Langkah Kecil Aksi Nyata

Selasa, (14/08), Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok cabang Chongqing melakukan kegiatan bakti sosial “We Care for Others Project” yang diselenggarakan di dua tempat yakni, Rumah Harapan dan Panti Asuhan Jabal Rahmah di Kota Makassar.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan PPIT Chongqing, dan pada tahun ini PPIT Chongqing bekerjasama dengan organisasi keagamaan di Chongqing seperti Himpunan Mahasiswa Muslim Indonesia (HMI), Indonesian Fire Group (IFG), Ikatan Pelajar Muslim Indonesia (IPMI) dan Organisasi Buddhis Manggala Chongqing (OBM) untuk melakukan Aksi Sosial di Indonesia khususnya daerah Makassar yang bertemakan “ Langkah Kecil Aksi Nyata “ dan dihadiri oleh 25 peserta, juga dihadiri oleh Bagas Deka Kurtianto selaku perwakilan PPI Tiongkok Pusat yang turut membantu dalam acara bakti sosial ini.

Bakti sosial pertama diadakan di Rumah Harapan Makassar, sebuah rumah singgah untuk anak-anak yang mengidap penyakit dari keluarga dengan ekonomi menengah ke bawah yang berasal dari luar Makassar, lalu dirujuk untuk berobat atau rawat jalan di rumah sakit di Makassar.

PPIT Chongqing mengadakan kegiatan berupa bernyanyi bersama sambil membagikan bingkisan berupa makanan dan alat tulis, mengajarkan berhitung dalam Bahasa Inggris dan Mandarin, mengajak adik-adik Rumah Harapan untuk menempelkan cita-cita pada pohon harapan, mewarnai bersama, serta memberikan hadiah kepada 3 pemenang terbaik.

“Terimakasih yang sebesar-besarnya bagi donator dan berharap ini bukan yang pertama dan terakhir kakak-kakak dari China berkunjung di Rumah Harapan, setiap hari pintu Rumah Harapan selalu terbuka buat kakak-kakak yang mau datang menjenguk adik-adik di Rumah Harapan.” Ujar Bapak Saprilla selaku perwakilan Rumah Harapan.

Bakti sosial kedua diadakan di Panti Asuhan Jabal Rahmah. Panti Asuhan yang didirikan pada tahun 2003, sampai saat ini status tanah panti masih berstatus kontrak membuat pemilik panti khawatir dengan kelangsungan hidup 50 anak yatim piatu yang bernaung.

Kegiatan serupa dilakukan di tempat kedua, dengan tambahan kegiatan perlombaan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia berupa lomba makan kerupuk untuk anak SD panti asuhan, lomba membawa kelereng diatas sendok untuk anak SMP panti asuhan dan lomba menggerakkan bola dengan botol berisi air yang diikat pada pinggang peserta untuk anak SMA panti asuhan.

“Ibu beserta perwakilan panti asuhan lainnya bersyukur karena tanpa disadari kegiatan-kegiatan kecil yang diselenggarakan baik itu permainan, belajar-mengajar sangatlah bermanfaat bagi adik-adik di Panti Asuhan Jabal Rahma. Saya melihat anak-anak bahagia bertemu orang-orang baru, sehingga saya berharap kita dapat bertemu di lain kesempatan lagi.” Tutup salah satu perwakilan Panti Asuhan Jabal Rahmah,

Sebelum berpisah, panitia beserta para volunteers juga membagikan makanan kepada adik-adik yang disertai dengan foto bersama. Tepat pukul 17 WITA, acara bakti sosial “We Care for Others Project” telah resmi ditutup.

Penulis,
Tri Widya Rahayu Hastuti Syahra – Kedokteran MBBS – Chongqing Medical University

Leave a Reply

Your email address will not be published.