Panduan Verifikasi Ijazah CDGDC

Mengenal CDGDC

China Academic Degree and Graduate Education Development Center atau yang lebih dikenal CDGDC adalah lembaga untuk memverifikasi ijazah di China.  Lembaga ini berwenang memverifikasi keabsahan ijazah dan sertifikat yang dikeluarkan oleh pemerintah China melalui departemen pendidikan.

Apa saja yang perlu diverifikasi di CDGDC?

Semua jenis ijazah dan sertifikat yang dikeluarkan oleh pemerintah China melalui departemen pendidikan membutuhkan verifikasi CDGDC, seperti ijazah kelulusan, ijazah gelar, transkip nilai, dan sertifikat keahlian. Verifikasi semua jenis ijazah dan sertifikat tersebut dibutuhkan untuk semua jenjang pendidikan tinggi di China, baik program sarjana, master, maupun doktoral. Verifikasi tersebut bisa dilakukan pada salah satu jenis ijazah saja, CDGDC tidak mengharuskan semua jenis ijazah untuk diverifikasi.

Mengapa mahasiswa Indonesia membutuhkan verifikasi CDGDC?

Bagi mahasiswa Indonesia yang lulus dari perguruan tinggi di China, verifikasi CDGDC menjadi amat penting karena merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi untuk mendapat surat keterangan kuliah di China dari KBRI Beijing dan penyetaraan ijazah dari  KEMENRISTEKDIKTI.

Bagaimana cara verifikasi ijazah di CDGDC?

Verifikasi ijazah di CDGDC bisa dilakukan secara online di halaman website CDGDC. Anda terlebih dahulu diminta untuk membuat akun dengan menggunakan alamat email di  http://www.chinadegrees.cn/cqva/gateway.html  untuk kemudian masuk ke akun tersebut. Setelah anda masuk ke akun anda maka tampilannya akan seperti di bawah ini. Untuk melanjutkan ke langkah berikutnya anda harus klik tombol warna biru di bawah.

 

 

Setelah meng-klik tombol warna biru selanjutnya anda akan menemukan halaman seperti di bawah ini. Terdapat 4 tahap yang harus anda selesaikan untuk mendaftar verifikasi ijazah di CDGDC. Tahap pertama adalah pengisian data diri (个人信息). Pastikan anda mengisi dengan benar agar tidak terjadi kesalahan tulis pada hasil yang akan anda terima.

 

 

Hal yang perlu anda cermati adalah penulisan nama pada formulir data diri. Pada formulir data diri terdapat dua kolom nama yang harus anda isi sesuai dengan nama yang tertera pada ijazah anda.  Akan tetapi pada kolom 拼音名, nama akan muncul secara otomatis bila anda mengisi nama pada证书持有者姓名(中文). Pastikan nama yang muncul pada dua kolom tersebut adalah sama dan sesuai dengan ijazah. Karena untuk mahasiswa asing, nama yang menjadi rujukan penulisan hasil CDGDC adalah yang tertulis di kolom 拼音名.

 

 

Pada tahap kedua anda diminta untuk mengisi data yang ingin anda verifikasi (认证信息) seperti jenjang pendidikan (pilih 高等教育), jenis program (pilih 本科阶段 / 硕士阶段 / 博士阶段), dan jenis ijazah atau sertifikat yang ingin diverifikasi. Umumnya mahasiswa Indonesia ingin memverifikasi 学士学位 dan 本科学习成绩单 untuk jenjang sarjana, 硕士学位 dan 硕士学习成绩单 untuk jenjang S2, serta 博士学位 dan 博士研究生成绩单 untuk jenjang S3. Cara mengisinya adalah sebagaimana gambar di bawah ini.

 

 

Kemudian untuk 认证报告类型, agar mendapatkan hasil verifikasi yang berbahasa Inggris anda harus memilih poin no 2 yaitu 学术学位证书英文认证报告 dengan biaya 260 yuan. Untuk verifikasi transkip nilai anda harus memilih 学习成绩单英文认证报告dengan biaya 360. Dan bila anda menghendaki ijazah tersebut ditranslate ke bahasa Inggris, anda dapat mencentang poin 需要翻译dengan biaya 150 yuan. Menurut hemat penulis, anda tidak perlu men-translate ijazah anda di CDGDC karena masing-masing kampus di China akan mengeluarkan ijazah dalam dua bahasa bagi mahasiswa asing.

