Welcoming Party Hangzhou 2018 dan Sosialisasi Pemilu 2019

14 November 2018

Bertepatan dengan tahun ajaran baru, Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok cabang Hangzhou mengadakan acara welcoming party sekaligus sosialisasi pemilu 2019.  Acara yang diberi nama “Gaoel-gaoel hangzhou”  dilaksanakan sabtu malam (20/10) di hotel Internasional OUYAMEI.

Lebih dari 150 mahasiswa/i dari berbagai universitas di Hangzhou turut hadir dalam memeriahkan acara ini. Acara ini tidak hanya diadakan untuk menyambut mahasiswa baru tetapi  juga sebagai tempat saling mengenal antara mahasiswa baru dan lama, dirancang dengan berbagai permainan yang melatih kekompakan, berbagai hiburan dan doorprize.

Acara dibuka dengan sambutan dari ketua PPIT cabang Hangzhou, Fandy Putra. “Selamat datang di Hangzhou untuk mahasiswa baru, kami disini  untuk mengenalkan PPIT cabang Hangzhou, HISC. HISC ( Hangzhou Indonesian Student Community ) mempunyai banyak bidang dan mengajak teman-teman untuk bergabung sesuai dengan bidang yang diminati, seperti cabang olahraga ada perkumpulan basket, badminton dan masih banyak lainnya. Ada juga cabang kesenian seperti sanggar tari.”

Acara selanjutnya adalah sambutan oleh ketua welcoming party, Allan Liando. Dalam pidatonya ia berkata “Adanya acara pada malam hari ini tidak hanya untuk bersenang-senang  saja, tetapi untuk menimbulkan rasa kekeluargaan diantara para mahasiswa perantau seperti slogan pada acara malam ini ‘with party we are family’.”

Selanjutnya adalah penampilan tari dari tim sanggar tari. Sanggar tari selain untuk mengisi acara tetapi  juga mengenalkan, sanggar tari ada  sebagai bentuk bahwa walaupun kita berada jauh dari bumi pertiwi tetapi jiwa kita selalu ada untuk Indonesia dengan membawa apa yang Indonesia punya, salah satunya tarian daerah. Penampila malam ini tidak hanya tarian daerah, tetapi juga kolaborasi antara tarian daerah dan modern yang membuat para peserta terpukau. Sanggar tari ini juga mengenalkan tarian Indonesia kepada negara lain seperti ketika acara international day dan banyak acara  lainnya.

Indonesia adalah negara demokrasi, dan bertepatan akan diadakannya pemilu 2019, PPLN memberikan sosialisasi tentang pemilu 2019. Walaupun para pelajar Indonesia  berada di luar negeri, bukan berarti tidak memiliki hak demokrasi untuk memilih pemimpin Indonesia periode selanjutnya. Karena Hangzhou termasuk ke dalam region Timur maka pemilu untuk region Timur serentak akan diadakan 14 april 2019 di Shanghai.

Acara  berjalan dengan lancar diiringi dengan berbagai senyum dan tawa para peserta. Acara malam ini juga di hadiri oleh ketua PPIT pusat, Fadlan Muzakki. “ Semoga dengan adanya acara seperti ini, kita semakin merasakan kekeluargaan yang erat walaupun jauh dari keluarga”.

 

Penulis : Nuratun Nadzifa – Zhejiang University

Leave a Reply:

Your email address will not be published.