PPI Tiongkok Media Visit ke Kantor Republika


Pada Hari Rabu (30/08), Pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok melakukan Media Visit ke Kantor Republika Online. Kunjungan tersebut adalah untuk bersilaturahmi kepada salah satu media yang ada di Jakarta selama masa Liburan musim panas bagi para pelajar Indonesia di Tiongkok.

Kujungan yang diadakan pada siang hari itu diterima langsung oleh Pimpinan Republika online, Elba Damhuri dan Redaktur Republika.co.id, Karta Raharja Ucu.

Pada kunjungan tersebut, Tim dari Pusat Media dan Komunikasi PPIT yang diwakili oleh Retha, Regra, Dewanti, Nadiva, Elke, dan Tiffani  sharing mengenai kehidupan dan kegiatan mahasiswa Indonesia di Tiongkok. Selain itu, Tim Pusmedkom PPIT  juga sharing mengenai informasi beasiswa untuk studi di Tiongkok yang saat ini sedang banyak-banyaknya.

Ketua Umum PPI Tiongkok, Fadlan Muzakki menyampaikan bahwa ingin bermitra dengan Republika kedepannya, sehingga kami dapat memberikan informasi-informasi yang akurat mengenai kehidupan di Tiongkok.

“ Pelajar Indonesia di Tiongkok sangat takut jika menjelang tahun politik ini, kami yang paling dirugikan dengan berita-berita yang tidak benar karena biasanya isu “Anti-Chinese Sentiment” selalu jadi bahan empuk saat kontestasi politik berlangsung. Dengan berkerjasama dan bermitra, maka kami dapat memberikan informasi yang akurat ketika ada isu-isu hoax,” tutur Fadlan.

Hal ini disambut baik oleh pihak Republika,  “Ini kita senang sekali mas Fadlan,  bisa kerja sama nantinya.  Pengalaman kuliah di China juga menarik  untuk dimuat ke kita,” tanggapan pak Elba setelah kami jelaskan maksud kedatangan  kami.

Mengenai pemberitaan Republika tentang Pelajar Indonesia di Tiongkok beberapa waktu lalu, Fadlan memandang bahwa itu adalah hal yang perlu dijadikan pelajaran karena mungkin ada salah paham, atau bahkan salah translate. “Oleh karena itu saya mengajak para pengurus PPIT berkunjung ke kantor Republika agar nantinya tidak ada kesalahpahaman  kedepan dan dapat membantu memberikan info yang akurat,” ungkap Fadlan.

Selain itu, PPI Tiongkok juga mengundang Republika untuk hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Tengah Tahun (RKTT) pada bulan Oktober 2018 dan Simposium PPI Kawasan Asia Aseania tahun 2019 mendatang.

 

Nadiva

Zhejiang University

Divisi Tabloid, Pusmedkom

Leave a Reply

Your email address will not be published.