Ratoh Jaroe untuk Kedua Kalinya

22 April 2018

HANGZHOU(20/10) – Setelah kesuksesan tarian Ratoh Jaroe (Saman) tim Hangzhou di Kongres dan Simposium PPI Tiongkok ke VI, tim Ratoh Jaroe asal Hangzhou berkesempatan untuk tampil di acara 12th China International Leisure Industry Exposition yang diadakan di Hangzhou Peace International Convention&Exhibition Center (杭州和平会展中心). Acara ini berlangsung selama 4 hari dari tanggal 20 Oktober 2017-24 Oktober 2017 yang diikuti oleh banyak negara yang ingin mempromosikan negaranya dibidang pariwisata maupun produksi industri yang dihasilkan. Tim asal Hangzhou berkesempatan untuk tampil di hari pembukaan booth Indonesia.

Karena keterbatasan waktu latihan, divisi Seni Budaya dari PPI Tiongkok Cabang Hangzhou memutuskan untuk mengajak veteran-veteran penari di Kongres dan Simposium untuk ikut berpartisipasi. Latihan hanya sempat dilakukan dalam waktu 10 hari dan itu tidak bisa setiap hari karena beberapa orang juga terhalang waktu ujian dan kelas. Bahkan, latihan pun terkadang dilakukan di kamar atau lorong gedung kelas jika tidak ada ruangan tari tidak ada yang kosong. Keterbatasan ruangan adalah salah satu permasalahan di Hangzhou untuk melakukan latihan.

Proses latihan sendiri tidak mudah karena ilmu tari Ratoh Jaroe yang anak-anak Hangzhou dapatkan hanya dari Mba Eveline yang diajarkan di Kongres dan Simposium yang pada waktu ini sudah lulus sekolah bahasa dari Zhejiang University. Semua peserta yang ikut menari harus mereview gerakan dari awal hingga akhir dan menghafalkan lagu yang ditarikan karena dalam menarikan tarian ini jika bernyanyi sambil menari akan terlihat lebih semangat. Selain itu ditambah lagi dengan kurangnya peserta sehingga harus mengajak satu anggota baru jadi seluruh gerakan harus direview dari awal.

Halangan tersebut bukan alasan untuk tim tari Ratoh Jaroe menyerah. Dengan latihan tekun hingga malam akhirnya seluruh tim bisa menghafalkan seluruh gerakan dan melakukannya dengan sinkron. Bahkan dengan menari, beberapa orang masih bisa bernyanyi dengan semangat. Acara tersebut dihadiri oleh Ibu Konsulat Jenderal Republik Indonesia Shanghai, Siti Nugraha Mauludiah dan Wakil Walikota Hangzhou, Ma Xiao Hui yang juga sempat menghadiri booth Indonesia dan mencicipi aneka produk Indonesia. Akhir acara, seluruh tim tari beserta Ibu Konjen foto bersama Wakil Walikota Hangzhou di depan pagoda bagian depan booth Indonesia.

Penari:

  1. Ellen Lorraine
  2. Evita Geraldine
  3. Fandy Putra Limanto
  4. Flora Bonai
  5. Gabriella Laksono
  6. Marthenchi Sikowai
  7. Michelle Widjaja
  8. Rosalina Gobay
  9. Rosselyna Aprillia Kartini

Oleh: Fandy Putra Limanto

Leave a Reply:

Your email address will not be published.