Kontribusi PPIT Dalam Webinar Ilmuwan International Lawan COVID-19

13 April 2020

Drs. Djauhari Oratmangun dalam sambutannya [tangkapan layar, Fqm]

Indonesia (11/04/2020) – PPIT Pusat Kajian Strategis (PUSKAKAP), ASCEE Tiongkok, bekerjasama dengan KBRI Beijing, Zhongda Hospital-Nanjing; Universitas Sebelas Maret-Surakarta, Indonesia Medika, dan ASCEE Student Branch, mengadakan Webminar dengan tema Fighting Global COVID-19 together with experts from China and Indonesia: Looking at COVID-19 treatment strategy between China and Indonesia.

Acara ini dimulai pada 09.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB dan diikuti oleh ±204 peserta dari dalam dan luar negeri dengan berbagai latar belakang keilmuan yang di dominasi oleh bidang kesehatan. Sedangkan bidang lain seperti sains dan teknologi, ilmu sosial, Ekonomi turut hadir menyemarakkan kegiatan tersebut. Moderator acara dr. Cicilia Marcella, MBBS, M.M mengawali dengan menyapa seluruh peserta dan narasumber yang hadir, juga nyampaikan tentang kilas balik Kolaborasi dari berbagai organisasi seperti PPIT dan ASCEE Tiongkok hingga terlaksananya kegiatan hari ini.

Moderator oleh dr. Cicilia Marcella [tangkapan layar, Fqm]

Kegiatan ini dibuka oleh Yang Mulia Bapak Drs. Djauhari Oratmangun, selaku Duta Besar Luar Biasa untuk Republik Rakyat Tiongkok Merangkap Mongolia. Beliau menyampaikan tentang perkembangan penanganan COVID-19, peta penyebaran virus di Tiongkok, serta berbagai usaha yang telah dilakukan oleh pemerintah melalui KBRI Beijing. Diakhir sambutan, beliau berpesan bahwa pentingnya kolaborasi bersama antar akademisi (Indonesia dan China) dalam mencari solusi tentang pengendalian COVID-19.

Pemateri pertama dr. SongQiao Liu MD [tangkapan layar, Fqm]

Usai pemaparan dari Bapak Drs. Djauhari Oratmangun, dr. SongQiao Liu MD. Ph.D. dari Deputy Director of Critical Care Medicine Department) Zhongda Hospital, Nanjing menyampaikan materi tentang awal bermulanya virus di Wuhan hingga perkembangannya saat ini. Beliau juga memberikan gambaran tentang penanganan kondisi pasien di Tiongkok. Bebagai treatment dijelaskan secara rinci dan terukur, dengan menggunakan bi-lingual. Seluruh pertanyaan dijawab dengan sangat jelas dan peserta semakin antusias dengan cara penyajian beliau di sesi pertama ini.

Pemateri kedua oleh Prof. Dr. dr. Reviono, Sp.P(K) [tangkapan layar, Fqm]

Prof. Dr. dr. Reviono Sp.P(K) yang merupakan Dekan Fakultas Kedokteran, Universitas Negeri Sebelas Maret-Surakarta merupakan pakar di bidang Paru, menjadi pemateri kedua. Beliau menyampaikan tiga poin penting diantaranya adalah (1) bagaimana mengontrol penyebaran COVID-19; (2) hal apa saja yang dibutuhkan oleh pekerja medis dan kesehatan untuk melindungi dirinya dari COVID-19; dan tata cara pengobatan yang dilakukan dengan mereferensi pada pengalaman beberapa pasien di Indonesia. 

Narasumber terakhir adalah dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed, beliau adalah CEO Indonesia Medika. Secara umum di gambarkan tentang kondisi penyebaran COVID-19 di Indonesia dengan mereferensi pada berbagai sumber seperti akademisi kesehatan, dan publikasi ilmiah. Tidak hanya itu, perbandingan penanganan kasus juga disajikan secara faktual dalam rangka memberikan gambaran bahwa dengan seyakin-yakinnya virus ini dapat dikendalikan.

Pemateri ketiga dr. Gamal Albinsaid, M.Biomed [tangkapan layar, Fqm]

Sebagai penutup, senada dengan pesan pemerintah Indonesia bahwa “masyarakat diharapkan ikut membantu mencegah penyebaran COVID-19 dengan cara physical distancing, menghindari pusat keramaian, Work From Home, menggunakan masker, serta mencuci tangan”. Ujar dr. Cicilia yang merupakan PhD candidate in Gastroenterology.

Sesi foto layar diakhir acara [tangkapan layar, Fqm]

Rangkaian acara demi acara berjalan sangat baik dan lancar, serta diakhiri dengan sesi foto bersama dengan seluruh peserta. PPIT Kajian Strategis, ASCEE, serta bersama organisasi yang berada di Tiongkok akan hadir dengan kegiatan berikutnya yang diharapkan terus bermanfaat untuk masyarakat Pendidikan ke depannya. Salam sehat selalu bersama keluarga.

Oleh:
Faqih Ma’arif
Ketua Pusat Kajian Strategis, PPIT Pusat-PUSKAKAP

Leave a Reply:

Your email address will not be published.