PPIT Cabang Nanchang Cetak Generasi Baru

Sukses atau tidaknya sebuah  organisasi dapat diukur dari kesuksesannya dalam proses kaderisasi internal yang di kembangkannya. Karena, wujud dari keberlanjutan organisasi adalah munculnya kader-kader yang memiliki kapabilitas dan komitmen terhadap dinamika organisasi”.

Sama seperti organisasi-organisasi pengkaderan lainnya, PPIT Nanchang pun setiap tahunnya melakukan regenerasi, dimana regenerasi ini merupakan kebutuhan internal organisasi yang wajib dilakukan. Layaknya sebuah hukum alam, ada proses perputaran dan pergantian disana. Bung Hatta juga pernah mengatakan “…bahwa kaderisasi sama artinya dengan menanam bibit untuk menghasilkan pemimpin bangsa di masa depan, pemimpin pada masanya harus menanam.” Dari proses kaderisasi inilah sebuah organisasi dapat menemukan bibit-bibit unggul yang mampu menawarkan visi-misi baru, memikat serta menawarkan romantika dinamika organisasi, sehingga mereka dengan senang hati mencurahkan segenap potensinya dalam memajukan organisasi.

 

Rapat Umum VI PPIT Cabang Nanchang

Sebanyak 31 dari total 63 mahasiswa Indonesia yang tersebar di empat kampus yang berada di Kota Nanchang, yang diantaranya adalah Universitas Nanchang, Universitas Normal Jiangxi, Universitas Chinese Traditional Medical dan Jiangxi University of Finance and Economics, berkumpul di lantai lima Gedung Lisheng Universitas Nanchang untuk menghadiri rapat umum yang ke VI pada tanggal 12 Mei 2018.

Rapat Umum kali ini terlambat tiga jam dari jadwal yang sudah dijadwalkan karena peserta rapat umum belum mencapai quorum yaitu 37 dari 63 total anggota yang ada di Nanchang. Dengan berbagai usaha yang dilakukan secara maksimal oleh panitia pelaksana untuk menghadirkan peserta rapat umum, pada akhirnya Rapat Umum pun bisa dimulai. Rapat Umum ini kemudian mendemisionerkan pengurus lama setelah menerima Laporan Pertanggung Jawaban pengurus dengan beberapa persyaratan dan mengangkat ketua baru dari hasil pemungutan suara yaitu Sdri Itsna Rahma Fitriani dari Jiangxi University of Finance and Economics yang mempunyai Visi: Bersama dalam keberagaman dengan Harmoni Kekeluargaan serta Misi: Sharing, Caring, Inspiring, Regenerating. Melalui pemungutan kali ini sdri Itsna berhasil mendapatkan 24 suara, sementara sdr. Vandy Hoswar dari Universitas Normal Jiangxi berhasil mendapatkan  6 suara dan 1 suara abstain.

Pelantikan dan Rapat Program Kerja PPIT Cabang Nanchang

Tiga  minggu kemudian tepatnya pada Tanggal 2 Juni 2018, setelah pembentukan pengurus dan SK Ketua umum telah diterbitkan oleh Pengurus Pusat, PPIT Nanchang kembali mengadakan  pelantikan pengurus dan rapat program kerja. Berbeda dengan Rapat Umum, kegiatan ini tidak mewajibkan untuk menghadirkan 2/3 anggota PPIT Nanchang tetapi hanya dihadiri oleh pengurus, pembina dan beberapa anggota atau warga. Pengurus dilantik langsung oleh Ketua Umum PPIT 2018-2020, sdr. Fadlan Muzakki dengan membacakan sumpah pengurus, penandatangan berita acara pelantikan dan penyerahan SK Ketua terpilih. Setelah jeda shalat duhur, acara kemudian dilajutkan dengan rapat program kerja pengurus. Dengan  menerima masukan dari peserta rapat serta merujuk pada rekomendasi program kerja yang disahkan pada Rapat Umum, maka berbagai proker andalan telah dicetuskan,  salah satunya adalah melaksanakan Upgrading dan TOT untuk pengurus dengan mengusung tema“Meningkatkan Semangat Kreativitas dan Profesionalitas dalam Organisasi”. Acara ini diakhiri dengan buka puasa bersama ketua Umum PPIT bersama warga di Nanchang yang bertempat di lantai 12 gedung International Exchange College, Universitas Nanchang.

