Mengenal Manfaat Tanaman Kumis Kucing

4 May 2020

Siapa yang tidak kenal dengan Kumis Kucing? Tanaman dengan bunganya yang berwarna putih ini pasti pernah mengisi kenangan dimasa kecil. Tapi, tahukah kalian bahwa tanaman ini sebenarnya memiliki segudang manfaat kesehatan? 

Orthosiphon Aristatus atau yang biasa dikenal dengan Kumis Kucing termasuk family dari Lamiaceae/Labiatae. Tanaman ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. Tanaman ini merupakan salah satu tanaman obat asli Indonesia yang mempunyai manfaat dan kegunaan yang cukup banyak dalam menanggulangi berbagai penyakit. Kumis Kucing merupakan tanaman obat berupa tumbuhan berbatang basah yang tegak. Tanaman ini dikenal dengan berbagai istilah seperti  Kidney Tea Plants atau istilah Inggrisnya Java Tea, Giri-Giri Marah di Sumatera, Remujung di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan Songot Koneng di Madura. Tanaman Kumis kucing aslinya berasal dari wilayah Afrika tropis, lalu kemudian menyebar ke wilayah Asia dan Australia. Di China, tanaman yang menyerupai kumis dari kucing ini juga dimanfaatkan sebagai ramuan tradisional. Tanaman ini dipercaya sangat berguna untuk kesehatan saluran kandung kemih dan saluran kencing. Selain itu, memiliki manfaat kesehatannya lainnya, seperti:

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi,
  2. Sebagai anti-oksidan dan anti-inflamasi,
  3. Menyembuhkan masalah kandung kemih,
  4. Mengobati gangguan ginjal, infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi saluran kandung kemis, dan mengobati intensifitas buang air kecil,
  5. Mengatur kadar gula darah dalam tubuh
  6. Mengatur kadar glukosa dalam tubuh.

Dari banyaknya manfaat Kumis Kucing bagi kesehatan tubuh dan termasuk bahan obat herbal alami, obat ini tidak boleh gunakan sembarangan, penggunaannya memiliki beberapa cara khusus atau tata cara pemakaian khusus. Di musim pandemi seperti ini ada baiknya kita terbiasa untuk menjaga kesehatan kita secara rutin, karena lebih baik mecegah dari pada mengobati. Kita bisa mulai dengan melakukan olahraga ringan, makan makanan bergizi, dan minum air yang cukup. Di bulan puasa ini mari membiasakan bergerak aktif dan memberikan nutrisi yang cukup agar tubuh kita mampu untuk mengeluarkan toxin dalam tubuh secara alami. 

Healthy live, healthy for everyone!

Penulis:
Aliffio Rizky Novandra Faizal
Nanjiing Institute of Railway Technology

Leave a Reply:

Your email address will not be published.