Gebrakan Baru PPIT dalam IT

3 November 2018

 

 

 

 

 

Download on Play Store

Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPIT) pada tanggal 1 November 2018 dengan bangga mempersembahkan aplikasi yang diberi nama ‘PPIT Mobile Apps’. Sebuah aplikasi smartphone yang dibuat untuk mempermudah para pengguna mendapatkan informasi tentang para Pelajar Indonesia di Tiongkok.

Di era yang penuh digital dan hasil survey APJII (2016), menunjukan lebih dari 60% koresponden adalah pengguna mobile phone (Android dan Ios). Berdasarkan data tersebut, Pusat media dan Komunikasi PPIT dipimpin oleh Arrival Dwi Sentosa dan Divisi Aplikasi yang dipimpin oleh Desi purwanti bersama tim akhirnya menciptakan sebuah aplikasi yang menampilkan semua hal tentang mahasiswa Indonesia di Tiongkok seperti beasiswa, kegiatan dan acara yang diadakan ataupun yang diikuti oleh mahasiswa di Tiongkok dan lain-lain.

Aplikasi ini memiliki banyak menu, seperti menu berita, yang berisi artikel-artikel berita terbaru dan terakurat yang terkoneksi langsung dengan website. Sehingga para pembaca dengan mudah menikmati semua artikel dari situs website hanya dengan membuka aplikasi. Menu aktivitas, menampilkan foto dan video kegiatan para mahasiswa di semua cabang  dari Region UTARA, Region Timur dan Region Selatan dan terkoneksi langsung  dengan instagram. Ada menu cabang, memberikan informasi seputar cabang dari tiap region seperti alamat website, informasi organisasi. Selain itu juga para pengguna dimudahkan untuk  berkomunikasi dengan tiap pusat atau departemen yang ada di kepengurusan PPIT, dan beberapa menu menarik lainnya. Namun  tidak hanya mendapatkan informasi seputar para mahasiswa di Tiongkok tetapi juga manfaat seperti  dapat mengunduh e-book secara gratis  dan lain-lain.

Djauhari Oratmangun, Duta Besar Republik Indonesia untuk Republika Rakyat Tiongkok dan Monggolia memberikan sambutan atas lahirnya aplikasi ini. “ Saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pengurus PPI Tiongkok yang senantiasa berupaya dan bekerja sama dalam menghimpun para pelajar Indonesia di Tiongkok, untuk melakukan berbagai kegiatan positif…”

Ketua umum PPI Tiongkok, Fadlan Muzakki juga memberikan sambutan “ PPI Tiongkok hadir sebagai wadah bersama bagi para putra-putri bangsa yang sedang menempuh ilmu di Tiongkok , untuk berkolaburasi dan berkontribusi untuk negeri. Sehingga nantinya dapat saling menginspirasi.”

“semoga adanya aplikasi ini bisa menjadi pintu untuk teman-teman memperoleh informasi dengan mudah dan bermanfaat baik yang ada di Tiongkok, yang akan melanjutkan belajar di Tiongkok ataupun yang ingin tahu tentang mahasiswa di Tiongkok” ucap Desi sebagai ketua dalam terbentuknya aplikasi ini.

 

 

Nuratun Nadzifa – Zhejiang University

 

Leave a Reply:

Your email address will not be published.