Tips Tubuh Segar Dipagi Hari

4 December 2018

Tidur adalah salah satu hal yang sangat penting untuk kesehatan. Banyak orang tidak mendapatkan cukup tidur dengan kualitas yang baik. Mereka mengalami kesulitan untuk tidur pada saat malam dan merasa letih di pagi hari. Atau mungkin saja mereka tidur dengan waktu yang cukup tapi tetap merasa letih saat bangun di pagi hari. Ini disebabkan kurangnya kualitas tidur pada saat malam hari. Untuk meningkatkan kualitas tidur berikut ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

 

  1. Tidak mengkonsumsi alkohol, nikotin ,dan kafein 3-5 jam sebelum tidur.

Mengonsumsi alcohol, nikotin, dan kafein sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur. Kafein dan nikotin lainnya dapat mengganggu hormon melantonin (hormon yang berperan untuk tidur) dalam kerjanya, sehingga membuat tidur sulit di malam hari. Untuk alkohol, jika diminum dalam jumlah sedikit akan membantu untuk tertidur. Tetapi hindari konsumsi dalam jumlah yang banyak setiap harinya karena akan menstimulasi tubuh untuk aktif dan mengurangi kualitas tidur.

 

  1. Tidur di ruangan yang gelap

Ruangan gelap dapat menstimulasi hormon melatonin untuk aktif, sehingga menyebabkan kantuk datang dengan cepat.

 

  1. Jam tidur dan bangun yang konsisten

Dengan mengatur jam tidur dan jam bangun tidur yang konsisten setiap harinya, alarm alami tubuh akan terbiasa. Alarm tubuh ini akan bekerja untuk membuat kantuk datang dan terbangun pada jam yang telah ditentukan.

 

  1. Olahraga sebelum tidur

Olahraga sebelum tidur merupakan salah satu solusi untuk sulit tidur. Olahraga ringan seperti push up, sit up, dan bahkan peregangan ringan dapat membantu tubuh lelah dan tertidur lebih cepat dalam kurun waktu 1-2 jam sebelum tidur.

 

  1. Tidak menatap layar terang 1 – 2 jam sebelum tidur

Gadget, computer, dan televisi merupakan salah satu faktor terbesar yang membuat tidur tertunda. Dengan membuka social media, menonton TV dan bermain game dapat menyebabkan lupa waktu dan tidur tertunda. Selain itu, layar yang terang juga dapat di salah artikan sebagai sinar pagi oleh otak sehingga menghambat produksinya hormon melatonin. Untuk mengisi waktu sebelum tidur dapat membaca buku atau melakukan aktifitas santai dan tidak membebani pikiran.

 

  1. Menghindari makan berlebih sebelum tidur

Makan makanan berlebih dapat membuat rasa tidak nyaman pada saat akan tidur. Hal itu juga menyebabkan tubuh bekerja lebih keras untuk mencerna makanan yang kita makan sebelum tidur dan menyebabkan tubuh tidak beristirahat dengan maksimal. Sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan 1-2 jam sebelum waktu tidur.

 

  1. Gunakan kasur hanya untuk tidur

Penggunaan kasur sebaiknya hanya digunakan untuk tidur dan persiapan untuk tidur. Jangan bermain gadget atau menonton di atas kasur. Dengan penggunaan kasur hanya untuk tidur, tubuh dan otak akan terbiasa. Sehingga saat berbaring di kasur, otak akan merespon sebagai saat untuk tidur dan memudahkan tidur.

 

  1. Minum air hangat sebelum tidur

Dengan meminum air hangat beberapa jam sebelum tidur dapat membuat tubuh lebih rileks dan suhu tubuh lebih stabil. Selain itu dengan meminum air hangat, membantu proses detokfikasi racun dan mengurangi dehidrasi di dalam tubuh.

 

Bagaimana Mengetahui Kualitas Tidur Kalian?

                Salah satu caranya dengan menghitung Denyut Nadi Basal kalian, yaitu dengan menghitung jumlah denyut nadi selama 6 detik tepat setelah bangun tidur, lalu kalikan 10. Range Normal adalah 40-60 denyut, diatas jumlah denyut tersebut menandakan bahwa anda memerlukan istirahat yang lebih atau kondisi tubuh anda sedang tidak baik. Selain itu, kalian juga dapat menggunakan Smart Watch/Smart Band yang terkoneksi dengan aplikasi di smartphone kalian (Notify and Fitness, MiFit, Endomondo, dsb.). Smart Watch/Smart Band yang terkoneksi dengan aplikasi dapat memberikan hasil akumulasi kualitas tidur kalian (deep sleep dan light sleep). Beberapa aplikasi juga memberikan analisa dan informasi mengenai akibat dari hasil akumulasi tersebut.

 

Penulis:

I Made Indra – Ningbo (Dept. Olahraga PPIT)

 

 

Leave a Reply:

Your email address will not be published.