Strategi Memaksimalkan Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis

pastedGraphic.png

Zaman telah berkembang dan terus maju, begitu juga dengan tren marketing yang selalu berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Apalagi bagi pemilik bisnis online yang sudah pasti hampir semua aktivitas marketingnya terjadi di dunia maya. Marketing channel yang dapat digunakan pemilik bisnis pun bervariasi. Salah satu peluang besar yaitu melalukan kegiatan marketing melalui media sosial untuk bisnis.

Apa itu media sosial?

Sering diartkan merupakan sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Kehadiran media sosial ini penting untuk meningkatkan pengunjung ke website bisnis online Anda. Di mana website Anda berfungsi sebagai media bisnis online dan media sosial berfungsi sebagai marketing channel.

Mengapa menggunakan media sosial untuk bisnis?

Menurut data yang dirilis oleh We Are Social, penggunanya di Indonesia mencapai 130 juta orang dan waktu yang dihabiskan di jejaring sosial per harinya adalah 3 Jam 23 Menit tentu saja ini merupakan kesempatan besar untuk mendapatkan konsumen melalui jejaring sosial yang potensial.

Strategi komunikasi di media sosial yang baik

  • Teknik Bulls Eye (Infografis)

Teknik Bulls Eye adalah teknik yang digunakan untuk menentukan media sosial mana yang paling tepat untuk sebuah start-up.

  • Brainstorming

Buat daftar media sosial yang mungkin digunakan dan tulis ide-ide yang bisa di aplikasikan

  • Rank

Kelompokkan semua media sosial sebelumnya ke dalam tiga kategori, yaitu Inner Circle, Potential, dan Long Shot

  • Prioritize

Fokus pada kategori Inner Circle saja, harus ada tiga media sosial di kategori Inner Circle tidak lebih dan tidak kurang

  • Test

Terapkan uji coba ide-ide pada media sosial di kategori Inner Circle secara bersamaan

  • Focus on

Tahap test akan menunjukan satu media sosial yang paling efektif. Maksimalkan pemasaran di satu media sosial tersebut

Tips mengelolah media sosial

  1. Bentuk tim pengelola
  2. Tentukan tujuan
  3. Buatlah konten yang menarik
  4. Buat kalender konten dan konten yang informative
  5. Dengarkan konsumen
  6. Passion
  7. Monitor

Untuk mengembangkan sebuah bisnis membutuhkan feedback dari konsumen mengenai produk dan jasa yang dipromosikan dan media sosial berperan sangat besar dalam mendapatkan pendapat konsumen. Pemasaran online menggunakan media sosial dapat mempermudah pemilik bisnis untuk mempelajari konsumen lebih cepat dan dengan menguasai strategi pemasaran di media sosial dapat memperluas pasar bisnis. Media sosial menyatukan dua hal yang selalu berhubungan dalam meningkatkan kesuksesan dalam berbisnis. 

Meidita Farazha Danty

Departemen Pelajar dan Kemahasiswaan

Leave a Comment

Your email address will not be published.