PERMIT Beijing

Dapatkan informasi lengkapnya di:
This error message is only visible to WordPress admins

Error: No connected account.

Please go to the Instagram Feed settings page to connect an account.

PERMIT Beijing

PERMIT Beijing (Perhimpunan Pelajar dan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok, Beijing) adalah organisasi kemahasiswaan yang resmi berdiri pada tanggal 1 Juni 2008, serta mendapat pengakuan dan perlindungan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tiongkok dan merupakan salah satu organisasi cabang dari PPI Tiongkok.

Dalam dua belas tahun sejarahnya, PERMIT Beijing berhasil menyelenggarakan bermacam-macam kegiatan di berbagai bidang dan menjadi sarana penyaluran minat serta aspirasi bagi seluruh pelajar Indonesia di Beijing. Kegiatan yang pernah dilaksanakan meliputi: Pesta Penyambutan Pelajar Baru, Pekan Olahraga PERMIT, Kompetisi Olahraga Pelajar Asia Tenggara (bekerjasama dengan organisasi mahasiswa dari 10 negara Asia Tenggara lainnya), Seminar Pendidikan, Pameran Kebudayaan dan Kesenian Indonesia, Dompet Peduli, dan lain-lain.

Sejarah

PERMIT Beijing berdiri pada tanggal 1 Juni 2008. Organisasi ini didirikan atas dasar keinginan pelajar-pelajar Indonesia di kota Beijing untuk memiliki suatu wadah penyaluran ide, aspirasi, dan cita-cita dalam bentuk organisasi yang diharapkan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di negeri Tiongkok.

Seiring berjalannya waktu, selain untuk menciptakan dan mengembangkan rasa persaudaraan antarpelajar Indonesia di Beijing, PERMIT Beijing juga bertujuan untuk menciptakan interaksi dan kerjasama membangun, baik yang bersifat internal maupun eksternal, demi kepentingan anggota dan organisasi.

Kegiatan-kegiatan

1. Festival kebudayaan Nusantara

Festival Budaya “Jelajah Nusantara” digelar di Wangfu Music Hall, Central Conservatory of Music, Beijing. Pagelaran yang diselenggarakan oleh KBRI Beijing berkerjasama dengan Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Beijing (Permit Beijing) dan didukung oleh CCOM ini merupakan kegiatan ajang promosi budaya Indonesia yang dibalut apik lengkap dengan sentuhan drama musikal. Sesuai dengan namanya, para penonton yang terdiri atas para duta besar, korps diplomatik negara sahabat, pejabat tinggi Pemerintah RRT, pengusaha ternama, akademisi, kalangan media, asosiasi sosial budaya, diaspora, dan mahasiswa Indonesia di Beijing diajak menyaksikan keindahan tersembunyi budaya Nusantara melalui tarian, musik, lagu dari Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan hingga Maluku.

Dalam festival ini, setidaknya terdapat tujuh tarian, tiga pertunjukan musik (gamelan, orchestra, angklung), dan tiga penampilan lagu dari daerah-daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Tarian Nusantara tersebut meliputi Tari Bajidor Kahot dari Jawa Barat, Tari Burung Enggang dari Kalimantan, Tari Cupak Gerantang dari Bali, Tari Merak asal Jawa Barat, Tari Lenso dari Maluku serta Tari Kinang Kilaras yang merupakan budaya asli Suku Betawi, dan Tari Ratoh Jaroe dari Aceh.

2. Photography Workshop “Capture the Moment”

Beijing3

Pelajar Indonesia di Beijing mengikuti workshop fotografi yang digelar di aula serbaguna Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing. Workshop fotografi yang digagas oleh Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Beijing (PERMIT Beijing) ini merupakan wadah penyaluran minat dan bakat fotografi pelajar Indonesia di Tiongkok, khususnya di Beijing.

Ahyan, selaku ketua pelaksana kegiatan mensosialisasikan tentang pembentukan klub fotografi yang akan menjadi bagian dari PERMIT Beijing. Klub ini diharapkan dapat mewadahi minat fotografi pelajar Indonesia di Beijing.

3. PERMIT SKI

PERMIT SKI 2019, 7 Desember 2019
PERMIT SKI 2019, 7 Desember 2019
PERMIT Ski adalah salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Tiongkok Beijing (PERMIT Beijing) setiap tahunnya saat musim dingin. Oleh karena itu, antusiasme mahasiswa Indonesia untuk turut serta dalam acara ini sangatlah besar dan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Sebagai tambahan, kegiatan ini memiliki tujuan untuk memperkenalkan olahraga salju kepada mahasiswa baru dan juga untuk menghibur para mahasiswa sebelum memasuki minggu ujian. Setelah mengikuti kegiatan ini, sekiranya dapat membantu mereka untuk lebih bersemangat selama menjalani minggu ujian mendatang.