PPIT Changchun

PPIT Changchun

Changchun (长春) merupakan sebuah kota di Tiongkok yang terdapat di provinsi Jilin (吉林). Letaknya di sebelah utara China. Kota ini merupakan kota industri transportasi seperti kereta, mobil, dll. Changchun juga merupakan pusat politik, ekonomi, ilmiah, budaya, dan sejarah.

Pada awalnya, kota Changchun hanya ada beberapa warga Indonesia. Sebelum tahun 2015, kurangnya minat calon mahasiswa atau masyarakat Indonesia melanjutkan pendidikannya di kota Changchun. Pada tahun 2016, PPIT Changchun dipelopori dan dirintis oleh Chicko Akbar Syahyanto, Alward Jevon Soeminto Putra, Widya Paramita, Vincent Putra, Wenny Claudia Anthony, dan Steven Limbara. Mereka didukung oleh Nicholas (Jilin University–Lambton College), Felicia (Jilin University–Lambton College), Cindy (Jilin University–Lambton College), Billy (Jilin University–Lambton College), Theresia (Northeast Normal University), Joshua (Northeast Normal University), dan Humprey (Jilin University). Sampai pada gelombang pelajar Indonesia tahun 2018, jumlah pelajar telah mencapai 42 orang.

Sampai saat ini (September 2020), tercatat ada 6 perguruan tinggi yang terdapat pelajar Indonesia, yaitu Jilin University–Lambton College sejumlah 8 orang, Northeast Normal University sejumlah 21 orang, Jilin University sejumlah 17 orang, Changchun University sejumlah 1 orang, Jilin International Studies University sebanyak 10 orang, dan Jilin Normal University sebanyak 2 orang. Semua pelajar di Jilin University – Lambton College strata 1 di bidang Ekonomi dan Bisnis sebanyak 8 orang, 5 pelajar strata 1, 6 pelajar strata 2, 3 pelajar strata 3 dan 3 pelajar bahasa mandarin di Jilin University. Terdapat 7 pelajar bahasa mandarin, 9 pelajar strata 2, dan 5 pelajar strata 3, di Northeast Normal University. 1 pelajar strata 2 di Changchun University, 10 pelajar strata 1 di  Jilin International Studies University, dan 2 pelajar strata 2 di Jilin Normal University. Sampai tahun 2020 tercatat jumlah pelajar di kota Changchun  telah mencapai 59 orang.

Bermula dari pemikiran dan jumlah kami dalam membentuk wadah organisasi bersama sebagai hal utama dalam persaudaraan dan mempererat kebersamaan sebangsa dalam mengenalkan sosial budaya antar negara khususnya perwakilan negara-negara yang ada di China.

Kami sebagai pelajar Indonesia di Changchun, mengetahui telah terbentuknya wadah resmi PPI Tiongkok di Beijing tanggal 28 Oktober 2012 lalu, dan banyak kota telah melakukan pembentukan PPIT Cabang. Kami mengajukan keinginan dan tekat yang kuat untuk dapat berpatisipasi, bergabung, dan membentuk PPIT Tiongkok Cabang Changchun yang sebelumnya harus menjadi PPIT Tiongkok Ranting Changchun selama 1 tahun terakhir sesuai dengan AD/ART PPI Tiongkok. Pada tanggal 29 Mei 2016 terbentuklah PPIT Ranting Changchun dengan mendapat Surat Keputusan dari Harbin 19/PPIT-H/SK/ V/16. Dan pada 06 November 2018 terbentuklah PPIT Cabang Changchun dengan Surat Keputusan dari Ketua Umum PPI Tiongkok dengan nomor surat 038/A/SKK/PPIT/XI/2018.

Seluruh pengurus, dan seluruh anggota PPIT Cabang Changchun, berharap terjadinya pembenahan dan perubahan di dalam organisasi. Selalu tetap menjaga tujuan dari dibentuknya PPIT Cabang Changchun. Harapan ke depannya semoga kedepannya PPIT Cabang Changchun menjadi lebih baik.