Patriotisme Tanpa Batas

(24-25/08/18) – Semangat Kemerdekaan para Mahasiswa Indonesia di Tiongkok tidak kalah dengan antusiasme masyarakat Indonesia di Tanah Air dalam menyambut perhelatan 17 Agustus di tahun 2018 ini.

Di Hari Kemerdekaan Indonesia ke 73, dengan mengusung tema “Patriotisme Tanpa Batas”, Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok Ranting Huangshi mengadakan perlombaan 17-an yang dilaksanakan di wilayah kampus Hubei Polytechnic University. Rangkaian acara yang dimulai sejak tanggal 24 hingga 25 Agustus 2018 ini bertujuan untuk mempersatukan rasa Nasionalisme mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh pendidikan di Tiongkok.

Sejumlah 11 jenis cabang lomba yang diperlombakan dalam kegiatan ini, di antaranya berupa permainan khas Indonesia seperti lari kelereng, sepak sarung, makan kerupuk, isi air dalam botol,  pancing paku serta balapan bakiak. Kemudian lomba lainnya berupa cari koin dalam tepung, dragon ball, sepak takraw, dan tarik tambang.

Totalitas lomba pun terlihat dari berbagai perlengkapan serta kebutuhan perlombaan yang dibawa langsung oleh para panitia sepulang dari Indonesia. Adapun untuk penentuan lomba sudah pasti tidak lepas dari pengalaman sewaktu masih merasakan perayaan 17 Agustus di Indonesia kemarin. Dan tentu menjadi pengalaman menarik untuk bisa merasakan Perjuangan Kemerdekaan walau hanya ikut serta mengikuti perlombaan yang mempersatukan rasa solidaritas serta patriotisme terhadap jasa para Pahlawan Kemerdekaan. Di sisi lain mengenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat lokal juga menjadi salah satu tujuan diadakannya kegiatan ini.

“Perasaan saya sangat bangga dengan adanya acara ini kita bisa membawakan nama baik  Indonesia di kancah Internasional. Ini merupakan implementasi kecintaan kita terhadap bumi pertiwi Indonesia, meskipun kita berada di luar negeri, berada di ribuan kilometer dari Indonesia tetapi hati dan sanubari kita tetap cinta Indonesia, karena sejatinya kita? Indonesia,” ujar Febryhalim selaku ketua panitia pelaksana lomba 17-an di Kota Huangshi.

Muhammad Prayoga selaku penanggungjawab kegiatan dari divisi Olahraga PPITW Ranting Huangshi juga mengatakan mendapat kesan seru sekaligus bangga karna baru pertama kali merayakan kemerdekaan Indonesia di negeri orang dan kegiatan ini adalah kegiatan pertama kalinya yg diadakan oleh PPIT Huangshi.

Pembagian hadiah kepada para pemenang serta sesi foto bersama seluruh peserta dan panitia menjadi akhir dari kegiatan perlombaan 17-an oleh para pelajar di kota Huangshi.

Sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi pelajar Indonesia di negeri Tiongkok, bahwa sportifitas serta semangat Persatuan Kemerdekaan akan tetap berkibar dengan diadakannya kegiatan bertajuk 17-an ini. Rasa lelah dalam keseruan lomba terbayar dengan suksesnya acara ini, dan juga kegiatan ini akan menjadi semangat awal untuk tetap menghargai serta menghormati jasa para Pahlawan Kemerdekaan walau jauh di negeri orang.

 

Penulis

Achmad Syafi’I Arifin Bando, MBBS Hubei Polytechnic University

Leave a Reply

Your email address will not be published.