang Fathan ini adalah mantan Sekjen PPI Tiongkok dan pernah menetap di Tiongkok selama 5 tahun, jadi gausah ragu lagi deh dengan pengalamannya di Tiongkok.

Yang kedua adalah Bagas Deka, Ka Deka ini sudah menetap di Tiongkok selama 17 Tahun. Waw lama banget yah, pasti segala pertanyaan teman-teman bisa dijawab based on pengalaman dari ka Deka ini. Anyway, ka Deka sekarang juga sedang kuliah master di Shanghai University of Finance and Economics. Sebagai Wakil Ketua PPI Tiongkok periode 2017-2018, ka Deka akan mengakomodir semua pertanyaan teman-teman yang ingin kuliah di Tiongkok.

Yang ketiga adalah Tirta Anhari, Penerima Beasiswa CSC yang sedang ambil kuliah master di Beijing. Ka Tirta ini adalah departemen Pendidikan dan Pengembangan organisasi PPI Tiongkok loh, juga sebagai salah satu penulis buku “Panduan Kuliah di Tiongkok” yang dalam beberapa saat lagi akan terbit. Jadi kalau mau tau hal-hal tentang pendidikan di Tiongkok, gausah ragu deh tanya ka Tirta.

Yang ke Empat ada Priska, kaka Cantik satu ini adalah ketua PPIT Cabang Hefei. Ka Priska kuliah jurusan Perdagangan Internasional di Anhui University. So, gausah ragu tanya sebayak-banyaknya bagi kamu yang punya minat kuliah di sana atau sekitarnya dan juga seputar International Trade and Economics.

Kelima ada Theresia Jessica, kaka cantik yang satu ini juga merupakan ketua PPIT Cabang Nanchang lohh. Jadi silahkan tanya info sebanyak-banyak tentang kuliah di Tiongkok, khusunya di Nancang. Teman-teman dipersilahkan tanya apapun, asalkan jangan soal percintaan ya. Hehe

Yang enam adalah Respati Anintyo, atau Anin. Bro Anin ini adalah ketua PPIT Cabang Guangzhou atau biasa dikenal dengan FAMIG. Bro Anin sedang kuliah di Sun Yat Sen University. Jadi untuk teman-teman yang ingin tanya seputar atau sekitar Guangzhou, teman-teman bisa nanya ke Anin, dari hal perkuliahan, pelajaran, kesempatan bisnis, atau mungkin sampai percintaan juga bisa konsul ke Bro Anin, hehe.

Selain itu, kami juga dapat konfirmasi kalau Sekretaris Umum PPI Sedunia akan hadir besok untuk ikut nongkrong sama kita-kita. Wahh, pastinya akan semakin menarik nih nongkrong-nongkrong kita. Kenapa, karena Dhafi Iskandar, Sekretaris Umum PPI Dunia adalah mahasiswa DBA di Prancis. Jadi bisa tambah perspektif yang luas nih but temen-teman sekalian. Temen-teman PPI dari negara lain juga mau datang loh (masih menunggu konfirmasi) untuk meramaikan kegiatan nongkrong kita ini dan berdiskusi seputar kuliah di Tiongkok.

Teman-temen gaperlu khawatir ga akan dapat info jika kota yang teman-teman tuju tidak ada pada list di atas. Kenapa? Karena sebenarnya juga ada beberapa ketua-ketua PPIT Cabang yang ikut meramaikan Nongrong tersebut, salah satunya Stephanie sebagai ketua PPIT Cabang Ningbo. Ada juga pengurus PPIT dari cabang lain tidak bisa disebutin satu-satu disini (kebanyakan). Hehe

So, kami tunggu kehadirannya besok untuk nongrong bareng sama kita-kita di Diskusi Kopi.Ruang Berbagi, Jalan Halomun Raya No. 11 B, Kelurahan Guntur, Setia Budi – Jakarta Selatan. Dekat Puskesmas Guntur atau Belakang Gedung KPK, halte terdekat adalah halte transjakarta Halimun, stasiun terdekat adalah stasiun Manggarai atau Sudirman.

Departemen Pendidikan dan Pengembangan Organisasi PPI Tiongkok.