Ngobrol Seputar Profesi (NGOPI) Series 3.0: Career Opportunities in China

Penulis: Ayu Fitri Rahmawati | Yangzhou Polytechnic College

PPITIONGKOK.org – Menimba ilmu hingga sukses berkarier di Tiongkok tentunya merupakan impian bagi banyak orang. Tiongkok mendapat julukan negara ekonomi terbesar kedua di dunia, dengan sejuta peluang karier dalam segala bidang, yang menjadikan langkah untuk terjun ke dunia profesional di Tiongkok merupakan kesempatan emas. 

Bidang Relasi Alumni Bursa Kerja PPI Tiongkok mengusung tema Career Opportunities in China yang diadakan di Zoom Meeting dan streaming Youtube, dengan menghadirkan narasumber yang sudah berpengalaman tentunya yaitu, Bapak Gandhi Priambodho M.A. selaku Founder dan CEO Red and White China Cultural Development, International Business Development Gentala Institute. Bapak  Jowana Jo selaku Enterprise Support Manager Ningxia Western Cloud Data. Dan Bapak Yulius Saminor S.Pd., M.TCSOL selaku Global Marketing Nox Limited.

Narasumber pertama yaitu Bapak Gandhi yang merupakan ketua pertama Permit Beijing, beliau juga berjasa dalam memperkenalkan Indonesia melalui perusahaan Red and White China Cultural yang mendistribusikan film-film Indonesia ke Tiongkok ataupun sebaliknya. Beliau bercerita bahwa yang menjadi tantangan bisnis di Tiongkok yaitu sistem skrining yang sangat ketat dan kalau ingin mempunyai bisnis di Tiongkok lebih baik menggunakan prosedur legal.  Dan juga dukungan dari KBRI/KJRI dengan pebisnis sangat mensupport sekali, khususnya di bidang budaya.

Selanjutnya ada Bapak  Jowana, yang akrab di sapa Pak Jo ini berbincang tentang peluang kerja di Tiongkok bagi lulusan bidang Teknologi Informasi ‘’Indonesia ini masih butuh dikembangkan lagi dalam bidang IT di berbagai sektor” 

Tips dan trik untuk lulusan fresh gradute khusunya di bidang IT:

  • Sangat memerlukan persiapan
  • Banyak bergaul dengan orang lokal 
  • Bahasa mandarinnya di perlancar

Yang terakhir ada Bapak Yulius, beliau bercerita bahwa tantangan fresh graduate saat memulai karir di Tiongkok adalah kendala bahasa, karena bahasa itu luas sekali. Dan culture kerjanya orang Tiongkok yang sangat kompetitif sekali dan super cepat. Beliau juga berpesan sebelum bekerja di Tiongkok, kalian harus memastikan kepada pihak perusahaan bahwa perusahaan mensponsori dalam pembuatan visa kerja ataupun residen permit. Beliau juga menjelaskan bagaimana cara mengurus visa kerja  :

  1. Working permit notice (apply online, processing time 10-15 days) website addresshttps://fwp.safea.gov.cn/
  2. Working visa Z (apply in visa center, processing 4-5 days)
  3. Working permit card (submit online, processing time 10 days)
  4. Working resident permit (apply online and submit in designated place, processing time 14 days)

Di penghujung acara ada Kak ketrin yang membawakan penampilan alat musik tradisional Tiongkok 古筝 gǔzhēng atau kecapi China dengan sangat pandai.

Salam Perhimpunan!

PPI Tiongkok 2020-2021

Berdaya-Berkarya-Bersama

Leave a Comment

Your email address will not be published.