PPIT Wuxi

PPIT Wuxi

PPIT Cabang Wuxi merupakan organisasi pelajar Indonesia di kota Wuxi yang mewadahi pelajar-pelajar Indonesia serta organisasi-organisasi pelajar Indonesia di Wuxi, Republik Rakyat Tiongkok dibawah naungan PPI Tiongkok. PPIT Cabang Wuxi berlokasi di kota Wuxi, provinsi Jiangsu, Tiongkok. Terbentuk pada tanggal 5 Mei 2015 di mana sebelumnya bernama PPIT Ranting Wuxi yang merupakan anggota ranting PPIT Cabang Suzhou atau yang disebut dengan SISC (Suzhou Indonesian Student Community). PPIT Cabang Wuxi resmi menjadi cabang pada tanggal 27 Mei 2017 di Kongres VI Nasional PPI Tiongkok 2017 (di kota Hangzhou). PPIT Cabang Wuxi memiliki dua ranting dimana salah satu rantingnya kini sudah menjadi cabang yaitu PPIT Cabang Changzhou dan PPIT Ranting Nantong.

Adapun tujuan berdirinya PPIT Cabang Wuxi ialah menjadi sarana komunikasi dan wadah bagi seluruh pelajar Indonesia di kota Wuxi dalam mengembangkan nalar, kreativitas, dan kemampuan berorganisasi, mempererat rasa persaudaraan di antara para pelajar Indonesia di kota Wuxi, meningkatkan hubungan kerjasama yang bersifat internal dan eksternal demi kepentingan anggota dan organisasi, sebagai pelajar yang meningkatkan citra Indonesia pada umumnya di Tiongkok dan pada khususnya di kota Wuxi, dan memberikan kontribusi positif yang bertujuan untuk menjaga dan mengharumkan nama baik bangsa dan negara.

PPIT Cabang Wuxi sendiri memiliki program unggulan yang mana selalu diusahan untuk terus berkembang setiap tahunnya. Sang Garuda, program penyambutan mahasiswa baru di kota Wuxi guna mengenalkan sistem perkuliahan di kota Wuxi dan pengenalan terhadap lingkungan disekitar kota Wuxi. Kemudian WINS atau Wuxi Inspiration merupakan program kerja yang bertujuan mengenalkan negeri Tiongkok khususnya kota Wuxi kepada pelajar SMA di Indonesia serta memberikan mereka informasi tentang beasiswa maupun jalur yang dapat ditempuh untuk melanjutkan pendidikan di kota Wuxi. Tidak hanya tentang pendidikan, PPIT Cabang Wuxi juga memiliki program kerja dibidang sosial yakni Lentera Wuxi. Lentera Wuxi sendiri diadakan untuk membangunkan sikap kepedulian dan pengabdian tulus mahasiswa kota Wuxi dalam bentuk kegiatan bakti sosial secara langsung di tempat-tempat yang sudah ditentukan. Tidak hanya menyumbangkan tenaga saja, Lentera Wuxi juga mengajarkan mahasiswa di kota Wuxi tentang berbagi, “Berapapun jumlahnya itu akan tetap berarti.”