5 APLIKASI DI SMARTPHONEMU YANG BISA KAMU ANDALKAN SEBAGAI PELATIH VIRTUAL-MU

Halo teman-teman mahasiswa semuanya. Apa kabar? Semoga sehat jiwa dan raga ya. Oh iya, perhelatan ASIAN GAMES sebentar lagi hampir selesai loh. Sudah termotivasi untuk memiliki postur tubuh seperti atlet-atlet yang berlaga di ASIAN GAMES belum? Kalau sudah, keep it up ya usaha kalian guys. Tapi kalau belum termotivasi jangan sedih, banyak cara loh untuk kalian yang mungkin tidak ada waktu luang, tidak ada teman ataupun yang malas berolahraga. Salah satunya ialah dengan menggunakan aplikasi di gawai kalian. Selain mudah dan murah, kalian pun dapat mengaksesnya dimana saja dan kapan saja. Kalian pun dapat melihat hasil capaian kalian selama menggunakan aplikasi tersebut sebagai tolak ukur target kalian selanjutnya.

Mungkin teman-teman terkadang merasa aplikasi yang kalian coba unduh tidak sesuai dengan keinginan dan harapan kalian, entah itu bosan dengan aktivitas yang itu-itu saja, ataupun beberapa aplikasi berbayar yang menuntut kita untuk membeli program latihannya. Namun jangan dulu bersedih hati kawan.  Berikut ini 5 aplikasi yang dapat membuat kalian addicted untuk melakukan olahraga tanpa harus menguras kartu debit kalian yang bisa kalian unduh di PlayStore, AppStore, juga 应用宝. Let’s check them out!

  1. FREELETICS BODYWEIGHT

Pasti kawan-kawan PPIT sudah gak asing ya dengan nama Freeletics. Ya, aktivitas atau aplikasi Freeletics ini sudah lama masuk ke Indonesia dan sempat menjadi aktivitas olahraga favorit bagi kalangan usia muda dengan gaya hidup urban yang sibuk dan padat. Dengan hanya mengandalkan body weight kalian bisa melakukan aktivitas ini dimana saja dan kapan saja, sesuai dengan waktu luang kalian. Aplikasi Freeletics memiliki beberapa jenis tipe yang bisa kalian cari di PlayStore ataupun di AppStore, yaitu: Freeletics Bodyweight, Freeletics Gym, Freeletics Running, dan Freeletics Nutritions. Penulis sarankan untuk unduh Freeletics Bodywight terlebih dahulu, selain mudah diakses, aplikasi yang satu ini membuat tubuh kalian beradaptasi terhadap aktivitas-aktivitas fisik, sehingga meminimalisisr resiko cedera. Ada juga pilihan private coach dari pelatih-pelatih ternama di dunia. Namun sayangnya kamu harus membayar untuk mengaksesnya. Tapi tenang, versi gratisnya pun sudah cukup memuaskan kok. Jangan lupa nyalakan VPN kalian ya. Huhu L

 

  1. NIKE TRAINING CLUB

Kawan-kawan pasti mengetahui brand olahraga yang satu ini kan. Ya, Nike Training Club atau disingkat NTC adalah bentuk nyata perhatian dari perusahaan sport apparel dari Amerika ini kepada para pegiat olahraga. Buat kalian yang suka aktifitas running, aplikasi ini juga terhubung dengan Nike+ kalian, sehingga tak usah repot mengunduh aplikasi lagi dan memenuhi ruang memori gawai kalian. Aplikasi ini dapat kalian unduh di AppStore dan PlayStore.  Jangan lupa aktivkan VPN kalian, karena aplikasi ini belum tersedia di 应用宝 sehingga aksesnya masih terbatas.

 

 

  1. CUSTOMFIT BY FITNESS FIRST

Sahabat olahraga semuanya mungkin belum terlalu mengenal aplikasi ini. Aplikasi ini adalah hasil besutan dari club gym premium yaitu Fitness FirstTM atau disingkat FF. Berhubung penulis adalah former Personal Trainer di Fitness FirstTM, maka akan penulis jelaskan mengenai aplikasi ini selengkap mungkin tanpa ada unsur promosi ya. Sebenarnya aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi sport assistace lainnya. Namun aplikasi ini merupakan rangkaian bentuk servis terhadap club member FF yang terhubung dengan program latihan personal coach. Aplikasi ini juga menjadi prasyarat bagi member baru untuk mengakses hasil BIOSCORETM, yang berfungsi untuk mengetahui perbandingan usia fungsional tubuh dengn usia sebenarnya. Tapi tenang, non member pun bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis kok. Ada pula susunan jadwal kelas Group Exercise, kelas RPMTM, kelas FGTTM,  kelas Yoga dan Pilates, juga event-event khusus beserta nama para trainer-nya. Tidak ketinggalan juga, ada program pengaturan gizi dari para ahli. Namun sayangya kalian harus membayar untuk mengakses program tersebut.