 

 

证书号 adalah nomor ijazah yang harus anda isi sesuai dengan nomor yang tertera di ijazah anda. Pastikan nomor yang anda tulis adalah nomor ijazah yang ingin anda verifikasi. Berikutnya anda diminta untuk meng-upload ijazah yang ingin anda verifikasi.

 

 

Selanjutnya bila anda telah menyelesaikan upload ijazah yang ingin anda verifikasi, anda akan masuk ke tahap ketiga yaitu konfirmasi data dan alamat pengiriman hasil CDGDC (邮递&信息确认). Pada tahap ini anda dapat menambahkan jenis ijazah yang ingin anda verifikasi (diisi bila yang diverifikasi tidak hanya satu ijazah). Bila tidak ada yang ingin ditambahkan anda dapat menekan tombol biru下一步.

 

 

Setelah menekan tombol biru 下一步,anda akan melihat detail data yang telah anda isi pada tahap sebelumnya. Pastikan data yang anda isi benar dengan meng-klik tombol详情. Bila masih ada kesalahan, anda masih bisa memperbaikinya dengan menekan tombol修改申请人信息 di pojok kanan.

 

 

Untuk menghemat waktu, sebaiknya hasil verifikasi CDGDC langsung anda kirimkan ke KBRI Beijing untuk kemudian dibuatkan surat keterangan kuliah oleh Atase Pendidikan. Alamat KBRI Beijing akan muncul secara otomatis bila anda mengetik kode 0062 pada报告接收机构. Bila anda membutuhkan ekstra copy hasil verifikasi CDGDC, anda dapat mengganti angka 1 pada报告套数 menjadi angka 2 dengan biaya 50 yuan per ekstra copy. Setelah anda mengisi lengkap dan memastikan kebenaran datanya, anda dapat masuk ke tahap 4 yaitu pembayaran dengan menekan tombol biru di kanan bawah 信息录入完毕,提交申请单.  Jumlah biaya yang harus anda bayar akan terakumulasi secara otomatis sesuai dengan jenis verifikasi yang anda pilih ditambah ekstra copy (jika ada) dan biaya ongkir ke KBRI sebesar 14 yuan.

 

 

Setelah proses pembayaran selesai, biasanya anda akan mendapatkan sms atau email dari CDGDC tentang berapa lama proses verifikasi akan berlangsung, umumnya adalah 18-20 hari kerja. Jangan lupa untuk terus memantau akun CDGDC anda selama masa verifikasi. Bila ada data yang kurang lengkap, CDGDC akan menyampaikan pesan melalui akun anda.

Selanjutnya setelah anda menyelesaikan proses verifikasi di CDGDC dan mendapat surat keterangan kuliah dari KBRI, kemudian ijazah anda masih membutuhkan penyetaraan di KEMENRISTEKDIKTI setibanya anda di Indonesia.

Mengapa masih membutuhkan penyetaraan di KEMENRISTEKDIKTI?

Penyetaraan ijazah di KEMENRISTEK DIKTI bukan dimaksudkan untuk menentukan diakui atau tidaknya ijazah dan gelar yang diperoleh seseorang dalam menempuh pendidikannya di luar negeri, akan tetapi lebih kepada menentukan gelar yang diperoleh tersebut setara dengan ijazah jenjang pendidikan yang berlaku di Indonesia. Beberapa hal penting yang akan dilihat dan diklarifikasi dalam proses penyetaraan ini antara lain adalah sistem akademik, jumlah kredit yang diambil, masa studi, kualitas tugas akhir, masa tinggal di tempat dimana pendidikan tersebut ditempuh. Untuk mengetahui persyaratan penyetaraan di KEMENRISTEKDIKTI anda dapat membuka halaman website http://ijazahln.ristekdikti.go.id/ijazahln/site/syarat.html.

 

 

Ditulis oleh Hilyatu Millati Rusdiyah, Kepala Pusat Kajian Strategis (PuKat) Belt and Road Initiative, Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok dan Pimpinan Umum Tabloid Studi Tiongkok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.