PERMIT Ningbo

PERMIT Ningbo

Seiring dengan bertambahnya pelajar Indonesia yang melanjutkan pendidikan di Tiongkok, Ningbo mulai dikenal dan mulai diminati oleh para pelajar Indonesia. Tersebarnya pelajar Indonesia di beberapa wilayah termasuk Ningbo, menjadi alasan utama atas tercetusnya PERMIT Ningbo. Selain itu, atas keinginan para pelajar Indonesia di Ningbo untuk memiliki wadah organisasi sebagai tempat berkumpulnya para pelajar Indonesia untuk saling membantu dan bersilaturahmi di Ningbo.

Pada 13 September 2012 para pelajar Indonesia mengusulkan untuk mendirikan organisasi pelajar Indonesia di Ningbo, yang kemudian dengan bantuan para pengurus PERMIT diresmikan pada tanggal 26-29 Oktober 2012 pada kongres pertama PPI Tiongkok. Seusai dari kongres tersebut terbentuklah PERMIT Ningbo – PPI Tiongkok Cabang Ningbo melalui rapat umum pertama yang diselenggarakan di Ningbo University.

Sebagai persatuan pelajar, PERMIT Ningbo menjadi sebuah wadah organisasi bagi seluruh komunitas pelajar Indonesia yang berada di Ningbo untuk berinteraksi dan berkolaborasi serta mengembangkan dan mempertahankan ikatan antar pelajar Indonesia. PERMIT Ningbo juga beriktikad untuk mengakomodasikan dan memelihara talenta-talenta dan ide-ide kreatif dari seluruh pelajar Indonesia di Ningbo. Sebagai representatif bangsa Indonesia, kami juga memiliki tujuan untuk memperkenalkan dan membagikan kebudayaan Indonesia yang majemuk kepada orang-orang dari seluruh dunia.

Demografik Mahasiswa

Tiongkok kini menjadi salah satu pilihan bagi para pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi mereka di luar negeri. Ada lebih dari 5.000 pelajar Indonesia yang tersebar di berbagai kota di Tiongkok. Ningbo adalah salah satunya dengan populasi sekitar 400 mahasiswa Indonesia aktif dan mereka terbagi ke berbagai Universitas berikut ini :

  1. Ningbo University
  2. University of Nottingham Ningbo China
  3. Ningbo University of Technology
  4. Ningbo University of Finance and Economics
  5. Zhejiang Fashion Institute of Technology
  6. Zhejiang Wanli University

Jumlah mahasiswa Indonesia yang melanjutkan pendidikannya di kota Ningbo terus berkembang dari tahun ke tahun, Dengan adanya trend seperti ini, kami Permit Ningbo berniat untuk memperbesar komunitas kami melalui banyaknya aktifitas dan acara dengan tujuan untuk mempersatukan dan melayani seluruh pelajar Indonesia di Ningbo.

Program Tahunan Unggulan

Indonesian Freshmen Outing (IFO)
Indonesian Freshmen Outing (IFO) adalah acara penyambutan dan perkenalan mahasiswa baru dengan tujuan untuk membantu mereka beradaptasi dengan baik, mengenal dan mempererat tali persaudaraan antara seluruh mahasiswa Indonesia yang belajar di kota Ningbo, dan mulai kehidupan yang baru di kota Ningbo.

Setiap tahun, kami mempunyai tujuan untuk memperkenalkan landmark, tempat-tempat penting, sejarah, budaya, makanan, seni dan segala sesuatu yang berhubungan dengan kota Ningbo. Dengan adanya acara IFO, kami juga dapat memperkenalkan PERMIT Ningbo sebagai sarana dan wadah mahasiswa Indonesia di Ningbo untuk menyalurkan pendapat serta kreativitas.

Indonesian Cultural Performance (ICP)

PERMIT Ningbo dan DJAS MERAH berkolaborasi setiap tahunnya untuk mengadakan pertunjukan drama cerita rakyat dari berbagai daerah Indonesia yang dihadiri oleh penonton dari Indonesia dan mancanegara yang diperankan oleh baik mahasiswa Indonesia maupun internasional dalam rangka mempertunjukkan dan menyebarkan warisan bangsa yaitu kekayaan budaya Indonesia, seni drama, dan prinsip kepada orang dari kewarganegaraan lain. Juga untuk mempererat hubungan antara mahasiswa Indonesia dan penonton internasional melalui seni dan budaya.

Selama tiga tahun terakhir, kami dengan bangga telah mempersembahkan pertunjukkan Sangkuriang (2017), Malin Kundang (2018), dan Cindelaras (2019).

NINGBO RACE

Ningbo Race adalah salah satu event terbesar yang diselenggarakan oleh PERMIT Ningbo. Acara ini sudah dilaksanakan selama 3 tahun berturut-turut dengan sukses dan menarik minat Mahasiswa(i) Indonesia di Ningbo.

Pelaksanaan kegiatan Ningbo Race 2019 dimaksudkan sebagai perwujudan dari program kerja jangka panjang kami dalam kabinet 2018-2019 yang bertujuan agar meningkatkan solidaritas mahasiswa Indonesia yang ada di Ningbo dengan menyediakan sarana untuk membangun kekeluargaan yang lebih. Selain itu, Ningbo Race juga berperan sebagai sarana rekreasi dan hiburan bagi mahasiswa Indonesia di Ningbo.

Dengan ide inovatif acara ini diselenggarakan agar Mahasiswa(i) dapat menjelajahi kota Ningbo sambil memainkan games-games kecil yang  menyenangkan, interaktif, dan juga menantang. Dalam acara ini Pelajar Indonesia dipasang-pasangkan dalam kelompok yang berisikan 4 orang dimana mereka saat acara akan mengelilingi kota Ningbo, memecahkan dan mengikuti petunjuk dan menjalankan misi-misi yang sudah dipersiapkan oleh panitia. Kegiatan ini di inspirasi oleh seri TV asal Korea Selatan “Running Man”.

Hubungi kami:

WeChat
WeChat

ID: permitningbo

IG
Instagram

ID: permitningbo

Mail
Email

ID: permitningbo

YouTube
YouTube

ID: permitningbo