Salam Sejahtera!

Pertama sekali, saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya atas upaya para pengurus PPI Tiongkok dalam mengundang rekan-rekan mahasiswa dan pelajar di tanah perantauan untuk berpartisipasi aktif melalui kegiatan-kegiatan positif. Sebagaimana dimaklumi, era globalisasi yang kita hadapi saat ini menuntut seluruh pihak untuk memainkan perannya masing-masing secara maksimal, tak terkecuali para generasi muda. Banyak hal yang perlu kita benahi, mulai dari hal yang terkecil hingga ruang lingkup yang lebih luas.

Jadilah generasi muda yang menjadi kebanggaan keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Lanjutkan perjuangan para pendahulu kita dengan terus berkarya dan menjaga nama baik bangsa. Berhati-hatilah dalam meniti jalan menuju kesuksesan, bijaklah dalam mencari kawan, dan jangan sampai jatuh terjerumus ke dalam jurang pergaulan yang negatif. Pepatah bijak mengatakan: “Bermain air basah, bermain api terbakar.”

Manfaatkan masa muda dengan sebaik-sebaiknya, jangan pernah menyia-nyiakannya, sehingga hasilnya dapat dirasakan hingga masa tua nanti. Tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya, raihlah cita-cita setinggi mungkin. Teruslah gali dan kembangkan potensi diri, karena yakinlah, seluruh upaya itu tidak hanya mendatangkan kebaikan kepada diri kita sendiri saat ini, tetapi juga di masa yang akan datang.

Jadilah sosok individu yang mandiri, disiplin, teguh pendirian dan berkarakter. Hidup di era modern bukan berarti harus meninggalkan nilai-nilai luhur yang merupakan jati diri bangsa. Saya yakin generasi muda yang berkualitas akan membawa perubahan ke arah yang lebih baik. Teruslah bangkit dan berprestasi, jangan pernah menyerah dan hanya diam menunggu keajaiban datang.

Untuk PPI Tiongkok, saya memiliki harapan besar agar terus berkembang sebagai organisasi yang menanungi segenap mahasiswa Indonesia di Tiongkok yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya. Saya juga berharap semoga PPI Tiongkok dapat semakin menyuarakan aspirasi para mahasiswa Indonesia dan menjadi mobilisator para mahasiswa di Tiongkok untuk berkontribusi positif baik di kalangan komunitas mahasiswa baik di perantauan maupun tanah air.

Soegeng Rahardjo
Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok Merangkap Mongolia