Permisi Eksis Lestarikan Budaya Indonesia di Tiongkok

22 April 2018

Xiamen, ya begitu mendengar kota ini, yang terlintas di benak saya adalah kota yang bersih, nyaman dan terkenal sekali dengan mahasiswa Indonesia yang berada di kota tersebut. Bagaimana tidak? Saking banyaknya mahasiswa dan mahasiswi Indonesia di Xiamen, yang tidak hanya menempuh studi di sana, tetapi juga ikut melestarikan budaya bangsa dengan mengikuti berbagai macam kegiatan. Di Xiamen sendiri, ada komunitas pelajar Indonesia yang bergerak di bidang seni, bernama Permisi.Permisi didirikan sejak 1 juli 2016, dan ternyata dalam waktu kurang lebih 2 tahun Permisi berhasil mengembangkan serta memfasilitasi talenta-talenta seni murid-murid Indonesia. Mereka sering diundang untuk tampil di banyak event besar loh, yuk kita intip, apa saja kegiatan seru yang mereka ikutin.

South East Asia Culture Night,(SE Asia Culture Night)

SE Asia Culture Night adalah kegiatan pertukaran budaya antar Negara tetangga.Acara ini bertemakan “One World, One Family”, ternyata tema ini didasari asas “The Belt and Road” dan diadakan sekaligus untuk merayakan ulang tahun ke 50 berdirinya Negara Asean.Acara ini diikuti oleh 6 organisasi mahasiswa Negara Asean,yakni Indonesia sebagai penyelenggara, Thailand, Filipina, Laos, Malaysia dan Myanmar.masing-masing perwakilan Negara tersebut menampilkan adat, tari tradisional, lagu daerah dan seni budaya lainnya.Indonesia sendiri menampilkan Tari Jaranang (untuk mengiring masuk nya Reog).Ini dia penampilan-penampilan mereka di event ini.

Tidak hanya itu, ternyata pada tanggal 2 Desember 2017, Group Tari Permisi mendapat kesempatan untuk menunjukkan kemampuan-nya di panggung acara  “推广精彩印尼”. Acara ini di selenggarakan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia.Acara  yang diadakan di kota Shanghai dan Hangzhou ini berlangsung  selama 3 hari,tentu saja acara ini mendapat respon yang cukup baik dari masyarakat Tiongkok, bahkan dengan adanya anak-anak Permisi yang turut meramaikan acara ini, banyak masyarakat Tiongkok yang semakin mengenal kebudayaan Indonesia dan indahnya Pariwisata di Indonesia.Anak anak Permisi menampilkan beberapa tampilan, antara lain:

Tari Gelangroom, Tari Jaipong, Tari Cendrawasih, Tari Capik Ngancak.

Inilah beberapa penampilan Permisi yang berhasil menarik masyarakat Tiongkok untuk mengenal lagi budaya Indonesia.Menarik bukan? walaupun jauh dari kampung halaman tercinta, kecintaan pada budaya Indonesia tetap melekat di hati mahasiswa/mahasiswi Indonesia tersebut. Yuk kita juga contoh kecintaan mereka terhadap Indonesia, mari lestarikan kesenian dan kebudayaan Indonesia!

Oleh Departemen Seni Budaya PPIT 2017-2018

Leave a Reply:

Your email address will not be published.