Aplikasi ini juga menjadi buku rapor hasil pencapaian latihan member bersama pelatih maupun dengan bantuan program latihan otomatis. Program latihan yang tersedia semuanya gratis, bahkan kalian dapat memilih bentuk latihannya dari mulai cardio, strenght, power, agility dan flexibility dengan pilihan level 1 sampai 10. Kalian juga dapat memilih menggunakan alat bantu dari mulai ViPRTM, Kettlebell, BOSUTM Ball, TRXTM, sampai Battling Rope. Tersedia juga video lengkap untuk mengaplikasikan gerakan. Satu lagi nilai positif dari aplikasi ini ialah, kalian tidak perlu menggunakan VPN untuk menggunakannya, namun untuk proses pengunduhannya tetap hanya bisa di AppStore dan PlayStore.

 

  1. 趣游泳 (qù yóuyǒng)

Nah sobat sekalian, sekarang giliran aplikasi buatan Tiongkok ya. Ayo, coba ngaku siapa yang belum bisa berenang? Jangan risau ya kawan-kawan. Ini dia aplikasi yang bisa membuat kamu tahu teknik-teknik dasar dan pengembangan dalam olahraga renang dari mulai gaya dada, gaya bebas, gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Tapi gaya batu tidak ada ya kawan, apalagi gaya yang selangit. Selain itu tampilannya yang simple dan mudah diakses pun jadi nilai tersendiri untuk menunjang pembelajaran renang kalian. Kalian bisa unduh aplikasi ini melalui 应用宝, dan tidak perlu mengaktifkan VPN kalian. Kalian juga bisa hubungkan aplikasi ini dengan akun WeChat kalian loh, buat sedikit sombong ke teman-teman kalian. Namun sayangnya untuk kalian yang bahasa Mandarinnya masih 不太好 ataupun yang masih 马马虎虎, aplikasi ini hanya dapat menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa pengantarnya.

 

  1. HYBRID INTERVAL TIMER

Siapa yang edisi lalu membaca rubrik mengenai metode TABATA? Nah, aplikasi ini bisa kalian gunakan untuk menunjang program latihan dengan metode Tabata kalian loh. Aplikasi ini sangat sederhana, fungsinya yaitu seperti stopwatch yang mengingatkan kalian waktu dengan aba-aba untuk warming up, exercise, rest,dan cooldown. Mungkin terlihat biasa saja, namun aplikasi ini dapat membantu kalian fokus terhadap latihan kalian tanpa menghiraukan waktu yang tersisa. Aplikasi ini tak memerlukan data internet untuk penggunaannya, otomatis kalian tidak perlu menggunakan VPN juga. Aplikasi ini dapat kalian unduh di AppStore dan PlayStore dan hanya membutuhkan ruang memori sedikit saja.

 

Nah, itu dia kelima aplikasi penunjang olahraga yang penulis rekomendasikan untuk memberikan kemudahan dalam mewujudkan impian kalian memiliki badan yang ideal dan aduhai. Terlepas dari cocok dan tidaknya aplikasi tersebut dengan program kalian, silahkan isi masukan kalian di kolom komentar. Atau kalian juga punya aplikasi favorit masing-masing untuk aktifitas kalian bisa di-share juga disini, supaya temen-teman yang lain ikut terbantu pula. Tetap semangat dalam berlatih, dan ingatlah WINNER NEVER QUIT, QUITTER NEVER WINS. Sampai jumpa di rubrik selanjutnya.

Salam Olahraga!

 

(sumber gambar: Google)

 

Iqbal Indra Awaludin

Master of Sport Coaching and Physical Education

Beijing Sport University

Personal Trainer, Sport masseur, Sport Nutritionist, Aerobics Dance Instructor

Leave a Reply

Your email address will not be published.