Sudah kenal Maskot Asian Games 2018 Bhin Bhin, Atung, dan Kaka?

18 July 2018

SUDAH KENAL BHINBHIN, ATUNG, DAN KAKA?

MASKOT ASIAN GAMES XVIII INDONESIA 2018

 

Sejarah Singkat

Asian Games merupakan ajang olahraga empat tahunan yang diikuti oleh Negara-negara yang berada di kawasan Benua Asia. Asian Games pertama kali digelar pada 1951 di New Delhi, India. Diikuti oleh delapan negara yang mana menghasilkan jepang sebagai juara umumnya. Asian Games pertama dihelat dengan delapan cabang olahraga saja diantaranya Renang, Basket, Sepakbola, dsb. Namun jauh sebelum gelaran Asian Games berlangsung, awal mula ajang ini berasal dari ajang olahraga di kawasan Asia kecil yaitu Jepang, Rep. Rakyat Tiongkok, dan Filipina. Namun ajang olahraga di kawasan Asia kecil ini terhenti akibat Perang Dunia II.

Berikut ini adalah daftar tuan rumah Asian Games sejak pertama kali digelar.

Sumber: Wikipedia

Asian Games XVIII Indonesia 2018

Pada tahun ini, Indonesia kembali menjadi tuan rumah untuk ajang olahraga terbesar di Asia untuk yang kedua kalinya, setelah pertama kali menyelenggarakan pada 1962. Asian Games tahun ini merupakan Asian Games yang ke-18. Asian Games kali ini akan dihelat pada 18 Agustus – 3 September 2018. Jakarta dan Palembang ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan event akbar ini. Dipilihnya kedua tempat tersebut karena dianggap telah berpengalaman dalam menyelenggarakan event olahraga International sebelumnya yaitu Sea games pada 2011 lalu. Meskipun demikian hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia karena Asian Games merupakan event dengan level yang lebih tinggi dibandingkan dengan Sea Games. Terdapat 40 Cabang olahraga dengan total 462 nomor pertandingan (sumber: asiangames2018.id)

 

Kalian sudah tahu belum dengan Maskot Asian Games XVIII Indonesia kali ini? Yuk kenalan lebih jauh dengan mereka!

(1). Bhin Bhin

Bhin Bhin adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang merepresentasikan strategi. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua. (sumber: asiangames2018.id)

(2). Atung

Atung adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang merepresentasikan kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta. (sumber: asiangames2018.id)

(3). Kaka

Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus) yang merepresentasikan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang. (sumber: asiangames2018.id)

 

Sudah kenal mereka kan? Nah Sekarang, Ayo dukung dan bantu Indonesia mensukseskan Asian Games XVIII ini agar kita bisa menjadi Bangsa yang lebih baik lagi! Melalui Asian Games kita tunjukan Energy of Asia yang sesungguhnya, dan buktikan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan juga berprestasi!

 

Penulis: Rizky Muhammad Sidik_BSU_Koor Dep Olahraga.

Leave a Reply:

Your email address will not be published.