7 Tips Cara Belajar Efektif untuk Mahasiswa Super Sibuk

29 December 2018

Halo sobat pelajar dan mahasiswa di seluruh penjuru Tiongkok maupun di luar Tiongkok.  Di dalam dunia perkuliahan kita dikenalkan pada dua tipe mahasiswa yaitu “Mahasiswa Kupu-kupu” (kuliah-pulang-kuliah-pulang) dan “Mahasiswa Kura-kura” (kuliah-rapat-kuliah-rapat). Bagi beberapa orang, kuliah adalah prioritas utama yang harus diperhatikan sehingga mereka enggan menambah kegiatan diluar hal perkuliahan. Ada juga yang berpikir urusan kuliah saja sudah rumit apalagi jika ditambah hal-hal lainnya. Hal-hal inilah yang menjadikan beberapa mahasiswa memilih untuk menjadi “Mahasiswa Kupu-Kupu”.

Namun, hal itu bukan alasan untuk kita menjadi anti-sosial dan apatis terhadap kegiatan di luar perkuliahan. Ikut berpartisipasi dalam organisasi-organisasi dan perkumpulan mahasiswa diluar perkuliahan ternyata banyak memberikan manfaat, diantaranya adalah pengalaman yang tidak akan kamu dapatkan di dunia perkuliahan dan juga bertemu banyak orang dari berbagai macam background yang bagus untuk koneksi dan relasi kamu di masa depan.

Mahasiswa yang aktif dengan kegiatan-kegiatan kampus dan diluar kampus inilah yang dimaksud dengan “Mahasiswa Kura-Kura”. Menjadi “mahasiswa kura-kura” memang banyak manfaatnya, namun tetap ada konsekuensinya. Banyak dari mereka yang keteteran dengan dunia perkuliahan. Lantas, bagaimana cara kamu membagi waktu agar tetap bisa seimbang antara rapat, mengerjakan tugas dengan belajar? Disini akan dipaparkan beberapa tips cara belajar efektif untuk mahasiswa super sibuk.

  1. Membuat Skala Prioritas Tugas

 

Source : https://thpunila.files.wordpress.com/2018/07/tips-mengatur-prioritas-antara-kuliah-organisasi-bisnis-dan-me-time-2.jpg?w=840

Catatlah semua tugas perkuliahan bersamaan dengan deadlinenya. Manfaat dari membuat sekala prioritas kamu bisa menentukan yang mana bisa kamu kerjakan terlebih dahulu dan juga dapat memperingatkan kamu untuk tidak bersantai-santai agar tidak mengerjakan tugas tersebut di penghujung deadline.

Dengan membuat skala prioritas tugas, kamu tidak perlu begadang setiap hari hanya untuk menyelesaikan pekerjaan kuliah. Hidupmu juga akan menjadi lebih teratur. Kamu juga jadi lebih mudah dalam menyeimbangkan kehidupan perkuliahanmu dan juga kegiatan-kegiatan diluar perkuliahan.

  1. Cari waktu belajar di tengah kesibukan

Jika aktivitasmu mulai dari bangun tidur hingga hampir tidur lagi seakan tanpa henti, kamu dapat mencari-cari celah waktu belajar. Pastikan bahwa kamu sudah mengetahui gaya belajar yang dimiliki, sehingga ketika harus kembali belajar akan menjadi jauh lebih mudah. Tentunya kamu harus menyadari kesibukanmu terlebih dahulu agar ketika waktu perkuliahan berlangsung kamu bisa menerapkan tips dan trik seperti merekam penjelasan dari dosen, selalu duduk di kursi depan, meminta materi slide power point dosen dll.

  1. Manfaatkan waktu emas di pagi hari

Banyak yang mengatakan bahwa waktu terbaik untuk belajar adalah pagi hari ketika matahari belum terbit. Jika kamu sering melakukan ibadah pada sepertiga malam, tidak ada salahnya untuk meneruskan aktivitas belajar setelahnya. Belajar di waktu pagi akan membuatmu lebih fokus dan terhindar dari gangguan-gangguan seperti sms masuk, telepon, atau chat yang kurang penting. Suasana sepi juga bisa membantumu untuk menghafalkan atau mengulang materi kuliah.

Sources : http://4.bp.blogspot.com/-otiB5N0hYt0/VV3iy5Y1v2I/AAAAAAAABHE/8okpBA9i2Jg/s320/Student-Studying-MPj039974500001.jpg

  1. Sering mengadakan diskusi dengan teman

Buatlah kelompok grup diskusi beranggotakan 4-5 orang di media sosial, kemudian kamu dapat membahas materi perkuliahan yang belum dimengerti atau justru mempelajari materi kuliah yang belum diajarkan, sehingga ketika materi tersebut disampaikan di dalam kelas kamu akan jauh lebih paham. Atau kamu juga bisa melakukan diskusi dimana saja, mulai dari di kantin, ruang kelas sepulang kuliah, di kelas sebelum perkuliahan dimulai, di dorm kalian.

Sources : http://www.indiaeducation.net/imagesvr_ce/5226/group_discussion_listening_skills.jpg

  1. Mereview materi menggunakan caramu sendiri

Biasanya, materi kuliah yang tidak dibaca atau dipelajari lagi akan cenderung mudah dilupakan, sehingga kamu perlu lebih disiplin untuk mengulang materi-materi yang sudah diajarkan tersebut. Salah satu cara untuk mengingat materi adalah dengan membuat rangkuman materi atau hal penting dari materi kuliah menggunakan catatan kecil bergambar, menggunakan highlighter/bolpoin warna atau menggunakan kartu. Selain lebih mudah dihafal, kamu juga dapat membawa catatan tersebut kemana-mana. Semakin menarik catatan yang kamu buat, semangat untuk belajar pun menjadi semakin tinggi.

  1. Memberikan reward dan punishment

Kamu perlu bersikap keras dengan diri sendiri dengan cara memberikan reward atau punishment untuk terus memberi motivasi. Jika kamu berhasil belajar dengan fokus atau berhasil menyelesaikan tugas sebelum deadline, berilah sedikit reward untuk dirimu misalnya dengan tambahan waktu hangout bersama teman. Namun, jika kamu gagal dalam mengatur waktumu maka kamu harus sedikit keras dengan cara menghukum dirimu sendiri.

  1. Menggunakan metode belajar-istirahat

Tidak semua orang bisa terus-menerus fokus jika diminta untuk belajar. Barangkali kamu adalah orang yang merasa baik-baik saja jika harus berhadapan dengan buku seharian penuh, namun bagi orang yang tidak terbiasa, maka hal tersebut akan sangat menyiksa. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memberi jeda antara waktu belajar dengan istirahat, misalnya ketika kamu belajar selama 30 menit, maka jeda istirahat yang dapat kamu luangkan 5 menit.

Sumber : https://mamikos.com/info/cara-belajar-efektif-untuk-mahasiswa-sibuk/

Itulah beberapa tips cara belajar untuk mahasiswa super sibuk, jika dibiasakan dengan baik tentu akan membuat hidupmu menjadi lebih teratur.

SALAM PERHIMPUNAN!

 

Ismaya Tafrijiah Ramli

Departemen Pelajar dan Kemahasiswaan

Leave a Reply:

Your email address will not be published.