Upgrading dan TOT Pengurus PPIT Cabang Nanchang.

Tujuh tahun sejak PPIT Nanchang berdiri, ini adalah kali pertama Upgrading dan TOT dilaksanakan untuk memberikan pelatihan dan bekal kepada pengurus untuk menjadi bekal untuk menjalankan tupoksinya sebagai pengurus PPIT  Nanchang selama satu periode.

Proses kaderisasi PPIT Nanchang yang masih terus berlanjut hingga sekarang ini tidak terlepas dari peran para pendiri PPIT Nanchang dan para Ketua serta pengurus-pengurus sebelumnya yang telah menurunkan ilmu kepada generasi penerus, sehingga ilmu-ilmu keroganisasian tidak terputus hingga hari ini.

Sampai saat ini masih terdapat enam orang pengurus lalu sekaligus para saksi berdirinya PPIT Nanchang pada tahun 2012 yang masih berada di Nanchang. Mereka diantaranya adalah Sitti Marwah (Ketua Umum PPIT Nanchang 2015-2017, Sekretaris Jenderal PPI Tiongkok 2017-2018) yang membawakan materi Manajemen dan Perilaku organisasi serta Pedoman Administrasi Kesekretariatan PPI Tiongkok; Dwiwanti Riza (Sekretaris Umum PPIT Cabang Nanchang 2015-2017, anggota dewan pembina PPIT Nanchang 2017-2018 dan ketua dewan pembina PPIT Nanchang 2018-2019 ) yang membawakan materi Peraturan Organisasi dan Pembendaharaan dalam organisasi; Arini Junaeny (koordinator Devisi Sosial Infokom PPIT Nanchang 2014-2015, wakil ketua PPIT Nanchang 2015-2017, anggota devisi sosbud PPI Dunia 2017-2018) yang membawakan materi persidangan dan Simulasi sidang Istimewa; Marvilo J. N jacob (Kordinator sosial Infokom PPIT Nanchang 2015-2017) yang membawakan materi problem solving; Elvira Septevany (koordinator Divisi Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan PPIT Nanchang Periode 2015-2017) yang membawakan materi Manajemen Waktu; terakhir Muh. Riezal Adam (Koordinator wirausaha PPIT Nanchang 2015-2017) yang menjadi pemantik pada Focus Discussion Group yang membahas mengenai isu-isu terbaru yang dihadapi saat ini.

 

“Merasakan kehidupan 5 tahun di Tiongkok bukan perjalanan yang sederhana. Menduduki organisasi yang berbeda membawa nuansa yang berbeda, dan telah mengubah diri saya menjadi lebih baik. Bergabung bersama PPIT Nanchang sejak didirikannya 7 tahun yang lalu hingga saat ini dan bergabung dengan PPI Dunia menjadikan pengetahuan saya semakin luas, pengalaman makin bertambah dan kekurangan saya semakin menipis. PPI memperlihatkan saya bahwa tidak semua organisasi itu sama persis, tetapi perbedaan inilah yang selalu menambah dan memperbaiki kualitas diri,” ungkap Arini Junaeny.

Dengan adanya Upgrading dan TOT ini diharapkan dapat memberikan inspirasi serta bekal cukup dan membangun keberanian hati para bibit-bibit baru ini untuk menjalankan estafet kepengurusan sehingga mampu berkarya secara maksimal dan berkomitmen untuk menjalankan visi-misi organisai, karena jatuh bangunnya organisai terletak pada sejauh mana komitmen dan keterlibatan kita secara intens dalam dinamika organisasi. Oleh karena itu diperlukan tanggung jawab  untuk melanjutkan perjuangan organisasi yang telah dirintis oleh para pendahulunya. Kegiatan ini pun mengakhiri tugas kami sebagai generasi “lama” yang ada di Nanchang.

Selamat berkarya adik-adikku tetap semangat menjaga nilai-nilai kesederhanaan, kekeluargaan dan kebermanfaatan yang selama ini menjadi roh PPIT Nanchang. Karena kita tidak perlu sempurna dan besar untuk bisa bermanfaat terhadap sesama.!!!

 

Penulis: Sitti Marwah, Dewan Penasehat PPIT Nanchang, Sekretaris Umum DPO PPI Tiongkok

Leave a Reply

Your email address will not be published.