Webinar Kepenulisan Pengurus Internal PPI Tiongkok  

13 July 2018

Webinar Kepenulisan Pengurus Internal PPI Tiongkok

Oleh: Auliya Fitri Nur Laili

Tahu kau mengapa aku sayangi kau lebih dari siapapun?  karena kau menulis.Suaramu takkan padam ditelan angin, akan abadi, sampai jauh, jauh dikemudian hari.” – Pramoedya Ananta Toer, Child of All Nations.

Rabu, 11 Juni 2018, Tim Publikasi yang tergabung dalam lembaga pusat media dan komunikasi PPI Tiongkok mengadakan Webinar (Seminar Online) kepenulisan yang dikhususkan untuk jajaran pengurus PPI Tiongkok. Webinar mengenai Publikasi Rilis Efektif mengundang narasumber dari kantor berita ANTARA yaitu M. Irfan Ilmie

“Unik dan menarik ya, kebetulan saya baru pertama kali diundang untuk mengisi seminar online yang bertatap muka jarak jauh seperti ini.” Tutur Cak Irfan yang merupakan orang asli Pasuruan, Jawa Timur.

Cak Irfan dengan sangat rinci menyampaikan dan mengupas satu per satu materi, dari  dasar-dasar kepenulisan hingga cara mengembangkan ide-ide hingga pada akhirnya dapat menghasilkan tulisan yang layak dibaca oleh khalayak banyak.

Beliau menuturkan bahwa terdapat 2 model rilis yaitu advertorial (ADV) dan publisitas. Advertorial dapat dipahami sebagai iklan, konten berbayar yang memberikan informasi produk dalam bentuk artikel. Digunakan pemasar untuk menarik konsumen. Sedangkan publisitas ialah publikasi yang menggunakan media massa sebagai sarana penyebarluasan informasi, sifatnya tidak berbayar dan dikemas dalam sajian berita. Keuntungannya yakni mengandung kredibilitas yang lebih tinggi dimata khalayak dibandingkan advertorial, karena informasi yang diberikan adalah fakta yang tidak direkayasa.

Selain itu, beliau juga menjelaskan cara-cara agar rilis menjadi efektif yaitu dengan menjalin komunikasi dengan media massa dan media social, mengadakan komunikasi timbal baik dengan media dan menerima masukan dari media, memberikan berita sesuai fakta serta menjaga sensitivitas dengan tetap manjaga citra positif suatu lembaga atau organisasi. Adapun yang harus dihindari adalah mengirimkan rilis hanya ketika ada berita besar dan menjalin hubungan dengan media ketika perusahaan sedang ada masalah saja.

Agar tulisan layak muat, dapat mengikuti tips-tips berikut ini. Pertama, gunakan konsep Piramida terbalik: sebuah konsep, formula, struktur, atau pola penulisan berita, yaitu informasi yang paling menarik dan penting ditempatkan di bagian awal naskah, isi, atau tubuh berita (news body). Kedua, Berikan judul yang menarik. Ketiga, urutan SPOK & 5W+1H. Terakhir, cantumkan nama dan kontak narahubung atau pembuat rilis .

“Menulis itu harus rajin membaca, mendegar dan melihat berita yang berasal dari lingkungan, fakta lapangan, ataupun wawancara secara langsung.” Tambahnya.

Tema yang diangkat dalam webinar kali ini guna menjawab dan memberikan bekal ilmu kepada seluruh pengurus yang selama ini memiliki antusiasme dalam menulis, baik secara pribadi maupun lembaga, namun masih terdapat beberapa kekeliruan secara teknis. Untuk itu setelah diadakan webinar ini, dapat meningkatkan semangat menulis dan kualitas tulisan dari seluruh jajaran pengurus. Selamat Menulis.

Salam Perhimpunan!

Download PDF Panduan Penulisan

Leave a Reply:

Your email address will not be published.