PPI Tiongkok Terbitkan Majalah Kajian Strategis Kawasan

24 November 2018

 

Klik disini untuk download Majalah Ilmiah

 

Beijing (13/11/2018) Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Tiongkok berhasil menerbitkan majalah kajian dengan tema strategis kawasan. Hasil tulisan Pusat Kajian Strategis Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok ini merupakan majalah kajian pertama yang diterbitkan oleh PPIT. Dua belas judul yang terdapat di dalamnya merupakan hasil pemikiran, analasis, maupun penelitian dari para penulisnya.

Beberapa diantaranya membahas mengenai kebijakan China dalam melaksanakan Belt and Road Initiative. Penulis membahas kesungguhan China dalam menjalankan proyek tersebut, serta tantangan dan pengaruhnya di Indonesia. Pembebasan lahan, kurangnya koordinasi, skeptis masyarakat Indonesia terhadap Tiongkok, dan hal-hal lainnya diungkapkan penulis sebagai tantangan dalam menjalankan proyek tersebut di Indonesia. Selain itu, penulis juga menjelaskan lebih jauh mengenai upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi tantangan yang dapat menghambat tujuan optimalisasi proyek OBOR ini.

Kompetisi dagang antara China dan Amerika Serikat juga merupakan salah satu topik yang disajikan penulis dalam majalah kajian ini. Sejumlah indikator seperti meningkatnya GDP, ekspansi pasar internasional, meningkatkatnya konsumsi energi, dan meluasnya proyek infrastuktur membuat China dianggap sebagai ancaman bagi dominasi global Amerika Serikat. Dalam tulisannya, penulis mengingatkan bahwa kondisi ini menuntut Indonesia untuk memainkan peran kunci dengan baik dalam menjaga keseimbangan kekuatan kawasan. Doktrin politik luar negeri yang telah dirumuskan membuat Indonesia diperhitungkan dalam perhelatan politik Internasional.

Kembali ke dalam negeri, topik mengenai parisiwata di desa global juga menjadi salah satu judul hasil tulisan dalam majalah ini. Penulis mengatakan bahwa kesadaran masyarakat dunia akan isu-isu iklim, pemanasan global, hingga go green telah membawa mereka pada keinginan berwisata yang berbasis perdesaan dan kembali ke alam. Hal tersebut yang menjadikan desa-desa kini dipenuhi turis asing. Keberhasilan Kota Batu, Kabupaten Banyuwangi, dan Pulau Madura dalam mendatangkan wisatawan ke wilayah mereka bukanlah kerja yang mudah. Tantangan yang harus dihadapasi demi memaksimalkan potensi wilayah menarik kunjungan wisawatan harus membutuhkan ketekunan dan ketelatenan.

Beberapa topik mengenai budaya nusantara di Negeri China, kebijakan politik China, Kemerdekaan Indonesia, dan topik lainnya juga turut mewarnai keberagaman topik di dalam majalah ini. Harapannya, para pembaca dapat memperoleh ilmu serta informasi yang dibagikan para penulis melalui tulisan-tulisan tersebut.

Nadya Mara (Pengurus Pusat PPI Tiongkok)

 

 

Leave a Reply:

Your email address will not be published.